Dasa Darma Pramuka

Siapa yang tidak mengenal organisasi pramuka? Tentunya, banyak sekali yang mengenalnya. Organisasi ini bersifat non formal yang bergerak dalam kepanduan. Sudah sejak Sekolah Dasar, kita semua diajari mengenai Pramuka. Satu hal yang paling harus dipahami yaitu mengenai dasa darma pramuka.

Pramuka begitu identik dengan dasa darma. Setidaknya, tedapat 10 dasa darma yang harus dipahami oleh para pelajar. Kegiatan pramuka memiliki arti yang sangat baik untuk memberikan pembelajaran dalam sehari-hari. Jadi, sudahkah anda memahami mengenai dasa darma pramuka dan maknanya? Jika belum, mari simak ulasan artikel ini secara lengkap.

Pengertian Dasa Darma Pramuka

anak pramuka sedang belajar dasa darma pramuka
maxmanroe.com

Semua anggota pramuka harus memahami dengan benar mengenai dasa darma. Secara bahasa sendiri, dasa darma terbagi menjadi 2 kata. Dasa yang berarti memiliki arti sepuluh. Sedangkan, untuk darma sendiri memiliki artian perbuatan yang mulia. Jika kedua bahasa tersebut digabungkan maka memiliki arti sebagai sepuluh dtindakan mulia anggota pramuka.

Anggota pramuka memang harus memahami hal ini secara lebih lengkap. Terutam, untuk tindakan-tindakan yang dilakuakn dalam sehari-hari. Tidak boleh, bagi anggota pramuka melakukan tindakan yang kurang berkenanan. Dengan adanya dasa darma ini, harus dijadikan sebagai pedoman menjalani kehidupan sehari-hari.

Teks Dasa Darma Pramuka

belajar menerapkan dasa darma pramuka
kalderanews.com

Dasa darma yang ada saat ini sudah menjadi ketetapan dalam ART Gerakan Pramuka Tahun 2009. Kemudian, ditegaskan lagi dalam ART Gerakan Pramuka hasil musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Tahun 2012. Berikut tesk dasa darma pramuka 1-10:

DASA DARMA PRAMUKA

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patrior yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Makna Dasa Darma Pramuka Setiap Baitnya

memahami makna dari dasa darma pramuka
lampungprov.go.id

Bukan hanya bisa menghafal dasa darma saja, melainkan juga harus memaknai mengenai dasa darma tersebut. Hal ini sangat penting, untuk bisa menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, pada anggota pramuka harus bisa memahaminya:

  1. Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Semua anggota pramuka diharuskan untuk bisa memiliki siat bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta, bisa menjunjungi tinggi setiap harkat dan martabat sebagai sesama makhluk Tuhan. Melaksanakan segala perintah yang diberikan dan bisa menjauhi larangan-NYA. Memiliki jiwa toleransi yang tinggi dan tidak membeda-bedakan satu sama lainnya.

Anggota pramuka harus bisa memiliki toleransi yang tinggi. Jangan saling menghujat satu sama lainnya. Karena, hal tersebut tidak mencerminkan bahwa anda bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Alangkah baiknya, untuk bisa memiliki sifat yang satu ini.

  1. Cinta Alam Dan Kasih Sayang Sesama Manusia
Baca Juga Dong  Arti Endorse

Manusia hidup berdampingan dengan alam. Tanpa adanya alam, maka perjalanan hidup ini akan menjadi kurang berkenan. Alam yang membantu banyak keperluan dari manusia untuk kebutuhan sehari-harinya. Untuk itu, anggota pramuka harus bisa mencintai alam dan menjaganya dari hal-hal yang buruk.

  • Terutama, ikut serta dalam melestarikan alam agar tetap leatari. Mewujudkan lingkugan yang nyaman, aman serta menyenangkan dan bisa digunakan oleh banyak orang. Dari hal inilah, nantinya bisa bermanfaat untuk kedepannya. Karena, masa depan ada di tanggan manusia itu sendiri. Sesama manusia juga harus saling memiliki rasa kasih sayang yang tinggi. Membantu satu sama lainnya jika terjadi kesusahan.
  1. Patriot Yang Sopan Dan Ksatria

Seorang anggota pramuka harus bisa memiliki sifat sebagai pejuang patriot dan kdatriot. Sopan dan santun dalam berbicara, merupakan cerminan diri dari seorang anggota pramuka. Banyak sekali sifat dari seorang patriot sejati yang bisa di pahami. Seperti untuk lebih bisa mengakui kesalahan.

