Arti Spam

Dewasa kini banyaknya iklan yang berseliweran di dunia maya. Saking banyaknya malah sering menganggu dan dianggap sebagai spam. Nah, sebenarnya apa sih arti spam? Berikut ulasannya.

Kata spam memang sudah sering terdengar. Terlebih bila kamu sering berkutat di dunia gadget dan internet. Kehadiran internet memang membikin orang berbondong-bondong untuk eksis di dunia maya. Ada yang tujuannya untuk berpromosi produk dagangannya dan ada juga yang sekadar membagikan kehidupan pribadi di media sosial.

Sejarah Kata Spam

SEJARAH ARTI KATA SPAM

Siapa sangka, ternyata spam yang sering dipakai di dunia maya ini memiliki sejarahnya, lho! Sebenarnya spam sendiri adalah singkatan dari “Spiced Ham” yang merupakan merek sebuah daging kaleng.

Kata spam ini mulai populer pada tahun 1970, di sebuah acara sketsa komedi yang berjudul Monty Phyton’s Flying Circus. Dalam salah satu episode yang berjudul spam, ada sebuah adegan di mana seorang pelayan sedang membacakan menu spam.

Tiba-tiba datang segerombolan orang Viking yang membentuk suatu paduan suara dan bernyanyi, “Spam, spam, spam, spam, Lovely spam, wonderful spam…”. Banyak orang yang terngiang-ngiang akan lagu tersebut. Kejadian ini pun membuat lagu spam menjadi populer sampai tahun 1980-an. Namun lama-kelamaan, lagu ini terdengar menjadi begitu mengganggu bagi sebagian orang.

Pada tahun 1993 organisasi “Internet Society”, bereksperimen mengirimkan lusinan pesan pada newsgroupnews.admin.policy dan menamai pesan-pesan tersebut dengan nama spam. Kemudian tahun 1998, Kampus Oxford mendefinisikan spam sebagai pesan tanpa arti atau tidak pantas yang dikirim melalui internet pada sejumlah netizen.

Arti Spam Chat

ARTI SPAM DI CHAT

Spam chat biasa dilakukan orang-orang untuk segera mendapat balasan pesan dari teman mereka melalui personal chat maupun multi chat. Misalnya, pasangan kamu yang suka chat begini:

“P”

“Ayang, lagi apa?”

“udah makan belum?”

“Ko gak bales sih?”

Baca Juga Dong  Arti Endorse

“Yaaaang…!!”

Kalau pasangan kamu suka spam chat gitu, itu tandanya dia lagi butuh perhatian. Orang yang suka kirim spam seperti akun-akun promo di media sosial juga menandakan kalau mereka ingin agar produk mereka terngiang-ngiang di benak kamu.

Arti Spam di WA atau Whatsapp

ARTI SPAM DI WHATSAPP

Spam dalam sosial media seperti whatsapp memang tengah menjadi sorotan. Pasalnya bukan hanya sebatas spam chat biasa, namun salah-salah data pribadi dalam smartphonekamubisa dibajak oleh hacker dan kamu akan diminta sejumlah uang untuk menebusnya.

Spam yang banyak beredar di whatsapp bisa berupa “Fake Voicemail”. Pesan ini berupa suara palsu yang jika kamu bukan dan menekan tombol “play”, maka sama dengan menyetujui untuk memasukan malware yang dikirim hacker agar leluasa membajak data di handphone korban.

Ada juga whatsapp Gold Edition. Whatsapp sendiri memang merilis aplikasi dengan versi berwarna emas. Untuk mendapatkannya, kamu mesti melakukan download di luar toko aplikasi. Fitur whatsapp ini memang menyenangkan, karena ada emoji baru dan latar percakapan khusus.

Namun, jangan mudah tergiur dengan penawarannya. Karena harga yang perlu dibayar untuk aplikasi ini bisa mencapai 40 dolar Amerika per bulannya.

Spam yang berbahaya lainnya adalah Whatsapp Gift Card. Layanan ini menawarkan jasa menyadap akun pesan dari penguna lain yang sebenarnya adalah hoax. Bahkan hanya malware yang akan masuk ke dalam data pribadi kamu.

Jika kamu mendapat Gift Card dari layanan whatsapp ini, dan mengatasnamakan merek terkenal semacam KFC, McD, Zara dan lainnya, maka jangan sekali-kali memasukan data pribadi. Spam ini hanyalah sebuah jebakan agar mereka mendapat bocoran data pribadi kamu.

Arti Spam Bahasa Gaul

ARTI SPAM BAHASA

Lalu bagaimana dengan arti spam dari bahasa gaul? Spam semacam ini biasa ditemukan dalam e-mail, blog maupun media sosial. Sebagai contoh, “Mantap gan artikelnya!”, “tfc, salam kenal ya!”, “cek ig kita ya sist!”, dan sebagainya.

Jika spam sudah terasa sangat mengganggu, maka kamu bisa melaporkan akun pelaku spaming. Fasilitas pelaporan ini bisakamu temui pada akun Instagram maupun Facebook. Setelah laporan kamu lakukan, biasanya akan diambil tindakan baik berupa pemblokiran akun pelaku spam.

Baca Juga Dong  Arti DM

Arti Spam di FB (Facebook)

ARTI KATA SPAM DI FACEBOOK

Facebook merupakan media sosial yang cukup fenomenal. Media sosial ini menjadi sarana paling ampuh untuk mencari teman, membangun jaringan, hingga mempromosikan produk secara online.

Begitu banyaknya pengguna facebook jelas memancing hadirnya akun-akun spam. Arti spam di FB sebenarnya meliputi semua tindakan mengganggu yang dilakukan akun tertentu. Bentuknya bisa berupa komentar iklan di lapak atau posting orang lain, hingga sembarangan memasukkan akun ke dalam grup yang kamu tidak pernah setujui.

Arti Spam di IG (Instagram)

ARTI SPAM DI INSTAGRAM DUNIA

Di Instagram ada banyak arti spam yang menjadi viral, jangan sampai kamu ketinggalan update­­-annya ya!

  1. First Spam Like.

First spam like memiliki makna bagi seseorang yang memberi banyak like (menyukai) pada setiap posting-an kamu.

  1. Spam.

Arti spam di IG adaah tulisan di dalam kolom komentar yang di-posting double pada foto yang kamu update.

  1. Spam for Spam, mengandung ajakan agar orang lain memberikan like berkali-kali atau dikenal juga dengan istilah Like for Like.

Hampir tidak mungkin untuk menghindari munculnya spam di akun media sosial. Akan tetapi, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara membuat pengaturan terhadap akun media sosial yang dimiliki. Semoga penjelasan tentang arti spam di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi kamu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.