Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar untuk Buku dan Karya Tulis Ilmiah

Contoh Kata Pengantar – Ketika kita membuat suatu buku atau karya tulis ilmiah, maka kita harus menyertai kata pengantar di dalamnya sebagai pelengkap dalam sebuah karya tulis kita.

Kata pengantar merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah tulisan, baik itu dalam buku, skripsi, tesis, makalah, proposal, serta karya tulis ilmiah lainnya. Letak kata pengantar ini biasanya disimpan di bagian depan dari sebuah buku atau pun karya tulis ilmiah.

Menulis atau menyusun sebuah kata pengantar memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Setidaknya kita perlu mengetahui bagaiman susunan dari teks kata pengantar yang baik dan benar.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai cara menulis serta contoh kata pengantar yang baik dan benar.

Definisi Singkat Kata Pengantar

contoh kata pengantar oke
Sumber: pixabay.com

Sebelum kita lebih jauh mempelajari tentang contoh kata pengantar, maka ada baiknya kita paham dulu apa sih definisi dari kata pengantar itu sendiri.

Kata Pengantar merupakan sebuah halaman yang berisi ungkapan rasa syukur, tujuan dan harapan penulis terhadap karya yang ditulisnya, ucapan terimakasih, serta harapan atas kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.

Melalui kata pengantar, penulis karya tulis akan menyampaikan rasa syukurnya atas terciptanya sebuah karya, mulai dari rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Keluarga, Pembimbing, Sahabat, dan orang-orang yang terkait yang terlibat dalam pembuatan karya tulis tersebut.

Selain berisi ucapan rasa syukur, kata pengantar juga akan dilengkapi dengan gambaran umum dari isi karya tulis yang sudah dibuat tersebut. Terkadang, ada juga yang menambahkan sedikit latar belakang ataupun permasalahan yang akan dibahas dalam isi sebuah karya tulis.

Kemudian salah satu bagian yang juga tidak kalah penting dari halaman kata pengantar adalah adanya kalimat harapan serta kritik. Harapan yang disampaikan yaitu berupa harapan dari manfaat tulisan yang telah dibuat tersebut, serta harapan adanya kritik dan saran yang baik dari para pembaca.

Susunan Kata Pengantar yang Baik dan Benar

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, thesis, laporan, dan proposal, pada umumnya terdiri dari 3 bagian utama pada kata pengantar, yakni pembukaan, isi, dan penutup.

Berikut ini akan sedikit dijelaskan mengenai ketiga hal utama tersebut.

Pembukaan di Dalam Kata Pengantar

Pembukaan yang terdapat dalam teks kata pengantar umumnya terdiri atas ucapan rasa syukur penulis atas selesainya pembuatan karya tulisnya. Umumnya diawali dengan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian dilanjut dengan mengucap rasa syukur kepada keluarga, sahabat, serta orang-orang yang membantu dalam proses penyusunan karya tulis ilmiah tersebut.

Isi di Dalam Kata Pengantar

Isi dalam sebuah kata pengantar biasanya berisi tentang gambaran umum dari isi karya tulis yang sudah dibuat. Biasanya akan dimulai dengan sedikit mendeskripsikan permasalahan atau sedikit latar belakang, baru kemudian dilanjut dengan sebuah solusi yang nantinya akan dibahas tuntas dalam karya tulis yang dibuat.

Penutup di Dalam Kata Pengantar

Tentunya, dalam setiap karya selalu ada kekurangan di dalamnya. Nah pada bagian penutup, umumnya penulis akan menuliskan permohonan maaf serta harapan penulis atas karya tulis yang sudah disusun. Permohonan maaf ini disampaikan atas segala kekurangan dalam penyusunan karya tulis tersebut.

Di dalam penutup ini juga biasanya akan dituliskan mengenai harapan atas manfaat serta kritik dari pembaca terhadap tulisan yang disusun. Penulis berharap bahwa karya tulis yang sudah disusun itu akan bermanfaat, serta penulis juga berharap adanya kritik dan saran dari para pembaca untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Contoh Kata Pengantar Skripsi Lengkap

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Berikut ini adalah contoh kata pengantar dalam sebuah skripsi yang lengkap.

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan berkat dan rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Penulisan skripsi ini dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen dengan konsentrasi Bisnis pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu penulis minta maaf atas segala kekurangan yang ada pada tulisan ini. Penulis juga menyadari bahwa tanpa bantuan, motivasi, dan bimbingan dari berbagai pihak, baik dari awal masa perkuliahan hingga sampai saat ini, akan sangat berat bagi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Untuk itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Imo Gandakusuma., MBA, selaku ketua program studi Ekstensi Manajemen FE UI
  2. Bapak Imam Salehudin., SE., MSi, selaku dosen pembimbing penulis yang telah banyak membantu penulis dalam hal mengarahkan dan memberi petunjuk dari awal masa bimbingan hingga akhir masa sidang. Terima kasih Pak Imam penulis ucapkan, entah bagaimana jadinya skripsi ini tanpa bantuan Pak Imam.
  3. Ibu Yusnani Nasution, SE., MSi, dan Ibu Lies Suzanawaty, SE., MSi, selaku dosen penguji. Terima kasih Bu Yus dan Bu Lies atas saran-saran dan masukan yang diberikan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang tidak henti-hentinya mendukung dan mendoakan penulis untuk bisa menjadi orang yang sukses dan berhasil. Semoga kelulusan ini menjadi hadiah yang berarti bagi kedua orang tua penulis.
  5. Kedua adik penulis, Yazid ‘Melon’ Hamdai dan Faras’Bocil’Mahdi yang telah memberikan dukungan dan menemani begadang ketika menyelesaikan penulisan. ‘Thank You Brothers’.
  6. Ketiga tante penulis Tek Eni, Tek Eti dan Tek Tina yang selalu member dukungan dan doa pada penulis.
  7. Ermitha Puspita Sari yang selalu setia mendampingi dan memberikan semangat pada penulis. ‘Thank You Ameh’.
  8. Keluarga Ermitha di Bandung yang juga selalu mendoakan dan memberi semangat pada penulis. Terima kasih ya Om Giman dan Tante Eulis.
  9. Para sahabat Ekstensi Manajemen 2009 yang menyebut diri mereka Totters: Fahmi, Taufik, Roby, Saprol, Rangga, Sigit, Radit, Joe, Aries, Redy, Vestan, Dimas, Toga, dan Ucup. Semoga kita semua Sukses dan menggapai cita-cita yang pernah sama-sama kita impikan, Amin.
  10. Bapak Wahyu Darmayani selaku Manager CSR Committee Ajinomoto Indonesia, dan Rizki Indriawan CSR Committee yang telah telah banyak memberikan sumbangan literatur baik buku dan artikel-artikel tentang CSR yang membantu penulis dalam pencarian sumber bacaan.
  11. Rekan-rekan HRD Ajinomoto Indonesia, Pak Sugi, Pak Indra, Bang Rino, Mba Rita, Fahmi, Tora, yang telah membantu penulis dalam member ijin meninggalkan pekerjaan guna menyelesaikan skripsi ini.
  12. Teman-teman Fakultas Ekonomi lainnya dari Ekstensi yang tidak dapat penulis sebutkan namanya satu persatu disini
  13. Serta semua pihak yang namanya tidak dapat dituliskan satu per satu. Terimakasih atas segala bantuan, bimbingan, dan doanya.