Lalu bisa intropeksi diri untuk menyadari kesalahan tesebut. Lalu, juga harus berani dalam melakukan beberapa hal yang memang harus dilakukan. Kebijaksanaan seorang kasatria harus tumbuh disini. Jika seorang anggota pramuka tidak memiliki sifat ini tentu akan kurang baik.

  1. Patuh Dan Suka Bermusyawarah

Anggota pramuka harus patuh terhadap tugas-tugas yang diberikan. Serta bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat. Karena, esensi dalam melakukan pekerjaan harus bisa dilakukan dengan tepat. Jangan sampai, apa yang dikerjakan tidak sesuai dan salah. Serta, dapat melakukan koordinasi dengan anggota lainnya.

Bermusyawarah bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk hal ini. Setiap keputusan yang ada harus dilakuakn secara bersama-sama. Dengan begitu, akan muncul rasa kebersamaan yang tinggi. Serta, bisa mencapai kesepakatan untuk mufakat yang lebih baik lagi. Hasilnya, tentu akan menjadi lebih baik lagi.

  1. Rela Menolong Dan Tabah

Sifat rela dalam memberikan pertolongan harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka. Bagaima mungkin jika hal ini tidak sifat untuk tolong menolong? Sejatinya,semua manusia harus memilki sifat ini. Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, tentunya harus bisa memiliki sifat ini.

Setiap makhluk yang membutuhkan pertolongan harus dibantu secara penuh. Jika ada cobaan, maka hadapilah dengan tabah. Tidak mudah menyerah pada keadaan. Namun, pastikan bahwa anda bisa tetap tabah dan ikhlas terhadap cobaan tersebut. Percayalah, bahwa ada hal yang bisa menolong anda nantinya.

  1. Rajin, Terampil Dan Gembira

Seorang anggota peramuka harus rajin terhadap apa yang dilakukan. Karena, dengan memiliki sifat rajin ini akan bermanfat untuk sehari-hari. Bukan hanya rjain saja, tetapi juga harus terampil dalam melakukan beberapa pekerjaan. Keterampilan menjadi modal yang sangat penting.

Baca Juga Dong  Arti DM

Modal ini akan membantu anda untuk bisa menjalani kehidupan dengan baik. Jangan lupa, untuk selalu gembira dalam keadaan apapun. Terutama, saat nantinya sedang dalam keadaan yang susah. Maka, jika tidak gembira hal tersebut hanya akan membuat anda menjadi kurang nyaman dalam melakukan aktivitas.

  1. Hemat, Cermat Dan Bersahaja

Anggota pramuka harus bisa hemat dalam segala keperluannya. Hemat untuk melakukan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan. Merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Karena, dengan menghemat tentu akan lebih banyak hal lainnya yang bisa diperoleh. Selain itu, anggota juga diharuskan untuk tetap cermat.

Cermat dalam hal apa? Melakukan beberapa keputusan dengan tepat. Serta, memiliki tujuan yang memang benar. Karena, sebagai anggota pramuka bisa saja untuk menjadi pemimpin nantinya. Kecermatan dalam hal ini sangatlah dibutuhkan. Menjalankan sesuatu sesuai pada fungsi yang dibutuhkan.

Sikap bersahaja juga harus di miliki oleh anggota pramuka. Hal ini sangat baik untuk dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada. Serta, tidak menghambur-hamburkan segala sesuatu yang dirasa tidak diperlukan. Karena, itu hanya akan mengeluarkan pengeluaran saja.

  1. Disiplin Berani Dan Setia

Jiwa seorang anggota pramuka haruslah disiplin. Semua aturan yang diberikan harus dapat diselesaikan dengan baik. Karena, dengan hal ini akan membantu untuk semua proses yang berlaku pada tugasnya. Selain itu, juga harus berani dalam mengambil sikap yang ada. Jangan biarkan jiwa kepemimpinan tersebut tidak hadir dalam diri seorang pramuka.

Setia dengan selalu menjunjung tinggi kepanduannya. Karena, dengan hal ini maka seorang anggota pramuka mampu untuk bisa menjalani dengan baik. Tidak ada gunanya hidup tanpa adanya kesetiaan. Karena, dengan kesetiaan ini mampu untuk memberikan kepercayaan tanpa adanya penghianatan yang telah diberikan kepadanya.

  1. Bertanggung Jawab Dan Dapat Dipercaya

Setiap perintah yang diberikan tentu harus bisa di tanggung jawabnya. Selesai atau tidaknya tugas tersebut, anda harus siap melakukannya. Karena, jiwa kepemimpinan yang ada pada seorang anggota pramuka sangatlah tinggi. Termasuk, bisa untuk dipercaya dalam melakukan semua keperluan.

