101 Tempat Wisata Malang yang Hits dan Antimainstream yang Asik untuk Dikunjungi

TEMPAT WISATA MALANG – Musim liburan gini akan terasa seru jika kita berlibur ke tempat wisata bersama keluarga, saudara, sahabat, atau mungkin suami/istri baru kamu untuk honey moon hehe.

Berlibur itu tidak harus ke luar negeri, tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup di dalam negeri aja, karena banyak banget tempat wisata keren yang ada di Indonesia kita tercinta ini.

Nah salah satu tempat wisata favorit para wisatawan adalah Kota Malang! Yaps, kota ini berada di provinsi Jawa Timur.

Jika kita berbicara kota Malang, maka tidak akan habisnya kita membahas tentang tempata wisata yang ada di dalamnya. Di kota ini kita bakalan nemuin banyak banget tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, mulai dari wisata pantai, wisataair terjun, wisata pendidikan, hingga wisata permainan untuk sekedar seru-seruan.

Dengan banyaknya tempat wisata yang ada di Malang ini, menjadikan daerah Malang sebagai tujuan wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Pada kesempatan kali ini kami akan share beberapa tempat wisata keren di Malang dan sekitarnya, dijamin pengen langsung berangkat!

Sekilas Tentang Malang

Tempat wisata malang yang keren
Image source: indonesia.tripcanvas.co

Kawasan Malang dikelilingi oleh pegunungan di sekitarnya dan juga dipercantik dengan adanya pantai di selatan Malang. Kondisi ini membuatnya memiliki banyak tempat-tempat bagus yang dijadikan sebagai tepat wisata.

Sudah sejak lama Malang ini terkenal dengan daerah penghasil apel. Yaps, apel Malang. Bahkan kota ini mendapat julukan sebagai Kota Apel. Apel ini menjadi salah satu identitas atau ciri khas bagi Malang.

Sudah tidak asing lagi bahwa Malang ini menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang keren, unik, dan menarik untuk dikunjungi oleh setiap orang. Destinasi wisata yang ada mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga taman untuk bermain.

Banyaknya tempat wisata atau tempat bermain di Malang ini memikat banyak wisatawan yang menunjungi Malang, wisatawan yang datang pun tidak hanya domestik saja, tetapi juga banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Tempat Wisata Malang yang Keren dan Menarik untuk Dikunjungi

Malang memiliki daya tarik dengan berbagai keindahan yang ada di dalamnya, sehingga kawasan Malang ini sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan tempat wisata selamaliburan.

Langsung saja, berikut ini merupakan destinasi atau tempat wisata Malang yang asik untuk kamu kunjungi jika ingin berlibur ke Malang.

Museum Angkut

tempat wisata malang
Image source: commons.wikimedia.org

Pernah denger nama Museum Angkut? Yaps, inilah museum yang wajib kamu kunjungi di Malang. Kamu belum disebut sebagai pecinta kendaraan jika kamu belum pernah datang ke museum angkut ini.

Museum Angkut ini menjadi tempat wisata Malang yang sangat menarik. Ada berbagai macam jenis transportasi atau kendaraan yang unik di Museum ini, baik kendaraan dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, juga ada banyak banget spot foto yang pastinya keren dan instagram-able. Spot-spot ini bisa banget kamu gunakan untuk berfoto atau selfie.

Jika kamu ingin berkunjung ke Museum Angkut pada hari Senin Hingga Kamis, maka cukup membayar tiket masuk sebesar 70 ribuan perorang, sedangkan kalau kamu datang pada Jumat hingga Minggu, maka kamu perlu membayar harga tiket sebesar 90 ribuan.

BNS (Batu Night Spectacular)

tempat wisata malang yang hits
Image source: IlaRizky.com

Tempat wisata Malang yang satu ini hanya bisa kamu kunjungi pada malam hari saja, yaps, sangat berbeda dengan tempat wisata yang lain umumnya hanya buka pada pagi hingga sore hari.

BNS mempunyai banyak wahana permainan seru yang asik dimainkan di malam hari, mulai dari permainan anak-anak hingga dewasa.

Batu Night Square ini akan sangat seru untuk dikunjungi degan hiasan-hiasan lampu dan lampion  garden yang begitu cantik. Tak heran jika lampu-lampu yang ada di BNS ini selalu dijadikan sebagai background untuk berfoto.

Kalau kamu ingin merasakan keseruan BNS ini, maka kamu harus membayar tiket masuk sebesar 20 ribuan pada Senin sampai Kamis, sedangkan jika berkunjung pada Jumat hingga Minggu, maka kamu harus membayar tiket masuk sebesar 30 ribuan.

Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata Malang yang berada di Jalan Kartika No. 2, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat menjadi salah satu destinasi atau tempat wisata Malang yang sangat terkenal di Malang (Batu). Sehingga kami rasa tempat ini akan wajib kamu kunjungi jika berada di Malang.

Ada banyak permainan asik dan seru yang akan kamu temukan di tempat ini, seperti waterparkagropark, wahana edukasi, kuliner, dan masih banyak hal-hal unik dan seru lainnya. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 60 ribuan perorang untuk bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan oleh Jatim Park ini.

Jatim Park 2 dan Eco Green Park

Tempat wisata malang selanjutnya yang seru dan sangat recommended untuk dikunjungi adalah Jatim Park 2.

Kok ada Jatim Park 1 sama Jatim Park 2? Apa bedanya sih?

Nah bagi kamu yang beum tau, sebagai informasi aja bahwa Jatim Park 1 itu lebih mengedepankan konsep edukasi atau pendidikan yang berbasis teknologi, kimia, fisika, dan biologi, sedangkan Jatim Park 2 sendiri lebih fokus kepada bidang biologi.

Karena berfokus pada bidang Biologi, maka di Jatim Park 2 kebanyakan adalah tentang fauna. Jatim Park 2 ini juga dikenal dengan nama Batu Secret Zoo, jika dibandingkan dengan Batu Night Spectacular, maka lokasinya berada di dalam satu jalur yang sama.

Di tempat wisata Jatim Park ini juga terdapat wahana Museum Satwa dan juga Eco Green Park. Di wahana ini, kamu akan menemukan banyak sekali pembelajaran dan pengetahuan tentang berbagai jenis fauna yang ada. Ada juga berbagai macam wahana edukasi atau pengetahuan seperti adanay hutan buatan atau taman-taman indah yang lainnya.

Jika kamu ingin menikmati swmua wahana yang ada di Jatim Park 2 ini, maka kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 75 ribuan untuk Senin sampai Kamis, sedangkan pada hari Jumat sampai sabtu sekitar 105 ribuan.

Alun-Alun Batu

tempat wisata malang
Image source: malangpunya.com

Alun-alun Batu sendiri menyediakan berbagai macam permainan layaknya mini playground seperti air mancur, bianglala, serta indahnya kerlap-kerlip lampu yang dipasang.

Di tempat ini juga kamu bisa mencicipi berragam kuliner khas Malang yang lumayan terkenal khusus buat kamu para pecinta kuliner.

Coban Rondo dan Taman Labirin

Jika kamu pernah mendengar nama ini, maka kamu harus tahu bahwa Coban Rondo ini adalah sebuah nama wisata air terjun yang sudah sejak lama terkenal di Indonesia.

Coban Rondo memiliki suasana alam yang sangat sejuk dan asri yang bisa menjadi daya tarik utama kepada para turis yang datang.

Ada juga taman baru yang saat ini sedang hits di kawasan Coban Rondo ini, yaitu bernama Taman Labirin Coban Rondo.

Taman Selecta

Sekitar 4 kilometer dari kota Batu, kamu akan menemukan sebuah tempat yang paling pas dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, yaitu Taman Selecta.

Taman Selecta ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan tentunya sangat memanjakan mata. Udara yang ada di tempat ini pun sangat sejuk, sehingga akan membuat kamu merasa rileks dan nyaman berada di tempat ini.

Hawaii  Waterpark

Destinasi wisata yang satu ini bernama Hawaii Waterpark, tentunya dengan mengusung tema permainan air dan Hawaii sesuai dengan namanya.

Ada banyak wahana yang disediakan di tempat wisata Malang yang satu ini, seperti Hawaii Water house, Mavi Island, Rainbow Fall, dan juga masih banyak yang lainnya yang bisa kamu nikmati untuk sekedar bersenang-senang.

Jika ingin menikmati segala wahana yanada di dalamnya, maka kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 75 ribuan di hari Senin hingga Kamis, sedangkan hari Jumat hingga Minggu maka harganya jadi 100 ribuan.

Pantai Balekambang

Tentu saja Malang terkenal dengan pantainya yang indah, dan salah satu pantai yang cukup terkenal di Malang adalah Pantai Balekambang. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri berupa pemandangan yang sangat indah bisa menarik para turis untuk berkunjung ke tempat ini.

Di pantai ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan antara pantai ke sebuah pulau kecil bernama Pulau Ismoyo, yang mana pulau tersebut memiliki sebuah pura yang menjadi ikon di  pantai Balekambang.

Pemandian Air Panas Cangar

Jika kamu berkunjung ke tempat ini pada akhir pekan, maka akan ada banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, sehingga akan sangat ramai.

