Rezekiku Bukan di Kamu | MT Garuda Indonesia

MT Garuda Indonesia – Hello bro, Hello everyone! Kali ini saya mau sedikit berbagi nih tentang pengalaman saya test kerja di PT. Garuda Indonesia pada posisi Manaegement Trainee atau biasa orang menyebutnya MT. Siapa sih yang gak mau masuk MT? Apalagi Garuda Indonesia, wah terbaik pokoknya bro.

mt garuda indonesia
garuda-indonesia.com

Nah siapa sih yang tidak tahu Garuda? Ya saya yakin setiap orang tau perusahaan ini, atau setidaknya pernah mendengar. Ga usah dijelasin panjang lebar lah ya mengenai perusahaan ini, yang jelas ini perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia dan berstatus BUMN. mantap ga tuh?

Yang lebih mantap lagi adalah sekarang Garuda sudah bergabung ke salah satu aliansi penerbangan dunia bernama SkyTeam. Ya, Garuda merupakan perusahaan penerbangan Indonesia pertama yang bergabung ke SkyTeam ini. Gimana? Makin ngiler kan masuk Garuda? hahaha… Tapi ya gitu bro, yang jelas masuk MT Garuda Indonesia tuh terkenal susah hmm.

Tahapan Seleksi MT Garuda Indonesia

Ah okelah kuy sekarang kita langsung ke pengalaman aja. Kurang lebih gini nih tahapan seleksi Management Trainee MT Garuda Indonesia:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Psikotest Awal
  3. Psikotest Lanjutan
  4. Presentasi dan Wawancara
  5. Background Check
  6. Wawancara Kompetensi
  7. Pemeriksaan Kesehatan (MEDEX)

Waktu seleksi ini dilaksanakan sekitar bulan Maret 2017. Tahapan ini dijelaskan langsung oleh pihak HRD pada saat melakukan Psikotest Awal. Setiap tahun tidak selalu begini ya tahapannya, bisa saja berubah, tapi ya gabakal jauh kok kurang lebih sama lah. Oke, saya coba jelasin ya satu-satu berdasarkan pengalaman saya.

Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi adalah tahap paling pertama. Saya waktu tahu info lowongan MT Garuda Indonesia ini dari akun-akun lowongan kerja di Instagram, terus coba deh daftar lewat website Garuda . Bagi kalian yang butuh info lowongan kerja, coba deh cari akun lowongan di instagram, banyak banget.

mt garuda indonesia
alquilista.com

Pada tahap ini kita harus melakukan sign up terlebih dahulu di website-nya, dan mengisi data selengkap mungkin, mulai dari data diri, pengalaman, kontak, orang tua, dan lain-lain deh. Terus ada requirement untuk upload foto sama CV juga. Setelah semua data lengkap, tinggal Apply deh, jangan lupa berdoa hehehe…

Proses pada seleksi administrasi ini beda-beda bro, ada yang nunggu 2 minggu udah langsung dapet email undangan, ada yang satu bulan, bahkan waktu itu ada teman saya yang baru dapat undangan psikotest padahal saya udah selesai tes sekitar 4 bulanan. Mungkin karena saking banyaknya pendaftar kali ya jadinya gitu deh di shift.

Berdasarkan info yang saya dapatkan, waktu itu pendaftarnya kurang lebih 17.000an orang, banyak kan? hmm. Tapi untuk kuotanya sendiri ga dikasih tahu, yang jelas seleksi MT Garuda Indonesia itu ketat banget dan bener-bener mencari yang berkualitas. Meskipun pihak Garuda Indonesia udah punya ketentuan angka penerimaan tapi jika secara kualitas belum memenuhi, yaudah lebih baik nerima sedikit. Dan yang jelas MT Garuda Indonesia ini terkenal lama proses seleksinya hahaha…

Psikotest Awal

Setelah menanti sekitar satu bulanan, akhirnya dapet email juga tuh dari HRD-nya (seneng banget lah ya hehe). Isinya email-nya ya gitu deh ngasih selamat udah lolos tahap administrasi dan diundang untuk mengikuti Psikotest Awal.

mt garuda indonesia
irhamthoriq.com

Kebetulan untuk Psikotest Awal ini diadakan di Garuda Indonesia Training Center (GITC) di daerah Duri Kosambi Jakarta Barat. Soal-soalnya ya gitu deh kayak psikotest pada umumnya, tapi ya lebih sulit dikit lah. Ada macem deret, perhitungan sederhana, verbal, nalar, Bahasa Inggris (macem TOEFL tapi ga ada listening), dan lain-lain, bahkan ada tes korannya juga, lengkap deh pokoknya haha…

Total durasi dari pengerjaan psikotest ini yaitu sekitar 4 jam. Seperti biasa per sesi ada waktunya masing-masing. 4 jam pun sudah saya lalui, lumayan bikin pusing bro haha  Ya, sekali lagi ini demi MT Garuda Indonesia hehehe.