Bagi seorang anggota pramuka, tidak ada pengkhianatan atas kepercayaan. Namun, hanya ada tanggung jawab yang harus siap dipertanggung jawabkan apapun hasilnya. Dari situlah, sudah seharusnya seorang anggota meiliki jia yang berkualitas untuk bisa tanggung jawab dan dapat dipercaya oleh siapapun.

  1. Suci Dalam Pikiran, Perkataan Dan Perbuatan

Sebagai anggota pramuka, tentu harus bisa suci dalam pikiran, perkataan serta perbuatannya. Bagaimana caranya? Dengan memiliki pikiran yang jernih. Setiap pikiran dari anggota bisa saja memiliki hal yang bermanfaat. Selain itu, juga harus bisa memberikan pemahaman mengenai perkataan yang benar.

Serta, dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat. Sehingga, setiap anggota pramuka dapat mengontrol pikiran,perkataan serta perbuatannya masing-masing. Dari situlah, kemudian jiwa seorang pramuka akan terbentuk dengan baik.

Baca Juga Dong  Pengertian Bela Negara | Tujuan, Manfaat, Dasar Hukum, dan Contoh Bela Negara

Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari

penerapan pramuka pada kehidupan sehari hari
suaranusantara.com

Setiap dasa darma memiliki penerapannya sendiri dalam kegiatan sehari-hari. Dengan penerapan ini, tentu akan membuat lebih baik dalam melakukannya. Serta, lebih bisa membantu untuk dapa melakukan hal tersebut menjadi lebih baik. Berikut ini untuk penerapannya:

  1. Dasa Darma Pertama
  • Beribadah tepat waktu
  • Menjauhi larangan dari Tuhan YME
  • Selalu berdoa kepada tuhan YME
  • Mengawali kegiatan dengan berdoa
  1. Dasa Darma Kedua
  • Ikut serta dalam menjaga lingkungan
  • Menjaga hubungan yang baik kepada semua
  • Dapat menolong satu sama lain
  • Memanfaatkan limbah untuk bisa menjadi lebih bermanfaat
  1. Dasa Darma Ketiga
  • Ikut serta dalam upacara dengan baik
  • Selalu rajin belajar agar menjadi lebih pintar
  • Ikut serta dalam membela negara
  • Tidak saling membeda-bedakan
  • Menghormati yang lebih tua
  1. Dasa Darma Ke-empat
  • Patuh kepada orang tua serta yang lebih tua lainnya
  • Dapat menghargai keputusan dari orang lain
  • Tidak memaksakan kehendak sendiri
  • Dapat mengambil keputusan secara bersama-sama
  1. Dasa Darma Ke Lima
  • Selalu menolog antar orang lain
  • Dapat membantu orang tua secara sukarela
  • Bersedia untuk membantu orang lain tanpa harus di minta terlebih dahulu
  • Memiliki kepedulian terhadap orang lain
  1. Dasa Darma Ke Enam
  • Dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwalnya
  • Selalu bergembira dalam menjalani setiap kegiatan
  • Memberikan suatu inovasi untuk menjadi hal yang menarik
  • Memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi
  1. Dasa Darma Ke Tujuh
  • Tidak ceroboh dalam melakukan setiap tindakan
  • Teliti terlebih dahulu sebelum menyelesaikan pekerjaan
  • Dapat menyisihkan uang secara rela untuk menabung
  • Bisa membedakan mengenai prioritas dan kebutuhan
  1. Dasa Darma Ke Delapan
  • Bisa menghargai waktu dengan baik
  • Memiliki sikap setia kawan
  • Membantu teman yang membutuhkan bantuan
  • Memiliki sifat solidaritas yang tinggi
  1. Dasa Darma Ke Sembilan
  • Mengakui kesalahan yang telah dilakukan
  • Dapat memiliki kebijaksanaan sebelum mengambil sebuah keputusan
  • Bisa bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan
  • Menyelesaikan tugas sesuai pada perintah yang diberikan
  1. Dasa Darma Ke Sepuluh
  • Berpikir mengenai hal-hal yang baik
  • Mengucapkan kata kata yang baik
  • Tidak berbohong kepada orang lain
  • Sifat selalu membantu kepada yang lainnya

Itulah pembahasan lengkap mengenai dasa darma pramuka. Sebagai pelajar, sudah seharusnya bisa memahami mengenai hal tersebut. Makna yang ada pada dasa darma tersebut sangat mendalam. Jangan hanya bisa menghafal dasa darmanya saja, namun pahami juga makna yang terkandung didalamnya. Dengan begitu, anda bisa menjadi anggota pramuka yang baik!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.