Fakta Anak Pertama Laki-laki dan Perempuan ini Wajib Kamu Ketahui

FAKTA ANAK PERTAMA – Anak pertama tentunya adalah menjadi anak yang paling besar secara umur di keluarga. Ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan menjadi seorang anak pertama.

Kamu adalah anak pertama? Atau kamu sedang mencari jodoh anak pertama? Hehehe. Ada baiknya kamu baca dulu artikel di bawah ini.

Oh iya sebelum ke artikel, coba deh tonton dulu video dari Net Entertainment News ini mengenai “Psikologi karakter anak sulung dan anak kedua”.

Gimana? Yasudah lanjut baca artikel berikut ini deh.

Sifat dan Fakta Anak Pertama

fakta anak pertama
instamoz.com

Menurut Wikipedia bahwa anak sulung adalah anak tertua atau anak pertama dari sepasang orang tua. Anak sulung dapat menjadi anak tertua tapi bukan anak pertama jika ibunya melahirkan anak (-anak) sebelumnya tetapi tidak ada yang masih hidup. Seorang anak sulung juga dapat dikatakan anak pertama, namun bukan anak tertua jika ia memiliki saudara tiri yang lebih tua darinya.

Kelahiran anak pertama merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Ada pasangan yang mempercepat kehamilan, tapi ada juga yang menundanya.

Berikut ini beberapa sifat dan fakta anak pertama yang memang perlu kamu ketahui:

#1 Fakta Anak Pertama – Dilahirkan untuk belajar sendiri

Anak pertama merupakan anak yang lahir pertama kali dari rahim ibu yang sehat. Mereka (anak pertama) banyak belajar dari pengalaman hidupnya sendiri, kemudian ia akan membagikan pengalamannya tersebut kepada adik-adiknya agar tidak mengalami hal yang sama seperti dirinya.

Umumnya, pengetahuan dan juga pengalaman yang dia alami adalah merupakan pengalaman hidup yang banyak ia hadapi pada sebuah tantangan bahkan cobaan yang memaksa dirinya untuk melewati kerikil-kerikil tajam di perjalanan hidupnya.

Dia, anak pertama, akan lebih terlihat pintar dan jago dibandingkan dengan adik-adiknya, kenapa? Hal ini karena anak pertama merupakan seorang pembelajar alami, dia terlahir pertama yang sebelumnya tanpa teman di keluarga, sehingga serta terbiasa dengan belajar secara mandiri.

#2 Fakta Anak Pertama – Memiliki sifat yang baik

Anak pertama adalah anak yang memiliki perilaku yang sopan dan perhatian terhadap adik-adiknya, sehingga jarang kita temui anak pertama perilaku nakal.

Perilaku ini secara tidak langsung terdidik karena dia lebih sering berinteraksi langsung dengan kedua orang tuanya sebelum mengambil sebuah keputusan. Dan baginya, setiap apa yang dia lakukan maka akan dicontoh oleh adik-adiknya.

#3 Fakta Anak Pertama – Kalo lagi ngambek, maka dia akan diemin kita

Anak sulung biasanya akan lebih memilih untuk diam saat ia sedang marah atau ngambek, atau bahkan jika ada sesuatu yang membuatnya kesal. Apalagi kalau si sulung perempuan, kan jadi horor kalau diem begitu.

#4 Fakta anak pertama – Terlahir sebagai seorang pemimpin alami

Anak pertama merupakan anak yang secara tidak langsung terdidik Sebagai seorang pemimpin, tanpa kita sadari bahwa anak pertama akan menjadi panutan atau contoh bagi adik-adiknya.

Jiwa kepemimpinan tersebut muncul akibat dari dia terbiasa dengan rasa tanggung jawab misalnya pada saat orang tuanya meminta dirinya untuk menjaga adik-adiknya.

Seorang anak pertama memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Bahkan jika ada pada suatu kelompok, maka anak pertama akan tampak menonjol di dalam kelompok tersebut.