Psikotest Lanjutan

Setelah menanti kabar sekitar satu bulan, akhirnya ada email juga dari HRD Garuda. Degdegan banget aseli dah buka email-nya, takut ga keterima soalnya hahaha. Tapi yasudah pelan-pelan dibuka tuh email, dan you know what?!!! Alhamdulillah… akhirnya ada ucapan “Selamat Anda Lolos Seleksi Tahap Psikotest Awal”, lega banget choyyyy bacanya hehehe… Ya, email ini isinya ngasih selamat dan undangan tes tahap selanjutnya yaitu tahap Psikotest Lanjutan.

mt garuda indonesia
huffingtonpost.com

Tahap Psikotest Lanjutan ini beda tempat bro, ini dilaksanakan di area Perkantoran Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta. Perjuangan banget nih tes di sini, sampe sewa hotel segala karena ga ada teman atau saudara yang dekat daerah sana, haha percaya ga? percaya lah yaa…

Demi MT Garuda Indonesia, yaudah lah ya waktu itu saya tes di sana, dan tesnya ga terlalu banyak, ga terlalu lama juga, tapi lumayan sulit haha. Tesnya lupa apa aja, tapi yang saya ingat tuh ada tes mencocokkan kata kanan dan kiri sama engga, ituloooh masa gatau ah hehehe… Ada sesi menggambarnya juga, ya gitudeh.

Durasi tesnya ga lama, cuma sekitar satu jam lebih. Selesai tahap psikotest lanjutan ini HRD-nya bilang supaya menunggu kabar selanjutnya 2 minggu lagi. Akhirnya saya pun pulang dengan penuh harapan bisa lolos dan masuk MT Garuda Indonesia.

Presentasi dan Wawancara

Saya pun menunggu selama 2 minggu, tapi ternyata setelah 2 minggu masih belum ada kabar! Beuh udah deh hopeless banget waktu itu, pasrah, saya anggap ga lolos. Tapi ternyata 2 minggu selanjutnya (satu bulan setelah tes) saya dapat email, dan isinya mencengangkan! Ya Alhamdulillah ternyata lolos hehehe… dan diundang untuk ikut tes Presentasi dan Wawancara dan disuruh bawa laptop.

Datang lagi deh tuh saya ke Perkantoran yang ada di Bandara Soetta untuk melaksanakan tes presentasi dan wawancara ini. Waktu itu yang datang cuma 9 orang, dan ternyata itu satu jurusan semua, hanya ada satu orang yang beda, tapi masih satu rumpun.

mt garuda indonesia
amii.compower.jp

Jadi pada tahap ini kita dipisah per latar belakang jurusan! Kami 9 orang ini dikumpulin tuh pada satu ruangan rapat gitu, dan dikasih sebuah studi kasus tentang angaran keuangan yang ada pada dua ilustrasi perusahaan penerbangan. Kita disuruh analisis tuh buat nentuin perusahaan penerbangan mana yang paling efektif dilihat dari pengeluaran, profit, dan lain-lain.

Banyak banget deh tentang keuangan yang angkanya ratusan juta sampe milyaran. Kami disuruh analisis di Excel, kemudian disajikan ke Power Point untuk dibikin presentasi. Presentasi ini dilakukan didepan User bagian Finance. Degdegan banget choy aseli, gemetarrrr haha… Udah deh presentasi tuh, abis itu kami diwawancara langsung sama User-nya, ya nanya-nanya seputar pribadi dan pengalaman sih kebanyakannya.

Akhir dari tes ini, pihak HRD mengingatkan agar menunggu kabar selanjutnya dalam satu minggu ke depan. Kenapa sebentar? Karena katanya MT Garuda Indonesia ini sedang butuh cepat, akhirnya tesnya juga dipercepat.

Bukan Rezeki, Allah Sudah Menyiapkan yang Lebih Baik

Pada tahap ini nunggunya ga terlalu lama, seminggu kedepan juga udah diumumin choy. Tapi ya gitu, takdir berkata lain, saya harus terhenti pada tahap ini. Tapi saya tidak patah semangat, ini malah dijadikan pengalaman berharga buat saya dan dijadikan sebagai motivasi juga hehe…

mt garuda indonesia
islamidia.com

Sejatinya Allah sudah mentukan milik dan rezeki kita. Kita sebagai Hamba-Nya hanya bisa berdoa dan berusaha, selebihnya Allah yang menentukan. Adalah suatu yang wajar jika kita usaha tes sana-sini untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, namun jangan pernah kecewa apalagi sampai menyalahkan Allah jika jalannya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Introspeksi diri saja.

Allah tahu mana yang terbaik untuk kita, Allah tidak ingin Hamba-nya yang soleh terjerumus ke dalam perkara kebatilan.

Yang jelas tingkatkan terus amal ibadah kita, rutinkan dzikir kita, senantiasa terus berdoa, minta yang terbaik. Dan yang paling penting hindari segala sesuatu yang Allah benci terhadapnya. Semangat kawan!

Bagi kalian yang mau tes MT Garuda Indonesia, silahkan dipersiapkan sebaik mungkin. Terus belajar dan berdoa, berusahalah yang terbaik. Coba aja dulu, kalau udah rezeki kan gak bakal kemana hehe. Good luck!

Bonus: Video Company Profile Garuda Indonesia

Video ini diambil dari Youtube.

2 pemikiran pada “Rezekiku Bukan di Kamu | MT Garuda Indonesia”

  1. Hallo, kalau tes mt garuda study case nya itu tentang keuangan yaah ? Bagaimana kalau background dan pengalamanya di dunia marketing ? Terimkasih

  2. Wah, kak mau nanya dong. Kalau seleksi MT Garuda Indonesia itu lolos atau tidak lolos ke tahap selanjutnya dikasih tau kan ya lewat email?
    Sama pas presentasi gitu apakah full in english? Kutunggu jawabannya ?
    Thanks a lot ya Kak.

Tinggalkan komentar