Akhir kata, penulis berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa berkenan membalas segala kebaikan semua pihak yang telah membantu. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan.

Depok, 18 Januari 2012

 

Penulis

*Contoh kata pengantar ini merupakan kata pengantar dari skripsi yang berjudul “Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Antiseden dan Konsekuensi Terhadap Aktivitas Kegiatan Corporate Social Responsibility yang Dilakukan PT Unilever Indonesia Tbk.

Skripsi ini ditulis oleh Bery Prima tahun 2012, dari Fakultas Ekonomi Program Ekstensi Manajemen Kekhususan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Contoh Kata Pengantar Skripsi Singkat

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Selanjutnya merupakan contoh kata pengantar skripsi yang dibuat singkat dan tidak terlalu panjang, sehingga Anda bisa meniru konsepnya penulisannya.

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia-Nya. Berkat rahmat, hidayah, dan inayah-Nya akhirnya skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Mijil Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Professional 8 untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar” dapat terselesaikan dengan baik. Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian tugas persyaratan guna meraih gelar Sarjana Pendidikan.

Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu peneliti ucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Baharudin Ali, M.Pd, M.A., selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan untuk menyelesaikan skripsi ini.
  2. Bapak Prof. Dr. Nurzaman, M.Pd., selaku Dekan FBS UNY yang telah memberikan izin untuk menyusun skripsi ini.
  3. Suwardi, M.Hum., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah yang telah memberikan pengarahan, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  4. Seluruh dosen dan Civitas Akademika jurusan Pendidikan Bahasa Daerah yang sudah memberikan banyak ilmu selama kegiatan perkuliahan.
  5. Dr. Suwarna, M.Pd., selaku Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan ilmu, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  6. Nurhidayati, S.Pd, M.Hum., selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, dan ilmu sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik
  7. Ibu Andriyani, M.Hum., selaku Dosen Penasehat Akademik yang telah memberikan nasehat dan saran selama kuliah.
  8. Bapak Gunawan, S.Pd., selaku Kepala SD Negeri 1 Banjarwinangun yang telah memberikan izin untuk penelitian.
  9. Orang tua yang tiada henti senantiasa mendukung dan mendoakanku setiap saat.
  10. Seluruh teman-teman Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2014 yang telah banyak membantu dan mendukung penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
  11. Semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Akhirnya, dengan penuh kesadaran bahwa penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan. Akhir kata, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dan demi kesempurnaan skripsi ini, peneliti mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak.

Yogyakarta, 4 April 2015
Peneliti,

 

Usman Sujatni

Itulah kata pengantar singkat untuk skripsi. Mari kita lihat kata pengantar selanjutnya.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Bagi Anda yang akan membuat kata pengantar dalam proposal penelitian, pas banget, karena di bawah ini adalah contoh kata pengantar proposal penelitian yang baik dan benar.

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan semesta alam, atas segala nikmat dan karunianya, serta hidayahnya, penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Layanan Ojek Online terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Perilaku Berbelanja” dengan lancar dan tepat waktu.

Tujuan dari penyusunan proposal penelitian ini yaitu dalam rangka menyediakan informasi mengenai hasil penelitian tentang pengaruh dari penggunaan aplikasi layanan ojek online yang digunakan oleh mahasiswa terhadap perilaku berbelanja. Dari kacamata penulis, media ojek online sangat berpengaruh terhadap cara orang untuk melakukan belanja, yang dulunya belanja secara offline di toko-toko secara langsung, sekarang bisa belanja hanya dengan menggunakan aplikasi dan layanan ojek online.

Penyusunan proposal penelitian ini bisa selesai karena tidak lepas dari bantuan, support, arahan, serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penyusun ingin menyampaikan rasa terimakasih kepada:

  1. Kedua orang tua serta saudara-saudara penulis tercinta yang telah memberikan banyak nasihat, do’a, serta dukungan moril maupun materiil agar penulis dapat menuntut ilmu, sehingga penyusunan proposal penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik.
  2. Bapak Dr. H. Danang Konarum, M.Sc., selaku rektor Universitas Harapan Jaya Kudus.
  3. Bapak Dr. Bagus Suroto, M.SE, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Harapan Jaya Kudus.
  4. Ibu Danti Sutri, M.SE, selaku ketua Jurusan Ekonomi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Harapan Jaya Kudus.
  5. Bapak Komaria Aghna, M.SE, Ibu Karni Vora, M.SE, dan Ibu Astuti, M.B.A. selaku dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bantuan, arahan, masukan, serta motivasi dalam membimbing penulis agar dapat menyelesaikan proposal penelitian ini dengan baik dan tepat waktu.
  6. Segenap dosen Jurusan Ekonomi Bisnis atas segala dukungan, bimbingan, serta segala ilmu yang diberikan.
  7. Teman-teman angkatan 2010 yang telah saling memotivasi satu sama lain dan saling membantu dalam penyelesaian proposal penelitian ini.
  8. Seluruh pihak yang sudah berkontribusi yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Penyusun juga merasa masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini. Oleh karena itu penyusun sangat terbuka dalam menerima kritik dan saran yang membangun untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi sehingga untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Akhir kata dari penulis, semoga proposal penelitian ini dapat diterima sebagai gagasan dan ide kreatif hasil anak bangsa yang layak untuk didukung dan menjadi dasar ilmu dalam bidang perekonomian.

Bali, 7 Maret 2015

 

Penyusun

Itu kata pengantar untuk proposal penelitian, selanjutnya mari kita perhatikan kata pengantar berikutnya.

Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Menulis skripsi biasanya harus diawali dengan penyusunan proposal penentuan topik yang diambil, nah bagi Anda yang kebingungan dalam menulis kata pengantarnya, maka berikut ini kami sajikan kata pengantar untuk proposal skripsi.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat serta hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul ”Dampak Aturan Kerja Terhadap Kinerja dan Tingkat Stres Karyawan (Studi Kasus Karyawan di PT. Indah Karya Bandung)” dengan baik. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Psikologi pada Fakultas Psikologi, Universitas Harapan Umat Jakarta.

Banyak pihak yang telah membantu penulis dalam proses penyusunan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara moril maupun materiil. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Dr. H. Ngajimin, S.Psi. selaku dosen wali.
  2. Bapak Komarudina, S.Psi., MM. selaku dosen pembimbing yang senantiasa ikhlas meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, saran, arahan, serta motivasi kepada penulis.
  3. Ibu Hujaimah, SE. selaku General Manajer PT. Indah Karya Bandung yang telah memberikan ijin untuk penulis agar dapat melakukan penelitian di PT. Indah Karya Bandung.
  4. Ibu Kusaimah, selaku pembimbing di PT. Indah Karya Bandung yang telah membantu memberikan informasi dan data guna mempermudah dalam proses penyusunan skripsi ini. Tidak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih kepada karyawan PT. Indah Karya Bandung, karena telah bersedia banyak membantu dalam proses penyelesaian skripsi ini.
  5. Dosen penguji Dr. Jaka Sembung, MIR. dan Dra. Nur Hayati atas koreksi dan masukannya.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Program Studi Psikologi yang telah memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan.
  7. Bapak, ibu, kakak, serta adik-adikku atas perhatian, kasih sayang, dukungan semangat, dan doa yang tidak pernah putus dalam proses penyelesaian skripsi ini.
  8. Dadang Konelo yang selalu memberikan nasihat dan doa yang tulus dan ikhlas.
  9. Teman-teman angkatan 2015 S1 yang telah memberikan dukungan moril.
  10. Teman-teman kontrakan (Bambang, Ihsan, Bukhori, Miqdad) atas perhatian dan bantuan kalian selama ini.
  11. Seluruf staf Fakultas Psikologi Universitas Harapan Umat yang telah membimbing dan membantu penulis selama menyelesaikan studi di Universitas Harapan Umat.
  12. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu yang ikut membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa selama proses penelitian dan penyusunan skripsi ini, banyak kesulitan, kendala, dan hambatan yang dihadapi. Namun, penulis banyak belajar dari masalah-masalah yang terjadi tersebut. Tidak hanya terkait dengan tema skripsi, melainkan juga berbagai input dan nasihat dari berbagai pihak untuk pengembangan diri penulis, terutama terkait dengan attitude dan soft skill. Penulis juga menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Namun, penulis berharap agar skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Pekanbaru, 12 Oktober 2017

 

Penulis

Itu tadi kata pengantar dalam proposal penulisan skripsi, semoga bisa bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Seperti pembuatan makalah adalah hal yang sangat umum bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa. Tentunya pembuatan makalah ini harus lah dengan aturan yang baik.

Nah bagi Anda yang hendak membuat makalah, maka ada baiknya cantumkan kata pengantar di awal, yaitu sebagai berikut.

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah membibing hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Karena tanpa perkenan dan ridho-Nya tidak mungkin makalah ini dapat diselesaikan.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas materi kuliah pengantar ilmu administrasi negara, yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pembelajaran bagi penulis tentang hubungan administrasi negara dengan politik yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dan kajian dari berbagai sumber.

Makalah ini penulis susun dengan segala keterbatasan, baik itu dalam penyusunan kata, kalimat dan bahasa maupun dalam penyajiannya masih jauh dari kesempurnaan sebagaimana layaknya.  Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat kami selesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Pengaruh politik terhadap administrasi negara dalam konteks riilnya” sebagai salah satu upaya untuk pengkayaan materi hubungan administrasi negara dengan politik.

Semoga makalah ini dapat memberikan kontribusi bagi penulis supaya lebih memahami materi pengantar administrasi negara. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penulis mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

 

Bandung, Maret 2012

 

Penulis

Demikian kata pengantar makalah yang bisa dibilang singkat, semoga bermanfaat untuk Anda.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Tanpa Panjang Lebar

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Jika Anda lebih suka yang simpel-simpel, berikut ini merupakan kata pengantar makalah yang dibuat sangat singkat dan sangat simpel.

Langsung saja lihat berikut ini.

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat Illahi Robbi karena atas rahmat dan hidayahNya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Peran Pendidikan Dalam Keluarga Sebagai Pilar Untuk Melahirkan Generasi Muda Yang Kreatif, Mandiri, Berkarakter dan Bebas Korupsi” dengan lancar. Tidak lupa shalawat serta salam semoga terlimpah curah kepada nabi kita Nabi Muhammad SAW.

Saya menyusun makalah ini dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Pendidikan.

Dalam penulisan makalah ini banyak bantuan dari beberapa pihak. Oleh karena itu saya menyucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini.

 

Garut, Januari 2017

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Kunjungan Industri

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Anda yang pernah melakukan sebuah kunjungan terhadap suatu industri dalam rangka kerjasama atau pun dalam rangka kegiatan studi yang diadakan oleh sekolah atau kampus.

Nah tentunya pasti harus ada laporan yang dibuat oleh Anda yang kemudian nanti dilaporkan kepada guru atau dosen untuk dinilai hasilnya.

Nah jangan lupa untuk mencantumkan kata pengantar di depan laporan tersebut agar makalahnya menjadi lengkap dan terlihat oke di mata guru atau dosen.

Seperti apa kata pengantarnya? Lihatlah berikut ini.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat Rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kunjungan industri ini tepat pada waktunya. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini terjadi banyak kekurangan sehingga diperlukan adanya saran dan kritik dari teman-teman khususnya para dosen dan pembimbing sangat kami harapkan demi untuk perbaikan yang positif pada penulisan makalah pada waktu yang akan datang.

Tak lupa pula kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Manajemen PT. Mondelēz International Manufacturing-Cikarang Plant dan seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih pemikiran yang sangat berarti dan berharga buat kami sehingga penulisan makalah ini dapat terealisasi.

 

Jakarta, 19 April 2014

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Pertanian

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Ada banyak jenis makalah yang bisa kita buat, salah satunya yaitu makalah dalam bidang pertanian. Makalah ini ditulis khusus untuk membahas tuntas tentang pertanian.

