Resep Jagung Bakar

Olahan jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Jagung dipercaya mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa membantu dalam pembentukan hemoglobin pada tubuhmu.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jagung adalah memperlancar pencernaan. Jagung memiliki serat yang tinggi sehingga mampu menyerap kolesterol yang tidak baik.

Kamu juga bisa menjadikan jagung sebagai nasi karena jagung merupakan sayur yang mengandung karbohidrat kompleks. Kamu tentunya akan merasa kenyang setelah mengonsumsi jagung. Kamu pun bisa menggunakan jagung sebagai menu diet karena kadar kalorinya yang rendah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari jagung.  Jagung juga bisa mencegah anemia, sebagai sumber energi, baik untuk mata, memperkuat tulang dan makanan anti kanker. Selain itu jagung juga bisa mencegah diabetes dan hipertensi untuk usia lanjut.

Tentunya kamu akan menyukai berbagai olahan dari jagung. Selain rasanya yang manis, jagung juga renyah dan memberikan kesan tersendiri ketika dimakan, dan tentunya juga mengenyangkan. Kamu bisa mengolah jagung menjadi bubur, dicampur ke dalam adonan bakwan, hanya mengukusnya lalu diberi susu dan keju (jasuke), atau bahkan jagung bakar.

Bagi kamu pecinta jagung bakar, pasti akan mencari tempat yang menjual jagung bakar terenak untuk dapat dinikmati bersama keluarga atau orang tersayang. Namun, tempat yang menjual jagung bakar dengan cita rasa yang khas dan tentunya enak pasti selalu ramai pengunjung.

Kamu tentunya akan membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu antrean. Tapi tenang, saat ini kamu bisa membuat jagung bakar sendiri di rumah dengan resep sederhana yang tentunya mudah dicari. Sebelum membuatnya, tentu saja kamu harus mencari jagung terbaik untuk dimasak.

Tenang, hampir di setiap pasar tradisional menyediakan jagung manis untuk dibakar. Harganya pun relatif murah. Untuk satu kilogram jagung, kamu perlu membayar sebesar Rp10.000,00 (harga rata-rata). Murah bukan? Setelah membeli bahan utama, kamu harus tahu bahan dan alat lain sebagai penunjang untuk memasak. Kamu harus tahu ingin dimasak seperti apa jagungmu nanti. Jadi, kamu harus tahu resep jagung bakar​ sederhana dan tentunya bisa kamu praktikkan di rumah.​

Untuk menyambut hari-hari istimewa seperti hari ulang tahun atau malam tahun baru, pastinya kamu akan berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan sahabat. Pastinya tidak akan lengkap jika berkumpul bersama keluarga namun tidak ada acara yang spesial. Kamu bisa memilih untuk bakar jagung bersama keluarga untuk melengkapi kebersamaan kalian.

Ini dia resep jagung bakar​ enak dari Foodnesia yang tentunya bisa kamu praktikkan di rumah. Kamu wajib​ untuk mengetahui dan mencoba resep ini untuk rasa jagung bakar terbaik. Namun sebelumnya kamu harus mempersiapkan alat untuk membakar agar bisa langsung dipakai setelah kamu selesai mengolesi jagung.

Resep Jagung Bakar Pedas

jagung bakar pedas manis
Via Instagram: @surya.sumsel

Rasa ini masih menjadi primadona bagi pecinta jagung bakar. Jagung manis yang dipadukan dengan rasa bumbu yang pedas tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri untuk penikmatnya. Kamu tak perlu risau karena kini kamu tak perlu lagi lama mengantre untuk mendapatkan sebuah jagung bakar pedas yang nikmat. Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dengan resep yang sederhana dan tentunya nikmat.

Kamu bisa memadukan rasa pedas bumbu dengan rasa asin, manis, atau yang lainnya. Ini dia resep sederhana yang bisa kamu coba untuk membuat jagung bakar.

Jika kamu ingin membuat jagung bakar pedas dan dipadukan dengan rasa asin, kamu memerlukan 3 sendok mentega, 1 sendok makan saus sambal botolan, air secukupnya, dan sejumput garam sebagai bahannya. Namun, jika kamu memilih untuk membuat jagung bakar pedas dan dipadukan dengan rasa manis, kamu perlu menyiapkan bahan berupa 5 sendok makan saus sambal botolan, 5 sendok makan saus tomat botolan, 5 sendok makan mentega yang dicairkan, madu secukupnya, dan tentunya garam.

Jika kamu suka dengan rasa pedas selain dari cabai atau saus, kamu bisa mencoba menggantinya dengan menggunakan black pepper atau lada hitam. Bahannya hampir sama, namun kamu cukup mengganti saus dengan lada hitam. Komposisinya menjadi 3 sendok makan mentega cair, 3 sendok makan saus lada hitam atau black pepper, dan sedikit madu sebagai tambahan. Bagaimana, mudah bukan?