Pemandian air panas di tempat ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga bisa kamu jadikan untuk membantu mengobati penyakit kulit.

Batu Wonderland

Batu Wonderland ini berada tidak terlalu jauh dari alun-alun Batu. Yaitu berada di kompleks hotel, tempat bermain, tempat belanja, dan mini waterpark. Jika amu ingin membeli oleh-oleh khas Malang, maka di tempat ini juga terdapat sebuah pusat perbelanjaan.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep dikenal sebagai Lombok-nya Malang. Yaps, mmang pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dan tidak kalah indah dengan pantai Balekambang.

Pantai Tiga Warna

Kawasan Tempat wisata Malang selanjutnya yaitu Pantai Tiga Warna, dimana kawasan pantai ini dikelilingi oleh tebing yang berwarna hijau dan juga semak belukar yang terlihat sangat cantik.

Disebut dengan nama Pantai Tiga Warna ini karena memang warna air lautnya tampak mempunyai tiga warna, yaitu warna biru pada air laut bagian dalam, hijau pada bagian laut dengan kedalaman sedang, dan jernih di garis pantainya.

Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Bagi kamu yang punya jiwa petualang, maka Pantai ini sangat cocok bagi buat kamu kunjungi. Selain itu, airnya yang jernih dan ombak yang tidak begitu besar akan membuat kamu tertarik untuk bermain di dalam air bersama ikan-ikan kecil yang indah.

Di seberang pantai Sendang Biru ini juga terdapat Pulau yang dinamakan Pulau Sempu yang juga memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk mencapai pulau ini maka ada perahu khusus yang akan mengangkut kamu untuk sampai di sana.

Tempat Wisata Malang Bromo

tempat wisata malang
Image source: wallpapers13.com

Salah satu tempat Wisata Malang yang menjadi favorit bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan luar negeri adalah Gunung Bromo Jawa Timur.

Ada banyak hal yang menjadi daya tarik Gunung Bromo ini, salah satunya adalah keindahan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Selain itu, masih banyak spot di sekitar gunung Bromo yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Berbagai tempat wisata di gunung Bromo bisa kita kunjungi dengan menaiki kendaraan yang memiliki tipe 4 wd seperti land cruiser, hartop atau jeep toyota. Nah buat kamu yang mau pergi kesana tapi bingung gimana caranya, jagan khwatir, kamu bisa memakai jasa paket tour Bromo yang mudah dan murah tentunya.

Tempat Wisata Malang Lainnya

Omah Kayu, Museum Brawijaya, Taman Sengkaling, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, Predator Fun Park, Alun-Alun Kota Malang, Alun-Alun Tugu Balai Kota, The Bagong Adventure Museum Tubuh, Masjid Tiban, Museum Malang Tempo Doeloe, Wisata Paralayang, Kebun Teh Wonosari, Waduk Selorejo, Coban Talun, Coban Rais dan Bukit Bulu dan Batu Flower Garden, Kampung Warna Warni Jodipan, Sumber Maron, Taman Rekreasi Tlogo Mas, Taman Merjosari, Sumber Sirah, Coban Nirwana, Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi, Pantai Batu Bekung, Taman Kelinci, Coban Sewu, Pantai Sendiki, Pantai Selok dan Banyu Meneng, Pantai Kedung Celeng, Coban Gintung, Sumber Krabyakan, Coban Pelangi, Wendit Waterpark, Rafting Kaliwatu, Candi Singosari, Coban Jahe, Pemandian Kalireco, Wisata Songgoriti, Coban Tundo, Pasar Apung Nusantara, Museum Topeng, Kampung, Keramik Dinoyo, Pantai Sipelot dan Coban Sipelot, Pantai Lenggoksono dan Coban Banyu Anjlok, Wisata Petik Apel, Coban Sumber Pitu, Pantai Ungapan.

Agro Tawon (Wisata Panen Madu), Teluk Kletekan, Bendungan Karangkates, Candi Badut, Waduk Andeman, Malang Night Paradise, Cafe Sawah Pujon Kidul, Hutan Kota Malabar, Ijen Boulevard, Taman Cerme atau Taman Terompet, Taman Bentoel (Taman Cerdas) Trunojoyo, Taman Kunang-Kunang, Taman Merbabu (Taman Nivea), Taman Slamet.

Di kota Malang pun terdapat beberapa wisata alam yang menarik seperti Coban Jodo, Coban Cinde, Coban Kethak, Coban Ringin Gantung, Pantai Modangan, Pantai Clungup, Pantai Kondang Merak, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Kondang Iwak, Pantai Kaliapus, Pantai Licin, Pantai Savana.

Tinggalkan komentar