Agar makalah Anda menjadi lengkap dan oke, maka cantumkan kata pengantar yang baik di awal karya tulis Anda agar ada nilai plus tersendiri.

Seperti apa contohnya? Nah berikut ini kata pengantar makalah pertanian.

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur penulis haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan banyak nikmat, taufik, serta hidayah-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengenalan Metode Penanaman Padi Hybrid Kepada Masyarakat Desa Cikadu” dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.

Makalah ini telah penulis selesaikan dengan maksimal atas berkat kerjasama serta bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat, maupun isi. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penulis selaku penyusun, menerima segala kritik dan juga saran yang membangun dari para pembaca demi perbaikan di masa yang akan datang.

Dengan karya ini, penulis berharap dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui metode canggih dalam menanam padi.

Demikian yang bisa penulis sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah khazanah ilmu pengetahuan serta memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.

 

Bekasi, 18 Februari 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Ada juga makalah yang membahas seputar agama. Maksudnya adalah penulis akan membahas materi atau topik tertentu dalam sebuah agama.

Pembahasan ini biasanya sangat mendasar dan bergantung pada kitab. Sehingga pembuatan makalah agama haruslah hati-hati dan tentunya tidak melenceng dengan kaidah agama.

Nah agar makalah Anda makin oke, berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah agama.

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur, penulis haturkan kepada Allah SWT karena atas berkat rahmat serta hidayah-Nya penulis mampu menyelesaikan makalah dengan judul “Menjaga Lidah Agar Terhindar dari Dosa” ini. Sholawat beserta salam selalu penulis curahkan untuk Baginda Nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan petunjuk Allah SWT untuk semua umat manusia. Sebuah petunjuk berupa syariah agama islam yang paling benar dan sempurna, serta menjadi satu-satunya karunia yang paling besar kepada seluruh alam semesta.

Penulis sangat berterima kasih karena dapat menyelesaikan makalah yang termasuk dari tugas pendidikan agama tentang “Bagaimana Cara Kita Menjaga Lidah Agar Terhindar dari Dosa”. Selain itu, kami juga menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu penulis dalam penyusunan makalah ini hingga bisa menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.

Demikianlah yang bisa penulis haturkan, penulis sangat berharap supaya makalah ini dapat berguna bagi seluruh pembaca. Kami juga memohon kritik dan juga saran dari para pembaca untuk makalah ini supaya ke depannya bisa lebih baik lagi. Karena penulis sangat menyadari, bahwa makalah yang kami tulis ini masih memiliki kekurangan.

 

Surabaya, 16 Februari 2010

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib ada dalam kurikulum pendidikan di manapun dan jenjang apapun.

Bahasa Indonesia ini merupakan bahasa persatuan yang sudah diabadikan oleh nenek moyang kita agar tetap terjaga dan lestari.

Jika dalam pelajaran bahasa Indonesia ini Anda memiliki tugas untuk membuat makalah, maka sangat cocok, karena berikut ini merupakan kata pengantar makalah bahasa Indonesia yang bisa Anda tiru.

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya bagi Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Atas berkat limpahan karunia serta limpahan nikmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Daur Ulang Sampah Menjadi Pakaian Fashion” dengan lancar. Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia yang diampu oleh Dosen Bapak Soekarni Ph.D.

Pada proses penyusunan makalah ini, tidak terlepas dari bantuan, arahan, serta masukan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan tugas makalah ini.

Meskipun demikian, saya sebagai penulis sangat menyadari bahwa banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi tanda baca, tata bahasa, kalimat, maupun isi. Sehingga secara terbuka penulis menerima segala bentuk kritik dan saran positif yang membangun dari para pembaca.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh pembaca pada umumnya, dan khususnya untuk penulis sendiri.

 

Purwokerto, 24 Agustus 2016

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Ekonomi

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Ekonomi merupakan mata pelajaran yang ada dalam rumpun IPS. Biasanya pelajaran ekonomi akan membahas tentang keuangan sebuah negara, keuangan dunia, kebutuhan, cara memuaskan kebutuhan, dan lain-lain.

Ada banyak sekali makalah yang membahas seputar ekonomi. Kemudian jika Anda memiliki tugas atau proyek dalam membuat makalah, maka Anda pas sekali mengunjungi website ini.

Berikut ini merupakan contoh kata pengantar untuk makalah ekonomi.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalami, segala puji hanya bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Yang telah memberikan kita karunia serta nikmat, sehingga penulis dapat menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin. Makalah ini dengan judul “Perbedaan Pasar Oligopoli dengan Passa Monopoli” disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Pasar yang diampu oleh Bapak Dosen Suyatno S.E, M.B.A.

Isi dari makalah ini yaitu mengenai apa saja perbedaan yang terdapat dalam pasar monopoli dan juga pasar oligopoli berikut dengan contohnya. Di tengah penyusunan makalah ini, penulis melibatkan berbagai pihak, baik pihak dari dalam sekolah maupun pihak luar sekolah. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih atas berbagai kontribusinya dalam membantu penyelesaian makalah ini.

Meskipun telah disusun secara maksimal, namun penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karenanya, penulis sangat berharap atas kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sekalian.

Besar harapan saya jika makalah ini dapat menjadi sarana semua orang dalam membedakan yang mana yang termasuk pasar oligopoli dan mana yang termasuk pasar monopoli.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, semoga manfaat dari makalah ini bisa dirasakan oleh semua orang.

 

Jakarta, 30 Juli 2017

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Pelajaran sosiologi biasanya ada di jenjang SMA, pelajaran ini biasanya diajarkan di kelas 1 SMA. Sosiologi ini akan membahas tentang sosial masyarakat.

Begitu banyak makalah yang membahas tentang sosiologi, nah berikut ini merupakan kata pengantar dalam makalah sosiologi.

KATA PENGANTAR

Puji Syukur penulis panjatkan ke Hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah memberikan limpahan Rahmat, Karunia, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Makalah ini berjudul “Dampak Perilaku Sosial Masyarakat Terhadap Lingkungan Alam”, yang dibuat dengan melakukan penelitian langsung kepada masyarakat dan atas beberapa bantuan dari berbagai pihak dalam membantu menyelesaikan tantangan, hambatan, dan juga kendala selama menyusun makalah ini.

Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa masih adanya kekurangan serta kesalahan yang ada pada makalah ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran serta kritik yang dapat membangun dari para pembaca makalah ini. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk dijadikan evaluasi agar melakukan perbaikan dan penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata dari penulis, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang sebagai mana mestinya.

