Pengertian Norma

Norma dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu hal yang sangat penting. Tanpa adanya norma, kehidupan tentu menjadi kurang berjalan baik. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami mengenai norma secara lengkap. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari.

Bagaimana mungkin masyarakat bisa hidup dengan baik tanpa norma yang benar? Karena itu, pemahaman mengenai hal ini sangat penting untuk diberikan. Terutama, untuk bisa diberikan sejak dini agar dapat memahami lebih dalam. Untuk lebih jelasnya, akan kami bahas secara lengkap mengenai pengertian norma.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

pengertian norma menurut para ahlinya
jagad.id

Beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing mengenai pengertian dari norma. Berikut beberapa pendapatnya:

Bagja waluyo

Menurutnya, norma ialah wujud atau bentuk yang nyata dari sebuah nilai untuk menjadi acuan serta pedoman dalam berperilaku bagi setiap manusia. Jadi, hal ini akan mempengaruhi tingkah dan laku manusia.

Craig Calhoun

Normal merupaan aturan atau pedoman yang berisikan tentang bagaimana seseorang bertindak. Terutama, untuk tindakan pada situasi-situasi tertentu yang akan dilakukan oleh orang tersebut.

Ariefa Efianingrum

Menurut dirinya, norma ialah aturan baik secara tertulis atau tidak yang berfungsi untuk pedoman dalam bertindak. Serta, menjadi toal ukur dalam sebuah perbuatan yang akan dilakukan.

Ferdy Roring

Norma adalah sebuah konvensi sosial yang berguna untuk mengatur suatu kehidupan manusia. Dengan begitu, manusia bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik dan memiliki rasa nyaman.

Robert M. Lawang

Menurutnya, norma adalah sebuah acuan yang akan digunakan dalam bertingkah laku untuk memberikan tindakan bagi seseorang terhadap yang dilakukannya. Bisa dalam bentuk dukungan atau penolakan.

Ciri Ciri Norma

pengertian dan ciri ciri norma
eduspensa.id

Setelah anda mengetahui pengertian norma, maka harus memahami juga ciri-cirinya. Berikut ini ciri-ciri dari norma:

Tidak Tertulis

Norma secara umum memang tidak tertulis, meskipun begitu tetap harus di taati. Karena, ini di hasilkan dari persetujuan masyarakat mengenai aturan atau hal yang akan membuat lingkungan menjadi nyaman. Bila ada salah satu yang kurang berkenan, tentunya proses ini tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Karena itulah, meskipun tidak tertulis namun norma masih harus tetap dihargai. Jangan anggap sepele mengenai permasalahan yang berkaitan dengan norma. Karena, jika hal ini tetap dilanjutkan tentu akan menjadikan masalah kedepannya. Untuk itu, ada baiknya anda memahami hal ini secara benar.

Baca Juga Dong  Pengertian Penduduk, Pertumbuhan Penduduk, dan Istilah dalam Kependudukan [LENGKAP]

Melanggar Akan Mendapatkan Sanksi

Layaknya sebuah aturan, bagi mereka yang melanggar norma tentu akan diberikan hukuman. Bahkan, untuk hukuman yang diberikan tidak main-main. Melainkan, memiliki tingkat hukuman yang juga tinggi. Mengapa hal ini harus diterapkan? Karena, untuk membuat masyarakat menjadi lebih tertib.

Kehidupan yang dilalui dengan atau tanpa adanya norma tentu akan sangat berbahayal. Karena, bisa menyebabkan berbagai macam kejadian terjadi. Untuk itu, setiap norma yang berlaku juga memiliki sanksi jika tidak ditaati. Ciri ini hampir ada pada semua norma yang berlaku.

Dibuat Secara Bersama

Adanya norma tentu bukan tanpa alasan. Bahkan, untuk dibuatnya norma ini secara sadar dan bersama. Jadi, semua hal yang berkaitan dengan aturan atau kebijakan juga harus ditaati. Sebagai mana, telah dibuat secara bersama-sama untuk satu tujuan. Norma yang tidak dibuat secara bersama tentu buakn norma.

Atau, bisa saja disebut sebagai norma. Namun, hanya pada kelompok orang tertentu saja. Jika dalam kehidupan, norma tentu sangat diperlukan. Tidak akan berjalan dengan baik kehidupan bermasyarakat jika tidak menerapkan norma dengan baik. Karena itu, ciri dari norma ini akan selalu ada sampai kapanpun.