#5 Fakta Anak Pertama – Mempunyai kreativitas yang tinggi

fakta anak pertama
offspringmagazine.com.au

Beberapa orang dari kita mungkin tidak akan percaya tentang anak pertama mempunyai kreativitas yang tinggi. Anda akan menganggap bahwa kreativitas itu tidak ada hubungannya dengan urutan kelahiran.

Hal itu memang benar, namun secara tidak kita sadari bahwa anak pertama secara tidak langsung terdidik untuk menjadi seseorang yang kreatif, si anak dituntut untuk memikirkan segala sesuatu dalam kehidupan yang dijalani sendiri. Anak pertama juga terbiasa dengan permasalahan yang dihadapi sejak kecil.

Dari situlah muncul tingkat kreativitas bagi si anak pertama, kemudian jika dibandingkan dengan adik-adiknya, maka si anak pertama akan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi.

#6 Fakta Anak Pertama – Dia adalah seorang penyayang

Anak pertama akan menjadi panutan bagi setiap adik-adiknya, sehingga dia harus memberikan contoh yang baik kepada adik-adiknya agar senantiasa berbakti dan mencintai kedua orang tuanya. Dia terlahir untuk berjuang dan mencoba membahagiakan orang-orang yang ia cintai. Hal inilah yang membuat anak pertama menjadi penyayang dan sulit melupakan orang yang dia sayangi.

#7 Fakta Anak Pertama – Sangat bertanggung jawab tetapi mudah terkena stress

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa anak pertama memiliki tanggung jawab yang baik salah satu tanggung jawabnya yaitu dengan menjaga adik-adiknya sendiri.

Tanggung jawab yang dimiliki oleh anak pertama diberikan langsung oleh orang tua kepadanya maka hal ini harus hati-hati bagi si orang tua. Jangan terlalu banyak membebankan tanggung jawab kepada anak pertama Karena hal ini akan membuat anak pertama rentan stres. Orang tua juga jangan sampai menuntut tugas yang harus dilakukan secara sempurna karena ini juga akan memicu stres pada jiwa si anak.

Mengemban tanggung jawab tentunya memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh si anak sehingga hal ini juga bisa memicu stres pada anak.

#8 Fakta Anak Pertama – Selalu bersikap bijaksana

Bijaksana merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh anak pertama. Dia sering kali berperan sebagai konsultan dan bahkan seorang konselor bagi adik-adiknya, sehingga dia bisa memberikan saran yang bijak untuk adik-adiknya.

Di dalam kehidupan bersosial, sikap bijaksana yang dimiliki oleh anak pertama ini akan banyak membantu orang lain. Misalkan dalam sebuah kelompok telah terjadi konflik, maka biasanya anak pertama bisa menjadi penengah dari suatu permasalahan.

#9 Fakta Anak Pertama – Sangat perhatian

Kenapa anak pertama memiliki rasa perhatian yang besar? Hal ini dikarenakan mereka sering merasa mempunyai tanggung jawab terhadap adik-adiknya. Maka dari itu, dia akan memiliki perhatian yang lebih terhadap orang lain.

Sifat perhatian yang dimiliki anak pertama tersebut akan mudah memahami perasaan orang lain di sekitarnya. Maka dari itu anak pertama sangat cocok untuk dijadikan pasangan karena mereka memiliki perhatian yang lebih.

#10 Kepribadian yang egois dan keras kepala namun tetap care

fakta anak pertama
rd.com

Anak pertama terlahir duluan dari adik-adiknya, sehingga pada masa ini si anak pertama akan mendapatkan limpahan banyak kasih sayang dan manjaan dari kedua orang tuanya. Hal ini akan membuat si anak tersebut menjadi sedikit egois dan keras kepala.

Namun sikap egois dan keras kepala tersebut akan hilang seiring dia beranjak dewasa dan memiliki adik-adik.

#11 Fakta Anak Pertama – Paling rajin dan suka menolong

Menjadi anak pertama sekaligus anak tertua secara tidak langsung akan mendapat tanggung jawab yang lebih besar yang diberikan oleh orang tuanya. Maka hal inilah yang membuat si anak pertama menjadi paling rajin di antara adik-adiknya.