 

Surakarta, 18 Agustus 2018

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Kimia

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

Kimia merupakan salah satu pelajaran yang ada dalam rumpun IPA, dari sejak SD biasanya kita akan kenal tentang fisika, namun hanya sedikit saja dan biasanya tergabung dalam pelajaran IPA.

Banyak makalah yang membahas tentang kimia, seperti misalnya tentang atom yang menjelaskan bagaimana atom itu, kemudian apa saja jenis-jenis atom.

Nah bagi Anda yang hendak membuat makalah, maka berikut ini merupakan contoh kata pengantar pada makalah kimia.

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah Kimia dengan judul “Kandungan Kimia Berbahaya pada Limbah Industri Pakaian Serta Cara Menanganinya” dengan baik.

Adapun makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.

Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin member saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah ilmiah biologi ini.

Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.

Bandung, Januari 2014

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah – Laporan Riset

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Bismilahirrahmanirrahim,

Puji dan syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, dengan rahman dan rahhim-Nya, peneliti dapat  menyelesaikan penyusunan laporan Riset dan Praktek tepat waktu. Shalawat dan salam-Nya  semoga senantiasa terus di limpahkan  kepada nabi panutan kita semua yakni  nabi besar Muhammad SAW, para keluarganya, sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita selaku umat yang terakhir dan sampai saat ini terus mengikuti jejak langkahnya. Aamiin.

Laporan riset dan praktek ini akan membahas bagaimana  pelaksanaan pelayanan publik di kantor kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Penelitian peneliti laksanakan selama 6 bulan dari bulan Juli sampai dengan bulan  Desember 2012.

Peneliti mencurahkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk membuat laporan riset dan praktek ini yang sebaik-baiknya, namun terlepas dari hal itu, peneliti sadar bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan harus terus diperbaiki. Untuk itu peneliti senantiasa menantikan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang dari teman-teman serta jajaran civitas akademika universitas Al-ghifari.

Ucapan terimakasih peneliti sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam peroses penyelesaian  penyusunan laporan riset dan praktek ini. Ucapan terimakasih juga peneliti sampaikan terutama kepada:

  1. Bapak Deden Suhendar, Drs., M.Si., selaku Rektor Universitas Al-Ghifari,
  2. Bapak M.Zakaria.S.I.P M.Si selaku Dekan FISIP Universitas Al-Ghifari.
  3. Bapak Heri. S.I.P, M.A.P., Sekaligus pembimbing penyusunan laporan riset dan praktek ini.
  4. Bapak Achdijat Sulaeman, S.I.P, M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Al-Ghifari.
  5. Segenap Dosen dan Karyawan FISIP Universitas Al-Ghifari
  6. Bapak, Ibu dan segenap keluarga besar peneliti yang telah memberikan dukungan moril dan materil sehingga selesainya laporan riset dan praktek ini
  7. Bapak Drs. Taufik selaku Camat kota Ujungberung yang telah memberikan ijin kepada peneliti untuk melakukan penelitian riset dan praktek ini.
  8. Bapak Drs. Bira Gumbira, S,STP., M.Si Sekretaris Camat Kota Ujungberung yang telah memberikan kesempatan kepada peneliti untuk melakukan penelitian riset dan praktek ini.
  9. Segenap jajaran pegawai kecamatan kantor Ujungberung atas bantuannya.

Mudah-mudahan semua bantuan yang telah peneliti dapatkan dari pihak-pihak yang terkait dalam proses penyusunan riset dan praktek ini, dibalas oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda.

Bandung, Desember 2012

 

Peneliti

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah – Study Tour

contoh kata pengantar
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya bagi Allah SWT, atas berkat limpahan rahmat serta HidayahNya kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “LAPORAN STUDY WISATA JAKARTA-BOGOR-BANDUNG 2013” ini dengan baik.

Topik karya tulis yang dibahas adalah kunjungan wisata ke JAKARTA-BOGOR-BANDUNG dan sekitarnya yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII, SMPN 4 Semarang, dan di dalamnya dilengkapi dengan dokumentasi pada masing-masing objek.

Karya tulis ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas kami pada tahun ajaran 2011/2012. Dalam kesempatan ini, kami megucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam prosespenyelesaian karya tulis. Ucapan terima kasih tersebut kami tunjukan kepada yang terhormat:

  1. Teguh waluyo, S.Pd. MM, selaku Kepala Sekolah SMPN4 Semarang yang telahbertanggung jawab terhadap segala urusan karya wisata baik bertanggung jawab keluarmaupun ke dalam.
  1. Ibu Tintin, S.Pd., selaku Wakil Kesiswaan SMPN 4 Semarang yang telah mengkoordinasiseluruh program kegiatan dan pelaksanaannya serta melaporkan kepada penanggung jawab.
  2. Ibu Suhartini, S.kom, selaku wali kelas VIII, H. Udin, S.Pd., selaku pembimbing karya tulis yang turut membantu dan membimbing kami dalam pembuatan karya tulis ini.
  3. Bapak/Ibu Guru pendamping selama dalam perjalanan.
  4. Bapak/Ibu Guru yang telah membantu dalam kelancaran karya wisata.
  5. Orang Tua yang telah memberi do’a restu.
  6. Dan banyak lagi pihak-pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Semoga Tuhan YME memberi rahmat dan hidayahNya kepada semua pihak yang telah membantu kami. Kami menyadari dalam penyusunan karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangannya dan kesempurnaannya untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan.

Atas perhatian semua pihak kami ucapkan terima kasih.

Contoh Kata Pengantar Laporan Hasil Observasi Praktikum

contoh kata pengantar sip
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah, penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kami sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah “PENGUKURAN WAKTU, PANJANG, DAN BERAT DALAM PEMECAHAN MASALAH”.

Penyusun menyadari bahwa penyusunan makalah ini dapat terselesaikan kerena adanya bantuan beberapa pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada:

  1. Bapak Arifin Muslim, S.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Matematika SD.
  2. Rekan-rekan penyusun yang telah memberikan bantuan, baik berupa ide, waktu maupun tenaga demi terselesaikan makalah ini.

Penyusun menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penyusun bersedia menerima kritik dan saran dari semua pihak demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini dan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat berguna bagi penyusun khususnya dan bagi rekan-rekan mahasiswa yang berminat pada umumnya.

