Arti Caption yang Wajib diketahui Oleh Anak Gaul Zaman Now

Bagi kamu yang punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya, tentu sering membuat posting foto dan video. Bahkan pada konten yang diposkan, kamu kerap memberikannya caption. Nah, apa sih arti caption itu sendiri? Caption seperti apa yang sering digunakan netter? Simak artikelnya berikut ini.

Arti Caption dan No Caption di dalam Facebook

arti caption
Sumber Gambar: techspot.com

Caption adalah penjelasan yang disisipkan pada sebuah gambar. Kata ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pada dunia jurnalistik atau fotografi, caption didefinisikan sebagai keterangan untuk mendeskripsikan gambar yang ditampilkan.

Kalau kamu melihat arti kata caption di Microsoft Word, akan ditemukan penjelasan bahwa caption merupakan perintah untuk memberikan tambahan keterangan. Tambahan keterangan ini bisa disematkan pada sebuah gambar, tabel maupun objek lainnya.

Nah, untuk anak gaul yang kekinian, caption sendiri merupakan istilah dalam media sosial yang digunakan untuk disisipkan pada sebuah gambar atau video yang berisi keterangan maupun cerita yang mewakili objek yang diambil pada potret.

Gambar kemudian dibagikan dengan harapan orang akan mengerti maksud dari sudut gambar yang ditampilkan lalu mereka menyukai tidak hanya dari fotonya saja, tapi juga dari kata-katanya. Contohnya, seseorang membagikan foto ketika memancing di danau dengan pemandangan yang indah. Kemudian caption foto, “Mancing mania! Mantap! Semoga kali ini hasilnya memuaskan.”

Berdasarkan keterangan yang ditulis pada foto itu, bermakna bahwa ia berharap akan ada ikan yang memakan umpan pada pancingannya. Harapannya, orang-orang akan berbondong-bondong memberikan like dan komentar pada akun media sosialnya.

Memberikan keterangan pada sebuah foto sebetulnya tidak terbatas oleh gambar apa yang dibagikan. Melainkan semua tergantung pada apa yang dipikirkan orang yang akan mengeposkannya.

Meskipun tidak ada kaitannya sekalipun, jika orang tersebut berkenan maka kata-kata apa saja bisa dimuat di sana. Selama masih bijak dalam menggunakan kata-kata dan bahasa, serta tidak melanggar UU ITE yang berlaku di Indonesia, apapun yang hendak ditulis masih sah-sah saja.

Kebanyakan orang, kini membagikan gambar lengkap dengan keterangan berupa quote yang menyentuh hati. Terkadang juga menceritakan bagaimana kisah dibalik gambar yang mereka ambil. Namun yang kini sedang tren juga adalah posan dengan sisipan kalimat “no caption”.

Mungkin kita akan heran, ya. Di sana dikatakan “no caption”, namun kalimat tersebut merupakan caption itu sendiri. Walau sepintas tidak begitu menarik, tapi pos sejenis itu cukup membuat geli para netter lainnya.Tak ayal hal ini pun lambat laun menjadi fenomena yang banyak diikuti orang demi sebuah popularitas.

Arti kata Just Caption

arti caption fb
Sumber Gambar: entrepreneur.com

Just Caption juga kini tengah ramai dipakai untuk disisipkan di dalam pos zaman now. Kata-kata ini memiliki arti “Hanya Keterangan” dalam bahasa Indonesia. Namun, biasanya disisipkan pada caption gambar yang menggelikan, tanpa makna yang jelas dan hanya si pengguna yang tahu maksudnya.

Kadang caption ini digunakan pula untuk menyindir seseorang. Kata “Just Caption” seolah-olah menjadi ‘cubitan’ tersendiri bagi pembaca agar tersadar dan jangan terlalu larut ke dalam postingan tersebut.

Contoh kasus, misalnya ada seseorang yang memposting politikus atau anggota dewan yang tengah tertidur di forum rapat. Kemudian dia memberi keterangan, “jangan pikirkan penderitaan rakyat, Pak. Itu berat. Biar kami saja. Semoga mimpi indah, ya Pak..” dengan nada guyon yang nyeleneh.

Kalau orang yang bersangkutan mengetahui hal tersebut, mungkin dia akan tersingung. Dengan begitu, harus ditambahkan “just caption” agar yang disindir tidak marah karena yang dibacanya hanya sebuah tulisan dibawah gambar dengan tujuan menghibur netter.

Dengan kata lain, kalimat ini dituliskan untuk menandakan bahwa keterangan pada posting tersebut bukanlah sesuatu yang penting dan bersifat menghibur. Anak remaja zaman n­ow, kebanyakan menggunakan kata-kata itu kalau caption mereka terdengar lebih bijaksana ketimbang caption-caption lainnya yang pernah mereka post.

Arti No Caption Needed

arti caption instagram dan facebook
Sumber Gambar: tribunnews.com

Kerap kali kita suka lihat teman-teman atauakun yang kita follow membuat posting sesuatu yang disisipi, “No Caption Needed”. Sebenarnya No Caption Needed artinya dalam bahasa Indonesia adalah tidak perlu teks atau tidak perlu disisipkan kata-kata.

Padahal biasanya orang yang menggunakan ini, bukan hanya karena tidak ada ide untuk sekadar menceritakan apa yang tengah dialami. Melainkan dalam foto atau gambar yang ditampilkannya tersebut sudah menceritakan segalanya yang tidak perlu diungkapkan lagi melalui katakata. Jadi orang tak harus banyak menulis untuk menggambarkan perasaan saat posting gambar.

Hal ini yang membuat foto tersebut memiliki nilai lebih dalam dan lebih berarti dari yang lainnya. Seperti misalnya foto kebahagiaan bersama pasangan, video tingkah laku anak kecil yang menggemaskan, atau meme yang di dalamnya sudah terdapat kata-kata.

Biarkan para followers sendiri yang menilai bagaimana ekspresi, situasi dan kondisi apa yang tengah di posting itu. Caption semacam ini semakin populer dengan ditambah hashtag dengan harapan apa yang mereka bagikan akan banyak yang mendapatkan like dan menjadi viral.

Kalau sudah viral, kamu bisa jadi terkenal. Gampang sekali, hanya dengan memberikan kata-kata singkat semacam ini, gambar yang kamu posting berpeluang dilihat jutaan orang.

arti caption ig
Sumber Gambar: 6am-group.com

Namun pada sebagian netter, menggunakan kata-kata tersebut adalah suatu hal yang ironis. Lantaran ketika seseorang tidak butuh kata-kata untuk menuliskan sesuatu, lalu mengapa dia menuliskannya? Hal demikian dianggap sebagai kurang kerjaan, tidak penting, dan hanya sekedar mencari sensasi saja.

Terlebih jika foto yang di-update­-nya itu hanya foto selfie wajah tanpa background dan angle yang bagus. Kamu sebagai netter yang aktif di dunia maya, terutama yang katanya anak gaul zaman now, lebih suka mem-posting denga caption seperti apa?

Jadikan arti caption pada setiap posting-an mu banyakmenginspirasi. Buatlah caption yang punya makna bermanfaat dan tidak mengandung SARA, hoax bahkan ujaran kebencian ya, guys!

Demikian penjelasan tentang arti caption, semoga bisa membantu. Terima kasih sudah mampir ke web ekspektasia. Sukses terus guys!

Tinggalkan komentar