Kebiasaan baik ini akan terbawa saat si anak pertama terjun ke dalam kehidupan bermasyarakat. Karena sudah terbiasa dengan tanggung jawab dan juga sikap kedewasaannya, maka akan menjadikan dia menjadi orang yang peduli terhadap lingkungan dan juga suka menolong terhadap sesama.

#12 Cenderung memiliki watak melankolis

Meski setangguh apapun si anak pertama, ternyata sebenarnya dia memiliki hati yang lembut juga layaknya salju, bahkan dia juga terkadang cengeng dan suka menangis saat sesuatu yang buruk menimpa dirinya atau orang-orang tersayangnya.

#13 Fakta Anak Pertama – Selalu berusaha hidup mandiri

Kalau sifat yang ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi, dia terlahir sebagai anak pertama dan udah pasti dong dia terdidik untuk menjadi orang yang mandiri. Dirinya merupakan anak tertua dan dalam hidupnya ia tidak ingin menyusahkan kedua orang tuanya dan juga adik-adiknya.

#14 Sangat suka dengan travelling

Begitu banyaknya hal atau tanggung jawab yang harus dikerjakannya, maka si anak pertama biasanya lebih cepat jenuh dan stres. Hal inilah yang membuat mereka sangat suka untuk bepergian atau melancong atau shopping untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

#15 Bersifat dewasa dan santun

Anak pertama mempunyai sifat yang santun dalam dirinya, dia sudah sangat terlatih dalam menghadapi berbagai permasalahan hidupnya. Saat ada perdebatan dengan adiknya, maka si anak pertama akan bersikap dewasa dan cenderung untuk mengalah.

#16 Selalu menjadi andalan bagi banyak orang

Karena sudah terbiasa dengan bertangggungjawab, maka panggilan jiwanya akan lebih tampak saat dia terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

#17 Di bibirnya akan selalu terlihat senyuman meski sedang sedih

Si anak pertama sering senyum dan ketawa bahagia yang seakan dirinya terlihat bahagia oleh orang lain. Setiap kesedihan yang dia rasakan, maka akan disamarkan agar orang lain tidak tahu. Dia memiliki rasa sayang yang tinggi sama sekitarnya sehingga tidak ingin semua orang ikut sedih karenanya.

#18 Sayang sekali, si anak pertama ini lemah dalam percintaan

Pernah memperhatikan si anak pertama secara rinci? Dalam urusan percintaan biasanya si anak pertama akan kalah gesit dibandingkan adik-adiknya. Cinta memang agak sulit buat si anak pertama, katanya sih dia susah dalam mempelajari cinta.

#19 Merupakan anak yang paling dinanti kehadirannya oleh orang tua dan keluarga

Anak pertama merupakan anak yang paling dinantikan kehadirannya oleh keluarga, apalagi saat si anak pertama ini merantau jauh dari rumah, maka keluarga akan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran si anak pertama. Bener gak bro?

#20 Selalu mengingat teman lamanya

fakta anak pertama
lamaisonnette.net

Dari setiap penjuru dunia, si sulung pasti akan selalu ingat dengan temannya meskipun pernah menyakitinya atau menjadi musuh sekalipun. Setiap kebaikan dari temannya tidak akan terlupakan begitu saja. Bagi dia, masa lalu yasudah masa lalu, jadi jika bertemu lagi hal itu merupakan hal yang sudah berbeda.

KAMU ANAK ZAMAN NOW? COBA DEH LAKUKAN PEKERJAAN SERU INI

Derita Anak Pertama

fakta anak pertama
melihatmisteri.com

Menjadi anak pertama itu nggak mudah loh, sejak kamu lahir sampai tumbuh menjadi dewasa, kamu pasti akan merasakan beberapa penderitaan seperti di bawah ini:

Kurang mendapat perhatian dari orang tua

fakta anak pertama
kompasiana.com

Kamu tidak akan selamanya menjadi anak sendiri, karena beberapa tahun kemudian adikmu lahir. Pada kondisi ini, perhatian orang tua akan lebih banyak berfokus ke si adik. Jika sudah begini maka kamu pasti akan sering mendengar kalimat “Ibu lagi repot ngurusin adik kamu nak”.