Dapat Menyesuaikan Perubahan Sosial

Meski sudah ada sejak dahulu, faktanya norma masih digunakan sampai sekarang. Apa alasan yang mempengaruhi hal ini? Tepat sekali, dapat menyesuaikan perubahan sosial. Karena, perkembangan berjalan dengan sangat cepat. Jika norma tidak dilakukan penyesuaian, tentu akan menjadi ketimpangan.

Jadi,ada baiknya untuk setiap norma yang ada agar bisa menyesuaikan pada perubahan sosial. Jika tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan sosial, tentu akan menjadi masalah. Karena, seharusnya inilah yang bisa diterapkan dalam kehidupan bersosial. Bukan mengenai aturan yang ditentukan sendiri. Namun, bisa menjadi solusi secara bersama-sama.

Adanya Dukungan

Sebuah norma yang berjalan pada masyarakat tentu bukan tanpa alasan. Melainkan, terdapat dukungan dari banyak pihak. Dengan adanya dukungan, dapat membantu seseorang lebih memahami fungsi aturan tersebut. Setidaknya, banyak masyarakat harus setuju mengenai dukungan ini.

Bagaimana bisa norma berjalan tanpa adanya dukungan? Tentu hal ini tidak bisa dilakukan. Jadi, untuk itu sangat dibutuhkan sebuah dukungan dari norma. Jika terdapat dukungan yang banyak, norma bisa berjalan dengan baik. Kemudian, dapat menentukan arah dari perjalan norma untuk kepentingan bersama dalam bermasyarakat.

Fungsi Norma Di Dalam Kehidupan Masyarakat

fungsi norma dalam kehidupan sehari hari
duniapendidikan.co.id

Norma di dalam kehidupan masyarakat jelas memiliki fungsi yang begitu penting. Ini dia beberapa fungsinya:

Baca Juga Dong  Pengertian Penduduk, Pertumbuhan Penduduk, dan Istilah dalam Kependudukan [LENGKAP]

Menciptakan Ketertiban

Norma sudah pasti menjadi hal yang sangat wajar untuk di terapkan dalam sehari-hari. Terutama, pada lingkungan yang bermasyarakat. Sangat penting untuk bisa menerapkan norma, karena akan menciptaka ketertiban. Tentunya, semua masyarakat ingin hidup dengan tertib, aman dan nyaman.

Bagaimana caranya? Dengan adanya norma yang berlaku, maka semua hal tersebut bisa dicapai. Memang tidak mudah untuk menerapkan ini kepada lingkungan. Tetapi, efeknya sangat besar untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, penggunaan norma tentunya begitu penting dalam peran menciptakan ketertiban.

Membantu Mencapai Tujuan Bersama

Setiap lingkungan selalu berusaha untuk bisa hidup secara dalam. Berbagai cara mungkin telah dilakukan, tetapi akan banyak sekali kendalanya. Apakah selama ini sudah menerapkan fungsi dari norma yang berlaku? Ternyata, norma juga memiliki peran yang begitu penting. Pemahaman mengenai norma dalam masyarakat memang sangat rendah.

Dengan adanya norma yang berlaku, setiap masyarakat bisa memahami ketentuannya. Jadi, tujuan yang di inginkan oleh setiap keluarga tentu akan menjadi bisa terwujud. Bukankah hal ini sangat penting? Tentunya sangat penting, karena itu fungsi ini harus bisa diwujudkan dengan adanya norma yang berjalan.

Mengatur Tingkah Laku Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup secara mandiri. Semuanya harus memiliki hubungan dengan manusia yang lainnya. Cara termudahnyak, bisa dengan berhubungan baik dengan masyarakat. Caranya, dengan penerapan dari norma ini. Fungsinya, bisa mengatur tingkah laku masyarakat dengan beberapa ketentuan.

Sebagai contoh, untuk keluar masuk tamu pada setiap rumah. Selain itu, untuk pertemuan yang berlangsung maka tidak boleh terlalu lama. Serta, masih banyak hal lainnya yang harus dipahami secara mendalam. Dengan adanya hal ini, maka tingkah laku dari masyarakat akan menjadi lebih baik dan terarah.