Purwokerto, 15 April 2015

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan PPL 1

contoh kata pengantar bagus
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kenikmatan dan rahmatNya, sehingga penyusunan Laporan PPL 1 ini dapat kami selesaikan dengan tepat waktu dan tanpa halangan yang berarti. Penyusunan laporan ini merupakan wujud pertanggungjawaban Praktek Pengalaman Lapangan 1 yang telah kami laksanakan di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1 Agustus hingga 11 Agustus 2012. Laporan ini meliputi semua civitas akademika SMA Taruna Nusantara yang kami observasi baik manajemen, kesiswaan maupun sarana prasarana yang tersaji secara sistematis.

Laporan PPL 1 ini tidak akan dapat selesai tanpa adanya pihak-pihak yang telah membantu baik secara material maupun moril, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada:

  1. Rektor Unnes Prof. Dr. H. Sudijono Sastroatmojo, M. Si beserta jajaran yang telah memberikan dukungan penuh kepada kami,
  2. Masugino, M. Pd selaku kepala pusat Pengembangan PPL Unnes.
  3. Koordinator dosen pembimbing Dr. Subiyantoro, M. Hum dan segenap Dosen pembimbing yang telah memberi arahan dan bimbingannya
  4. Kepala SMA   Taruna   Nusantara   dan   segenap   jajarannya   yang   telah membimbing kami selama di sekolah
  5. Orang tua kami yang telah memberi dukungan baik berupa material maupun moril
  6. Segenap teman PPL yang telah bekerja sama dalam menyelesaikan lapoan ini
  7. Dan pihak-pihak yang telah terlibat baik langsung maupun tidak langsung

Semoga laporan yang telah kami susun ini dapat menjadi media pertanggungjawaban yang diterima   khalayak ramai, memberikan manfaat kepada pembaca dan segenap pihak yang terlibat.

Magelang, 22 Juli 2014.

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

contoh kata pengantar nice
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Tim Peneliti mampu merampungkan seluruh rangkaian kegiatan penelitian yang diwujudkan dalam bentuk Laporan Akhir.

Terwujudnya penelitian ini tidak terlepas dari  dukungan  penuh Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin terutama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjarmasin, demikian pula halnya dengan  Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat, Instansi Dinas terkait di Kota Banjarmasin termasuk Camat Banjarmasin Utara, para Lurah dan seluruh masyarakat Kota Banjarmasin yang ada di wilayah Banjarmasin Utara, khususnya para pelaku usaha UMKM yang secara keseluruhan telah memberikan dukungan positif dalam pelaksanaan kegiatan penelitian ini.

Berkenan dengan hal tersebut di atas, maka pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Bapak Walikota dan Bapak Wakil Walikota Kota Banjarmasin, demikian pula Bapak Kepala Bappeda Kota Banjarmasin beserta seluruh jajarannya dan juga kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan penelitian ini. Semoga seluruh bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami mendapatkan limpahan pahala dari Allah SWT, Amin Ya Rabbal Alamin.

Sekali lagi kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjarmasin dan Ketua Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat, yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada Tim Peneliti untuk melaksanakan kegiatan penelitian ini.

Selanjutnya Tim peneliti menyadari sepenuhnya bahwa kami sebagai manusia biasa tentu saja tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kehilapan dalam melaksanakan proses penelitian ini, untuk itu pada kesempatan ini pula, kami sepatutnya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak.

Secara khusus kami sampaikan pula bahwa Tim Peneliti merasa puas atas selesainya kegiatan penelitian ini, terutama dengan apresiasi yang sangat baik dari Pemerintah Kota Banjarmasin pada saat pelaksanaan seminar proposal maupun seminar akhir hasil penelitian yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Bappeda Kota Banjarmasin.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami segenap Tim Peneliti dari Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, menaruh harapan besar agar kiranya hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Pemerintah Kota Banjarmasin dalam pengambilan keputusan untuk kebijakan pembangunan terutama dalam Pengembangan Industri Kerakyatan di Kota Banjarmasin.

 

Banjarmasin, Desember 2012
Ketua Tim Peneliti,

 

Irwansyah, S.Sos., M.Si.
NIP: 19710420 199903 1 001

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Study Tour

contoh kata pengantar good
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga karya tulis yang berjudul “Perjalanan Study Tour Jakarta” ini dapat diselesaikan sesuai rencana.

Karya tulis ini kami susun demi memenuhi tugas akhir pelajaran Bahasa Indonesia Semester Genap. Dalam penyusunan Laporan Study Tour ini, penulis dibantu oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Bapak Rikhwanto, S.Pd. MA. selaku Kepala sekolah SMP Negeri 2 Grobogan yang telah mendukung dan merestui karya tulis sederhana ini
  2. Bapak Suratman, S.Pd. selaku guru pembimbing dalam menyelesaikan karya tulis ini
  3. Orang tua kami yang telah memberikan dukungan dan bantuan material dalam pembuatan karya tulis ini
  4. Teman-teman keelas VIII-B dan pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang turut mendukung kami dan memberi motivasi kepada kami.

Seperti pepatah mengatakan “Tiada gading yang tak retak”, begitulah dengan karya tulis ilmiah ini. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis menerima dengan lapang hati segala kritik dan saran yang membangun dari para pembaca, sehingga bisa menjadi sebuah pelajaran bagi penulis agar kelak penulis dapat membuat karya tulis dengan lebih baik lagi.

Semoga karya tulis yang berjudul dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya dan pembaca pada khususnya serta dapat membantu meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita dalam membangun bangsa Indonesia tercinta ini.

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Perjalanan Dinas

contoh kata pengantar oke
Sumber: pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta Hidayah-Nya sehinga penyusunan modul ini dapat terselesaikan. Penyelesaian modul yang berjudul “Laporan Perjalanan Dinas” ini tidak terlepas dari peran dan dukungan beberapa pihak yang terkait yang telah banyak memberikan motivasi dan bantuan selama pembuatan modul berlangsung. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan modul ini.

Ucapan terimakasih dengan setulus hati penyusun sampaikan kepada Bapak Drs. H. Mohammad Arief, M.Si. sebagai dosen pembimbing matakuliah Pengembangan Bahan Ajar ADP. Kemudian pada semua pihak yang tidak bisa disebut satu-persatu namanya yang telah membantu dan memberikan motivasi kepada penyusun sehingga modul ini dapat terselesaikan. Dan penyusun berharap semoga semua pihak yang sudah membantu dan memotivasi mendapat balasan dan amal baiknya dicatat oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Penyusunan modul ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Terutama dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Akhirnya dengan segala kerendahan hati maka penyusun mengakui bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan pada modul ini, oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sehingga dapat dijadikan perbaikan dimasa mendatang.

Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Nyata

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan kegiatan Praktek Kerja Nyata yang berjudul “Tour Leader Perjalanan Study Tour FKIP Sejarah Ke Mojokerto-Malang Di CV. Luna Tour And Organizer”. Laporan tugas akhir ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) pada program Diploma III Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember.

Penyusunan laporan ini tidak lepas dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada:

  1. Dr. Hary Yuswandi, MA selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik;
  2. Suhartono MP., selaku Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik;
  3. Sri Wahyuni M.Si., selaku Ketua Program Studi Diploma III Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik;
  4. Hj. Dwi Windradini BP. MSi., selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingannya sehingga laporan ini dapat terselsaikan dengan baik;
  5. Anwar M.Si., selaku Dosen Wali yang telah banyak memberikan saran selama masa studi;
  6. Segenap dosen, karyawan dan karyawati di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada umumnya, dan Program Studi Diploma III Pariwisata pada khususnya yang telah memberikan ilmunya selama di bangku kuliah;
  7. Seluruh karyawan dan karyawati CV. Luna Tour & Organizer yang telah memberikan banyak bantuan dalam pelaksanaan kuliah kerja;
  8. Semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan laporan ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa penulisan Laporan Praktek Kerja Nyata ini masih jauh dari kesempurnaan. Penulis mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan pengetahuan khususnya tentang pelayanan di Biro Perjalanan Wisata.

 

Jember, 30 Agustus 2010

 

Peneliti

Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmatNya lah, penulis dapat menyelesaikan Laporan Kunjungan Industri ini tepat pada batas waktu yang telah ditentukan.

Dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan kepada:

  1. Bapak Drs. I Nyoman Kasta, M.Pd.H., selaku Kepala SMK SMSR Ubud
  2. Bapak I Wayan Budayasa, S.Pd. selaku Kepala Program Studi Akomodasi Perhotelan
  3. Bapak I Wayan Yastika, S.Pd. selaku guru pembimbing laporan Table Manner
  4. Seluruh guru, staff dan pegawai SMK SMSR Ubud
  5. Seluruh pimpinan dan karyawan Hotel Inna Grand Bali Beach
  6. Rekan-rekan kelas X AP11
  7. Dan seluruh pihak terkait yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.

Penulis menyadari laporan ini jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran/kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan kunjungan industri ini.

Dalam kesederhanaan laporan ini, penulis menaruh harapan agar kiranya dapat bermanfaat baik bagi pembaca maupun bagi khalayak banyak.

Kata Pengantar Laporan Kunjungan Kerja

KATA PENGANTAR

Laporan akhir ini disusun sebagai laporan ketiga dari pekerjaan Penyusunan Action Plan Pengembangan Kepariwisataan Jawa Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, sehingga laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Laporan akhir ini terbagi ke dalam 2 (dua) buku yang disesuaikan dengan kawasan studi.

Laporan ini merupakan buku mengenai Kawasan Ekowisata Palabuhan Ratu. Laporan ini mencakup pendahuluan yang berisikan latar belakang, tujuan dan sasaran studi, lingkup, serta pendekatan dan metodologi; tinjauan pustaka terkait tema kawasan studi, rencana tindak pariwisata, serta keterkaitan kawasan studi dengan KWU lainnya dalam lingkup RIPPDA Jawa Barat; potensi, permasalahan pengembangan kepariwisataan di kawasan studi yang mencakup aspek daya tarik wisata, fasilitas pendukung, pasar wisatawan, SDM, kelembagaan, serta positioning kawasan; arahan pengembangan kepariwisataan berupa visi, misi, tujuan dan sasaran pengembangan kawasan, serta isu‐isu strategis.

Dalam laporan ini juga memuat kebijakan dan strategi pengembangan kawasan berdasarkan aspek fisik dan non‐fisik, serta program pengembangan kepariwisataan. Laporan akhir ini dibuat berdasarkan data sekunder maupun primer dari hasil survei lapangan dan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan pada bulan September di Palabuhan Ratu.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik proses survei lapangan, pengadaan Focus Group Discussion (FGD), maupun penyusunan sehingga laporan akhir ini dapat diselesaikan dengan baik. Kami menyadari bahwa di dalamnya tidak luput dari kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu, segala masukan bagi perbaikan dan penyempurnaan pekerjaan ini akan kami terima dengan tangan terbuka.

 

Jakarta, 25 Juli 2015

 

Tim Penulis

Kata Pengantar Buku Pedoman Penulisan Skripsi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, buku Pedoman Penulisan Skripsi ini dapat diselesaikan lagi setelah beberapa kali revisi dan terbit ala kadarnya. Meskipun demikian, buku ini tetap diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya.

Disadari sepenuhnya bahwa setiap tulisan selalu membawa misi yang ingin disampaikan, demikian juga dengan buku pedoman ini. Satu sisi, buku pedoman ini diharapkan bisa membantu mahasiswa baik dalam penulisan proposal maupun dalam penulisan skripsi dalam pengertian yang utuh. Pada sisi lain, buku ini juga bertujuan menyeragamkan teknik penulisan dalam arti yang utuh pula sehingga ada kesamaan pandangan di kalangan mahasiswa, dosen pembimbing, dan para pengambil keputusan akademik.

Buku ini disajikan setelah mendapatkan sejumlah masukkan dari para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang tentunya dapat tampil dalam keutuhan yang terjaga kualitas akademiknya, walaupun demikian disadari sepenuhnya bahwa selalu ada keterbatasan dalam setiap penulisan. Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan buku panduan skripsi FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akhirnya, buku Pedoman Penulisan Skripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat, baik di kalangan mahasiswa, dosen, dan khususnya para pembaca yang budiman.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, Februari 2012

 

Penyusun
Prof. Dr. Abdul Hamid, MS.

Contoh Kata Pengantar Buku Bahan Ajar

KATA PENGANTAR

Penerapan Sistem Informasi di berbagai bidang kehidupan kita banyak dikejutkan dan disibukkan dengan perkembangan teknologi komputer, baik hardware maupun software. Penguasaan dua faktor tadi dengan baik belumlah menjamin penguasaan kita tentang sistem informasi, bahkan bisa dikatakan kita hanya sebatas menerapkannya.