Dituntut untuk selalu pengertian terhadap adik-adiknya

fakta anak pertama
pixabay.com

Tentunya adik kamu tidak selamanya bayi, dia akan tumbuh besar. Di sini berarti kamu sebagai kakak dan anak pertama harus bisa selalu bersikap pengertian dengan tingkah adik kamu yang nakal, ya “Namanya juga masih kecil, ngertiin dong”. Tapi kamu akan dapat hikmah bahwa seiring berjalannya waktu maka kita harus mengerti dengan lingkungan dan kondisi sekitar.

Menjadi sasaran kemarahan dan amukan

fakta anak pertama
crosswalk.com

Saat si adik sedang rewel, pekerjaan rumah banyak, dan ibu kamu sendirian di rumah karena bapak bekerja. Maka ibu kamu akan sedikit stres, dan siap-siap karena kamu akan menjadi sasaran amukan. Ya ini karena memang hanya kamu yang ada. Namun disini kamu akan mendapat hikmah bahwa kamu akan tahu dan belajar tentang sabar.Harus selalu serba mengalah

Nah ini nih yang kadang bikin bete, setiap ada masalah pasti deh kamu harus selalu mengalah sama adik, bahkan untuk sesuatu yang sebenarnya kamu benar dan tidak perlu ngalah.

Paling begini deh kalimat dari orang tua kamu: “Kamu kan udah besar, lebih besar dari adikmu. Jadi kamu yang ngalah aja ya kak”

Kamu bisa dapat hikmah dari sini bahwa kamu belajar untuk bisa mandiri dan enggak mementingkan diri sendiri.

Pernah merasakan hidup susah bersama orang tua

fakta anak pertama
rd.com

Anak pertama merupakan anggota baru di keluarga. Di awal-awal pasca pernikahan tentunya masih terbentuk keluarga kecil yang bisa dibilang mulai dari nol. Kemudian disitu anak pertama lahir, maka dia akan merasakan semisal rumah ngekost atau ngontrak.

Namun pada kondisi ini ada hikmah yang bisa diambil, yaitu kamu anak pertama jadi tahu bagaimana berjuang dalam kehidupan. Disitu kamu akan sadar bahwa tidak selamanya hidup itu mulus.

 

Gimana? Jadi anak pertama itu memang enggak mudah, akan ada banyak derita yang harus kamu alami. Namun perlu kamu sadari bahwa dari kondisi seperti inilah kamu banyak belajar sehingga membuat kamu semakin dewasa, kuat, dan tegar.

Fakta Anak Pertama Perempuan Dalam Percintaan

fakta anak pertama
yesmuslim.blogspot.co.id

Berikut ini adalah beberapa fakta anak pertama perempuan, yuk mari kita simak:

Sangat pandai dalam mengatur dirinya dan pasangannya

Tentunya anak pertama mempunyai usia yang lebih jika dibandingkan dengan adik-adiknya yang lain. Maka hal ini akan mendorong dirinya untuk belajar lebih banyak mengenai cara mengatur kehidupannya.

Saat berada di rumah, si anak pertama biasanya banyak mendapatkan perintah dari kedua orang tuanya menyelesaikan suatu masalah. Sehingga tidak heran jika dalam urusan percintaan, anak pertama perempuan akan pandai dalam mengatur dirinya. Dan hal ini tentunya merupakan hal yang positif yang dimiliki si anak pertama dalam segi percintaan. Dengan sifat seperti ini maka nantinya dia akan lebih pandai dalam mengatur rumah tangganya.

Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi

fakta anak pertama
female.kompas.com

Fakta anak pertama perempuan akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini dikarenakan anak pertama perempuan jumlah usianya lebih banyak daripada adik-adiknya. Sehingga secara otomatis menjadikan dia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Anak pertama perempuan juga dapat pelajaran tanggung jawab melalui nasihat yang dia terima dari orang tuanya.

Biasanya anak perempuan akan memiliki kedekatan batin cenderung mempunyai sifat yang sama dengan ibunya. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif dalam hubungan percintaannya.