Menjadi Dasar dan Acuan Sanksi dalam Bermasyarakat

Fungsi dari norma selanjutnya bisa menjadi dasar dan acuan untuk sanksi dalam bermasyarakat. Kita semua tahu, bahwa hidup bermasyarakat tidaklah mudah. Melainkan, harus memahami secara lengkap terlebih dahulu. Kemudian, bisa mengikuti aturan yang berlaku pada setiap lingkungan.

Jika aturan tersebut di langgar, maka sudah harus siap menerima sanksinya. Jangan sampai, aturan tersebut dilanggar namun tidak mendapatkan sanksi. Karena, hal ini akan membuat kondisi menjadi tidak adil dan justru menjadi keributan. Untuk itu, norma sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Menjadi Petunjuk Bagi Masyarakat

Satu hal yang penting dengan adanya norma yaitu bisa menjadi petunjuk. Ya, dengan adanya norma maka akan menjadi petunjuk terhadap apa yang harus dilakukan. Saat masyarakat belum memahami pentingnya norma, disinilah sudah seharusnya mulai diterapkan. Petunjuk dalam hal ini yaitu dengan keperluan yang baik.

Baca Juga Dong  Pengertian Penduduk, Pertumbuhan Penduduk, dan Istilah dalam Kependudukan [LENGKAP]

Norma akan mampu untuk memberikan petunjuk mengenai apa yang seharusnya dilakukan saat bersosial. Serta, bagaimana dapat membangun relasi agar lebih baik lagi dalam lingkungan bermasyarakat. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Jenis Jenis Norma Dalam Masyarakat

jenis jenis dan pengertian norma dalam masyarakat
moondoggiesmusic.com

Norma terbagi menjadi beberapa jenis dan perlu untuk anda pahami semuanya. Berikut jenis jenis dari norma masyarakat:

Norma Hukum

Dalam menjalani kehidupan, norma hukum tentu sanatlah diperlukan. Norma huklum ialah ketentuan yang dibuat oleh pejabat berwewenang untuk bersifat melindungi kepentingan bersama. Terutama, untuk mengatur masyarakat agar menjalani kehidupan dengan layak dan berjalan baik. Contohnya, dengan pembuatan pasal – pasal tertentu yang bersifat melindungi masyarakat.

Norma Agama

Norma agama merupakan ketentuan hidup yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Essa. Berisikan mengenai perintah, ajaran maupun larangan yang harus di taati. Setiap orang tentu memiliki agamanya masing-masing. Jangan jadikan ini sebagai perbedaan dalam permusuhan. Namun, tetap memilik toleransi untuk bisa hidup secara bersama-sama. Contoh dari norma ini yaitu menghormati orang lebih tua, berbuat baik pada semua orang dan lainnya.

Norma Kesusilaan

Merupakan peraturan hidup yang bersumber dari hati nurani manusia. Dalam menentukan hal ini, akan bisa memahami mana yang baik dan tidak. Dengan begitu, kehidupan akan berjalan dengan baiik. Sejatinya, hal ini lah yang memang sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan agar lebih baik. Contohnya yaitu tidak mencuri uang miliki orang lain, menjaga sifat jujur, menghormati sesama atau yang lainnya.

Norma Kesopanan

Norma kesopanan juga menjadi bagian yang penting dalam sehari-hari. Dengan memiliki nilai kesopanan, maka membuat diri menjadi lebih siap dalam bersosial. Norma ini harus dipahami oleh semua keluarga. Norma kesopanan bersumber dari pergaulan masyarakat atau lingkungan tersebut. Sebagai contoh, saat akan meminta bantuan harus permisi terlebih dahulu. Kemudian, harus bisa menghormati satu sama lainnya.

Norma Kebiasaan

Kebiasaan merupakan pola yang dilakukan secara berulang. Dengan adanya hal ini, maka harus memahami mengenai pentingnya kebiasaan yang baik. Kebiasaan yang baik akan membuat hubungan dalam bermasyarakat menjadi lebih baik. Satu hal kecil, yaitu tidak membuat ludah secara sembarangan. Kemudian, saat batuk harus di tutup dengan tangan agar tidak menyebar dan menghormati lainnya.

 

Begitulah pengertian norma secara lengkap yang harus anda pahami. Sekarang,anda sudah memahami secara benar ya? Karena itu, alangkah baiknya untuk bisa memahami semua norma tersebut. Kemudian, bisa di implementasikan dan dijadikan acuan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.