Buku ajar ini mencoba membantu memahami sistem informasi yang dimulai dari perkembangan komputer, karena sistem informasi saat ini tidak bisa lepas dari perkembangan komputer. Selain itu beberapa konsep yang terdapat dalam sistem informasi juga dibahas dalam buku ini. Buku ajar ini juga menerangkan tentang data processing, sistem basis data serta model data.

Buku ajar ini lebih ditujukan kepada mahasiswa Teknik Perkapalan yang sedang mengambil mata kuliah Sistem Informasi. Oleh karena itu beberapa contoh dan latihan yang ada pada buku ajar ini sebagian diambil dari dunia kemahasiswaan. Keinginan penulis masih banyak yang belum tersalurkan dalam buku ajar ini, karena aplikasi praktis pada bahasa pemrograman pada Sistem Informasi khususnya Basis Data belum dimasukkan ke dalam buku ajar ini. Pada beberapa bagian contoh dan latihan masih terasa dangkal dan mungkin bertele-tele. Tetapi semua kekurangan tersebut, Insya Allah akan disempurnakan lagi pada edisi yang akan datang.

Akhirnya penulis tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam menyusun buku ajar ini. Mengingat ketidaksempurnaan buku ajar ini, penulis juga akan berterima kasih atas berbagai masukan dan kritikan demi kesempurnaan buku ajar ini dimasa datang.

Semarang, Desember 2012

 

Indro Dwi Cahyo

Contoh Kata Pengantar Buku Praktikum Jaringan Komputer

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan segala bimbingan-Nya kepada penulis untuk menyelesaikan buku praktikum Jaringan Komputer ini.

Buku ini dipergunakan sebagai modul ajar praktikum Jaringan Komputer program D3/D4 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Sasaran dari praktikum Jaringan Komputer ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang teknik membangun sistem Jaringan Komputer berbasis Linux mulai dari instalasi sistem operasi, perintah-perintah dasar Linux sampai dengan membangun internet server yang meliputi mail server, DNS server, web server, proxy server, dan lain sebagainya. Selain itu buku praktikum Jaringan Komputer ini dapat digunakan sebagai panduan bagi mahasiswa saat melaksanakan praktikum tersebut.

Penulis menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis akan memperbaikinya secara berkala. Saran dan kritik untuk perbaikan buku ini sangat kami harapkan.

Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Jaringan Komputer. Amin.

Surabaya, 15 Maret 2016
Hormat kami,

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Resensi Buku “Reckoning”

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan pada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan resensi dari buku yang berjudul “Reckoning” dengan tepat waktu. Resensi ini bertujuan untuk memenuhi tugas semester dua oleh dosen pengampu mata kuliah Agama Islam yaitu Ibu Zakiya Darajat, MA.

Resensi ini dibuat berdasarkan isi buku “Reckoning” serta kelebihan dan kekuranganyang terdapat pada buku tersebut. Penulis mengucapkan terima kasih kepada dosenpengampu mata kuliah Agama Islam atas bimbingannya sehinga resensi ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Penulis berharap resensi ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Penulis meemohon maklum jika resensi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengaharapkan kritik dan saran yang dapat membangun dari pembaca.

Ponorogo, 17 April 2015

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Buku Tutorial

KATA PENGANTAR

Buku ini adalah buku tutorial dan sekaligus menjadi buku panduan bagi Anda yang ingin belajar statitistika (seri dasar). Buku ini ditujukan bagi semua kalangan, baik akademisi (staf pengajar/dosen), peneliti tingkat awal, atau mahasiswa.

Buku ini ditulis untuk memberikan solusi bagi para penggunanya terhadap suatu alat statistika yang handal namun dapat diperoleh secara bebas, mulai dari source code softwarenya, paket-paket penunjangnya, hingga panduan yang melekat pada software pada saat install.

R adalah perangkat lunak statistika yang handal, karena dikembangkan oleh ahli-ahli statistika yang bekerjasam dengan pakar komputer dari seluruh dunia, yang secara sukarela mengembangkan dan menyumbangkan formula, rumus statistika bagi setiap orang yang ingin menggunakannya. Kehandalan R disebabkan oleh pengembangan berbasiskan pada prinsip dasar bahasa S, yang telah berhasil membuat alat statistik (komersil) lainnya yakni S-PLUS. Bagi anda yang terbiasa atau mengenal S-PLUS, akan mengerti kehandalan R ini.

R sangatlah efisien dan mudah diperoleh karena di publikasikan untuk masyarakat umum dengan dasar lisensi GNU General Public, yang artinya boleh didistrisbusikan dengan bebas.

Untuk mempermudah dalam memahami panduan menggunakan R, buku ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni Bagian 1 membahas dasar-dasar aplikai R, mulai cara mendapatkan program berikut source code-nya, instalasi dan karakteristik, serta fitur-fiturnya.

Pada bagian 1 ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan R dengan baik yang berkatian dengan bagian selanjutnya.

Bagian 2 membahas konsep analisis statistika berikut praktik untuk menggunakan alat fitur-fitur dalam R untuk mengolah data dan melakukan analisis statistika, mulai statistik deskriptif, grafik (histogram, scatter plot, Q-Q plot, Boxplot, dll), fungsi distribusi, regresi serta uji statitika dasar.

Bagian 3 membahas studi kasus yang berisikan contoh-contoh penggunaan R yang yang dibagi menjadi dua, yaitu contoh kasus dasar dan contoh kasus lanjut.

Bagian 4 adalah tambahan penunjang penggunaan, yaitu interface (antar muka) RCommander yang membantu dalam menggunakan R berbasis interface yang user friendly dan diakhiri dengan penutup.

Dengan mempelajari setiap bab kami harapkan anda dapat mengetahui dan menggunakan R sebagai alat statistika dalam membantu kerja/tugas anda sehari-hari.

Bagi anda yang sudah mengetahui R sebelumnya ataupun S-PLUS, anda bisa langsung menuju bagian 2 atau bagian 3. Sedangkan untuk bagian 4, mengenai R-Commander (Rcmdr) akan diterangkan secara singkat namun disertai dengan screenshot cara instalasi, penggunaan dan studi kasus menggunakan Rcmdr. Untuk bahasan lebih rinci mengenai Rcmdr dibahas lebih lanjut dalam satu buku khusus.

***

Demikian beberapa contoh kata pengantar yang baik dan benar yang kami sajikan untuk Anda. Semoga kumpulan contoh kata pengantar ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung dalam membuat kata pengantar.

Kami mohon maaf atas segala kekurangannya, terima kasih sudah mengunjungi website ekspektasia ini. Salam Sukses!

Tinggalkan komentar