Mempunyai jiwa penolong

fakta anak pertama
ayobuka.com

Sebetulnya anak tengah atau anak bungsu pun juga mempunyai jiwa penolong dan membantu sesama, namun si anak pertama perempuan biasanya akan lebih peka dalam berbagai hal. Jiwa penolongnya akan muncul saat ada sesuatu yang memerlukan pertolongannya meski tanpa dimintai pertolongan secara langsung.

Tentunya sifat menolong itu sudah menjadi kebiasaan bagi si si anak pertama dalam membantu kedua orang tuanya saat berada di rumah. Baik itu membantu beres-beres rumah, menyuapi makan si adik, atau pun hal lainnya.

Memiliki sifat mandiri atau tidak selalu bergantung pada orang lain

fakta anak pertama
pixabay.com

Anak pertama akan senantiasa membantu kedua orang tuanya untuk merawat adik-adiknya. Dan bukan hanya itu saja, dia juga akan berusaha bersikap mandiri dalam menjalani semua urusannya. Hal inilah yang menyebabkan dirinya sebagai pasangan yang mandiri.

Kebiasaan-kebiasaan dalam membantu orang tua dari sejak kecil, maka akan mengajarkan dirinya tentang hidup mandiri, dimana dia tidak akan bergantung lagi kepada orang tuanya. Si anak pertama ini akan lebih banyak berusaha sendiri untuk menyelesaikan masalah pribadinya.

Bersifat baik dan murah hati

Anak pertama perempuan akan cenderung lebih mempunyai sifat yang baik dan murah hati. Ya, di dalam keluarganya, dia adalah anak pertama yang jadi andalan keluarga dalam segala hal jika dibandingkan dengan adik-adiknya yang lain.

Kebiasaan inilah yang akan terus dibawa oleh si anak pertama perempuan ini sampai ke dunia percintaannya. Sikap dewasa dan murah hati akan kita lihat pada anak pertama perempuan ini, meskipun seorang perempuan masih membawa sifat alami yang kurang baik.

Suka mengalah

Bagi sebagian orang, sikap mengalah adalah sesuatu hal yang menyebalkan. Tetapi, bagi si anak pertama hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang sering dia lakukan saat berada di rumah denganadik-adiknya.

Kebiasaan bersikap mengalah ini akan terlihat di dalam dunia percintaan si anak pertama perempuan. Meski pada kenyataannya seorang perempuan juga sangat butuh perhatian dari pasangannya.

Hidupnya lebih teratur

fakta anak pertama
nova.grid.id

Anak pertama tentunya akan berusaha menunjukkan dan mencontohkan hal yang baik bagi adik-adiknya. Hal ini akan memberikan dampak positif untuk dunia percintaannya ketika sudah beranjak dewasa. Anak pertama perempuan ini akan lebih suka dengan segala sesuatu yang teratur dan terkendali sesuai rencana. Sehingga anak pertama juga biasanya terkesan rapi.

Mempunyai sikap perhatian yang tinggi

Anak pertama merupakan anak yang paling ditunggu-tunggu bagi semua pasangan pengantin baru. Kehadiran sang buah hati ini pasti akan membawa kebahagiaan tersendiri di dalam kehidupan rumah tangga. Maka dari itu, pasti perhatian orang tua akan besar kepada si anak pertama ini.

Oleh karena itu, dia akan belajar perhatian dari orang tuanya. Sehingga si anak pertama akan mempunyai perhatian yang tinggi, baik terhadap saudara atau pun kedua orang tuanya. Dia akan lebih peka terhadap lingkungannya, dan hal ini akan dia terapkan dalam hidup berumah tangga. Sehingga jika ada yang menikah dengan anak pertama perempuan, maka siap-siap kamu akan mendapat perhatian yang super darinya.

Merupakan pribadi yang penuh kasih sayang

fakta anak pertama
lifestyle.okezone.com

Yakin deh, setiap manusia pasti punya rasa sayang. Namun rasa sayang yang dimiliki oleh anak perempuan pertama ini merupakan kasih sayang yang sangat besar jika dibandingkan dengan anak tengah atau anak bungsu.