Resep Jagung Bakar Keju

resep jagung bakar manis
Via Instagram: @onedollaricecream

Memang tak banyak orang yang menyukai keju karena menganggap rasa keju aneh. Namun, rasa yang satu ini juga menjadi favorit bagi pencintanya. Kamu bisa mencoba untuk membuat jagung bakar dengan rasa keju yang tentunya juga nikmat untuk disantap bersama keluarga.

Bahan yang perlu kamu siapkan pun tidak susah. Kamu cukup menyiapkan 6 sendok mentega yang dicairkan, saus tomat 2 sendok makan, saus sambal 4 sendok makan, madu secukupnya, dan tentunya keju cheddar yang sudah diparut.

Jika sudah selesai membakar, kamu bisa menambahkan keju lagi untuk taburannya. Tentu saja ini resep yang sangat mudah untuk kamu praktikkan di rumah.

Tak perlu risau untuk mencari bahan-bahan membuat jagung bakar nikmat karena bahan-bahan itu pasti sudah tersedia di rumahmu.

Bumbu Olesan Jagung Bakar Manis

resep bumbu oles jagung bakar manis keju
Via Instagram: @sagungayuasteka

Rasa jagung memang sudah manis. Namun bagi beberapa orang, rasa manis jagung masih kurang sehingga harus ditambah dengan pemanis yang lain. Bagi kamu yang menyukai rasa manis untuk setiap makanan, kamu bisa mencoba menambahkan beberapa bahan pemanis makanan di jagung bakar mu. Sama halnya seperti rasa pedas, jagung bakar manismu bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Sebagai contohnya adalah rasa manis-pedas, manis-gurih, atau manis-keju.

Lalu bagaimana campuran bahan yang pas untuk rasa ini? Bahan utama yang tentunya harus kamu siapkan adalah mentega cair. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan saus tomat dan saus sambal sebagai pelengkapnya. Untuk memberikan rasa manis pada bumbu jagung bakar, kamu bisa memilih untuk menggunakan madu atau gula pasir. Pastikan takaran yang kamu gunakan dalam adonan sudah tepat agar rasanya pas dan nikmat.

Resep Jagung Bakar Madu

resep jagung bakar keju manis
Via Instagram: @glob4l_tourism

Rasa yang satu ini juga cukup dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Bagi kamu pencinta madu, pasti ingin setiap masakan yang kamu makan berbahan madu. Madu bisa menjadi salah satu pelengkap bagi jagung bakar kesukaanmu. Untuk membuat jagung bakar madu, tentunya kamu harus memahami resepnya terlebih dahulu agar kamu tidak terlalu banyak menuangkan madu ke adonan saus.

Untuk membuat saus madu sebagai Baluran dari jagung bakar mu, kamu harus menyiapkan margarin, madu, dan merica bubuk. Untuk komposisi sausnya, kamu harus mencampurkan 2 sendok makan margarin dengan 2 sendok makan madu dan sejumput merica bubuk. Sangat sederhana bukan? Meskipun terlihat sederhana, namun rasanya tidak akan kalah dengan rasa jagung bakar tempat langgananmu yang ramai pembeli.

Kamu bisa menikmati malam santai dan malam istimewa bersama keluarga, kerabat atau sahabatmu dengan mengadakan acara bakar-bakar. Tak hanya pesta barbeque yang menjadi hits dan harus kamu pilih, tapi kamu bisa menikmati malam indah dengan bakar sosis atau bahan bakar jagung.

Jangan lupa mempersiapkan tempat yang mudah untuk dibersihkan sebagai lokasi mu untuk membakar jagung. Mengapa? Karena untuk membakar jagung, kamu memerlukan arang sebagai bahan untuk membakar. Seperti yang kamu tahu, arang yang berwarna hitam pasti akan sulit untuk dibersihkan jika mengenai tembok atau tempat lain di rumah, abu bekas pembakarannya pun sulit untuk dibersihkan dan tentu harus segera dibersihkan agar tidak mengganggu pernapasan kamu dan keluarga.

Bagaimana? Sudah memiliki gambaran mengenai pembuatan jagung bakar yang lezat dan nikmat ala rumahan. Tak perlu repot lagi untuk mengantre lama demi mendapatkan sebuah jagung bakar, kamu cukup pergi ke pasar membeli jagung, dan memanfaatkan bumbu-bumbu yang ada di dapurmu sebagai pelengkap rasa dari jagung bakar.

Hanya berbekal resep sederhana dari bahan yang ada di rumah, kamu bisa menghasilkan banyak kreasi rasa dari jagung, terutama jagung bakar. Selamat mencoba di rumah, dan semoga resep jagung bakar​ yang telah kamu pelajari dapat memberikan hasil yang baik​ untuk rasa jagung yang nikmat.

Itulah beberapa resep jagung bakar rekomendasi dari ekspektasia. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari resepnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.