Pengertian BUMS dalam Bahasa Indonesia yang Santai

Hello Sobat Ekspektasia! Apa kabar? Kali ini, kita akan bahas tentang “BUMS” nih, tapi santai-santai aja ya! Jangan bosen dengerin penjelasan ekonomi. Tenang, gak bakal pake istilah ribet kok. Yuk, simak bareng-bareng!

Pengertian BUMS

Jadi, BUMS tuh singkatan dari Badan Usaha Milik Swasta. Intinya, ini adalah jenis perusahaan di Indonesia yang nggak dimiliki sama pemerintah. Modal dan pengelolaannya ada di tangan swasta, baik itu orang perorangan atau kelompok. Nah, meskipun BUMS ini punya pemilik swasta, mereka tetap berperan penting buat perekonomian kita, lho!

BUMS punya ciri-ciri khas, loh. Pertama, tentu aja modalnya sepenuhnya dimiliki oleh swasta, gak ada campur tangan pemerintah. Beda nih sama BUMN yang punya si pemerintah sebagai pemilik mayoritasnya. Selain itu, BUMS tuh lebih fokus ke profit, alias untung. Beda lagi sama BUMD yang lebih fokus pada pelayanan publik.

Oia, pembagian laba di BUMS itu juga adil, sesuai dengan porsi saham yang dimiliki pemegang sahamnya. Jadi, semakin banyak saham yang kamu punya, semakin gede juga bagian labanya. Menarik, kan?

Nah, satu lagi yang menarik, BUMS bisa lho jualan saham di pasar modal. Jadi, kalo kamu punya BUMS, kamu bisa bikin sahamnya terdaftar di bursa, dan orang lain bisa beli saham BUMS kamu itu. Keren, kan?

Oiya, kalo kamu belum paham apa itu BUMN dan BUMD, gak usah khawatir. Aku kasih tau nih perbedaannya. BUMN itu Badan Usaha Milik Negara, jadi punya pemerintah. Nah, BUMD itu Badan Usaha Milik Daerah, jadi punya pemerintah daerah. Jadi, intinya sih BUMS ini paling berbeda karena gak punya hubungan langsung sama pemerintah.

Sebenernya, ada banyak banget contoh BUMS di Indonesia, tapi sayangnya aku gak bisa ceritain semuanya dalam satu paragraf ini. Tapi tenang, kamu bisa cari di Google banyak kok!

Oke, udah cukup ya penjelasan santainya. Semoga jadi lebih paham tentang BUMS sekarang. Jangan ragu-ragu buat bertanya lagi kalo masih penasaran, ya! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Salam hangat dari Sobat Ekspektasia!

Baca Juga Dong  Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar untuk Buku dan Karya Tulis Ilmiah

Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.