Pengalaman merawat adik serta contoh kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya akan mengajarkan kepada si anak pertama perempuan ini untuk bisa saling menyayangi. Hal-hal kecil inilah yang bisa membuat si anak pertama perempuan memiliki sifat penyayang.

Selalu ingin membahagiakan orang tuanya

fakta anak pertama
babycouture.in

Pada dasarnya, membahagiakan orang tua adalah salah satu keinginan besar bagi setiap anak yang ada di dunia ini. Hanya saja takarannya anak pertama akan lebih banyak ingin membahagiakan kedua orang tuanya.

Anak pertama perempuan ini akan lebih banyak nurut kepada orang tuanya agar memberikan kesan baik pada orang tuanya sendiri. Hal ini juga masuk ke dalam urusan percintaannya, dia akan mengutamakan kebahagiaan orang tuanya.

Kelebihan Anak Pertama Perempuan

fakta anak pertama
freepicspot.co

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan anak pertama perempuan, seperti apa kelebihannya? Mari kita simak berikut ini:

  • Anak pertama perempuan itu biasanya cerewet tapi dia memiliki tingkat kepekaan yang tinggi
  • Sifat kemandirian si anak pertama perempuan itu sangat baik, gak ada yang nandingin deh
  • Anak pertama perempuan selalu ingin mengejar mimpinya meski dia harus berjuang sendirian
  • Kedewasaannya tumbuh meski tidak sesuai dengan usianya
  • Dia akan selalu banyak teman dan akan hidup bahagia melalui hobi yang dia gemari.

 

Fakta Anak Pertama Menikah Dengan Anak Pertama

fakta anak pertama
dakwatuna.com

Ini hanya sebatas menebak dari segi sifat aja ya, jangan dijadikan sebagai patokan kamu mencari jodoh hehe.

Anak pertama itu biasanya memiliki sifat yang teliti, ambisius, dominan, dan juga suka ngatur-ngatur. Anak pertama laki-laki cenderung akan menjadi orang yang suka mengambil tanggung jawab dan menjadi pemimpin.

Sedangkan anak pertama perempuan akan memiliki sifat lebih percaya diri, agresif, dan sedikit bossy.

Jika sama-sama anak pertama yang menikah, maka hasilnya yaitu kombinasi antara dua orang yang selalu ingin mengontrol dan mendominasi.

Mereka akan sedikit bertengkar mengenai film apa yang ingin ditonton, di mana akan tinggal bersama, bagaimana cara mengasuh anak, dan lain sebagainya.

Memang sih pada dasarnya setiap hubungan itu pasti memiliki masalah, namun jika sama-sama anak pertama menikah, maka dimungkinkan akan memiliki beberapa masalah yang dikarenakan kepribadian mereka yang kuat ingin menggunakan caranya masing-masing dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu.

Tips: Pahamilah pasangan Anda, jika Anda bersikeras dengan kemauan Anda, maka cobalah lihat dari sisi pasangan Anda. Dan satu-satunya cara untuk mengurangi hal ini adalah dengan berkompromi dan berbicara terbuka satu sama lain.

Gambar Fakta Anak Pertama

Berikut ini merupakan gambar fakta anak pertama:

fakta anak pertama
usrecallnews.com

Ini nih, anak pertama juga kadang suka cengeng.

 

fakta anak pertama
twistedsifter.com

Meski kadang anak pertama atau anak sulung itu suka marahin atau ngerjain adiknya, namun sebenarnya dia memiliki sifat yang sangat care kepada adik-adiknya.

 

fakta anak pertama
wallpaperxyz.com

Gambar fakta anak pertama berikutnya yaitu mengenai si anak pertama yang selalu memiliki rasa percaya diri dalam hidupnya.

 

Terms: Fakta anak pertama perempuan dalam islam | Fakta anak pertama laki laki dalam percintaan

 

***

Demikianlah beberapa sifat dan fakta anak pertama yang harus kamu ketahui, gimana? Menarik? Hehehe. Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar