Cara Menggunakan Remote AC

AC atau air conditioner sudah menjadi kebutuhan umum masyarakat yang ditinggal di wilayah tropis atau cenderung panas. Untuk mengoperasikan AC, tentunya Anda membutuhkan remote bukan? Apakah Anda sudah mengetahui cara menggunakan remote AC dengan benar dan tepat?

Remote AC memang menjadi pelengkap. Namun, jika Anda tidak bisa menggunakannya dengan benar, maka AC tidak akan bekerja sesuai fungsinya. Bisa saja udara yang dihembuskan tidak dingin sama sekali. Lalu bagaimanakah caranya? Apakah bisa didukung aplikasi tambahan? Yuk simak ulasan berikut!

Arti Lambang Pada Remote AC

cara menggunakan remote ac yang baik
www.banggood.com

Cara menggunakan remote AC yang benar adalah mengetahui arti lambang di setiap tombol. Setidaknya terdapat 6 lambang utama yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

1.    Display

Icon display pada remote air conditioner difungsikan sebagai tampilan pengaturan suhu. Tidak hanya itu saja, icon display juga menampilkan mode apa yang sedang dijalankan pada unit AC. Display akan tetap menyala selama AC juga menyala.

2.    Power On/off

Icon power menjadi tombol utama pada bagian remote AC yang berfungsi untuk menyalakan dan menonaktifkan unit AC. Ketika lampu indikator menyala, berarti tombol power dalam keadaan on, begitu pula sebaliknya.

3.    Temperature

Anda bisa mengatur seberapa dingin suhu yang diinginkan berdasarkan icon temperatur. Tombol ini akan memudahkan Anda untuk menaikkan maupun menurunkan suhu AC. Pastikan untuk memencet tombol ini dengan benar dan sesuai kebutuhan.

4.    Timer

Lambang timer pada remote AC sangat bermanfaat ketika mati listrik. Icon ini akan mempermudah Anda dalam mengatur waktu penggunaan AC. Timer AC akan mematikan AC Anda sendiri berdasarkan settingan yang sudah dibuat.

5.    Mode

Bagaimana cara menggunakan remote AC, khususnya berbagai mode yang ada? Pada remote AC juga terdapat lambang mode yang terdiri dari beberapa jenis. Mode ini sebagai petunjuk sistem pengoperasian AC yang sedang dijalankan. Adapun beberapa mode yang ada pada AC split adalah:

  • Fan mode, menghasilkan hembusan udara dingin tanpa menyalakan unit luar.
  • Auto mode, mengatur kinerja kipas angin otomatis
  • Dry mode, mengatur suhu dan kelembaban pada ruangan.
  • Cool mode, mengubah suhu ruangan menjadi lebih dingin.

6.    Swing

Lambang swing diartikan sebagai pengatur arah hembusan. Tombol ini akan membantu Anda mengarahkan suhu dingin sesuai yang diinginkan. Arah udara bisa dari kanan kiri, atas bawah dan sebaliknya.

Alasan Remote AC Tidak Berfungsi

Ada banyak sebab yang membuat remote AC Anda tidak berfungsi secara semestinya, misalnya:

  1. Remote terjatuh dan retak.
  2. Baterai AC habis.
  3. Ada beberapa tombol tidak berfungsi.

Aplikasi Remote AC Terbaik

aplikasi remote ac android
gadgethacks.com

Era yang semakin modern ini didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan memudahkan manusia dalam beraktivitas. Salah satu aplikasi smart home yang perlu diinstal pada gadget Anda adalah aplikasi remote Air Conditioner. Berikut beberapa rekomendasinya!

1.    Air Conditioner Remote Control

Remote AC di rumah rusak? Malas memperbaikinya? Solusi yang paling tepat dan cepat untuk Anda adalah mengunduh aplikasi Air Conditioner Remote Control. Sama halnya dengan fungsi remote manual, Anda bisa mengakses semua fitur hanya dengan menekan tombol di hp.

Baca Juga Dong  Cara Mengetahui Password Wifi

Air Conditioner Remote Control bisa Anda unduh melalui playstore. Beberapa perangkat yang terintegrasi aplikasi ini adalah LG, Samsung, Huawei, dsb. Aplikasi cerdas Air Conditioner Remote Control kompatibel dengan >100 AC jenis split. Cara menggunakan remote AC dengan aplikasi ini juga mudah banget!

2.    ASMart Remote IR

Ketika remote AC rusak dan Anda malas untuk memperbaiki atau membelinya lagi, Anda bisa menginstal aplikasi canggih bernama ASMart Remote IR. Cara kerja dari aplikasi ini membutuhkan sensor infrared sehingga AC di rumah bisa dikontrol dengan baik.

Fitur yang disediakan ASMart Remote IR tidak hanya menyalakan AC saja, tetapi Anda bisa mengatur suhu dengan kebutuhan. Perangkat smartphone yang bisa support aplikasi ini adalah samsung galaxy versi S (S4 dan S5) dan versi Note (Note 3), serta HTC One.

3.    Mi Remote Controller

Brand Xiaomi sudah banyak mengeluarkan produk elektronik yang laku keras di pasaran. Brand ini memulai ladang bisnisnya pada smartphone dan dilanjutkan pada kebutuhan produk elektronik rumahan mulai dari TV hingga AC.

Agar Xiaomi semakin dilirik masyarakat, mereka juga membuat aplikasi remote AC bernama Mi Remote Controller yang bisa digunakan untuk perangkat Android Anda. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan hp merk Xiaomi.

Meskipun bisa digunakan pada perangkat non Xiaomi, namun Anda harus memastikan smartphone Anda sudah pada versi 5.0 ke atas. Di antara beberapa perangkat yang support aplikasi ini adalah samsung note 3 dan 4, Huawei Glory 6+, Samsung Seri S (S4, S5, S6) HTC one dan Huawei Glory 3.

4.    Sure

Sure masuk pada jajaran aplikasi remote AC terbaik sepanjang tahun 2019 lalu. Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah. Ketika Anda masuk ke beranda, secara otomatis akan langsung muncul icon AC. Sure sangat bisa Anda unduh di smartphone berbasis android maupun iphone.

Sure Universal tidak hanya dikhususkan pada remote air conditioner saja tetapi bisa juga dengan  media player dan TV. Bahkan, aplikasi ini bisa terintegrasi dengan Amazon Alexa. Meskipun kapasitas memorinya hanya 37 Mb saja, tetapi sangat multifungsi bukan?

5.    Control It

Rating paling tinggi aplikasi remote AC canggih yang ada di beranda playstore adalah control it. Aplikasi ini banyak disukai masyarakat karena fiturnya cukup lengkap dan akses ke setiap fitur sangat mudah. Setidaknya, penilaian dari para pengguna mencapai bintang 4.4.

Control it bisa digunakan dengan benar jika smartphone Anda juga mendukung fasilitas infrared. Beberapa handphone yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah HTC One M7,M8 dan Max, Samsung seri S dan Note hingga LG G3 hingga G4.

6.    Smart AC

Smart AC menjadi aplikasi resmi yang dikeluarkan Samsung untuk menunjang produk elektronik mereka yakni AC. Smart AC sudah dibekali fitur WiFi sehingga memudahkan koneksi ke internet. Jika akan menggunakan aplikasi ini, pastikan seri AC Samsung yang dibeli di atas tahun 2012.

Meskipun dikhususkan untuk AC merk Samsung, Anda tetap bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone non samsung. Kelebihan dari smart AC adalah Anda bisa mengontrol suhu, menyalakan dan mematikan dengan jarak tertentu tanpa harus mendekat.

7.    Zaza Remote

Aplikasi remote AC yang bisa Anda akses melalui smartphone adalah ZaZa Remote. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini sama halnya dengan remote AC manual. Lebih praktis dan tidak memakan tempat bukan?

ZaZa Remote tidak hanya berfungsi untuk mengatur suhu AC saja , tetapi juga bisa digunakan untuk remote DVD, TV, Smart Lampu, Kamera DSLR hingga kipas angin. Sangatlah multifungsi bukan? Satu aplikasi untuk segala fungsi.

Baca Juga Dong  Cara Download Video di Twitter

8.    AnyMote Universal Remote

Aplikasi terbaik lain yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol AC di rumah adalah AnyMore Universal Remote. Aplikasi ini juga didukung layanan WiFi sehingga memudahkan sambungan perangkat dengan internet.

AnyMote bisa digunakan pada perangkat yang memiliki fitur infrared seperti Samsung s4, LG G4 dan G3. Untuk merk AC yang bisa diakses oleh AnyMote adalag Samsung, Sharp, Panasonic,dsb. Tidak hanya untuk AC saja, AnyMote bisa dijadikan remote VCR, DSLR, Amplifier hingga DVD.

9.    AC Freedom

Aplikasi pintar dan canggih untuk koleksi smart home Anda adalah AC Freedom. Aplikasi ini bisa diakses tanpa adanya sensor infrared. Penggunaannya cukup lakukan pairing aplikasi dengan AC melalui kode barcode.

Selain dibekali fitur terkini, AC freedom juga bisa diakses menggunakan wifi sehingga bisa tersambung langsung ke jaringan internet. Sesuai dengan namanya, AC freedom sangat memberikan kebebasan pada setiap pengguna dan menawarkan simple interface.

10. Remote Control for Panasonic AC

Vendor Panasonic juga tidak ingin kalah dalam menyediakan berbagai macam kemudahan teknologi bagi pelanggan setianya. Jika Anda memiliki AC bermerk Panasonic, cobalah untuk mengunduh aplikasi pintar bernama Remote Control for Panasonic AC.

Aplikasi ini sangat memudahkan Anda yang tidak memiliki remote AC manual dan lebih praktis secara fungsional. Anda bisa menggunakan segala macam fitur mulai dari mode on/off, mode fan, pengaturan temperatur dan sebagainya.

11. Remote Control for LG AC

Sama halnya dengan vendor Panasonic, LG juga menyediakan aplikasi pendukung AC bernama Remote Control for LG AC. Keunggulan yang dimiliki LG adalah interface sederhana yang membuat segala pengaturan AC lebih mudah dan cepat.

Aplikasi ini sangat membantu Anda jika remote manual mengalami kerusakan dan Anda belum sempat memperbaikinya. Anda bisa memakai berbagai fitur mulai dari mode on/off, mode fan, pengaturan temperatur dan sebagainya. Pastikan smartphone Anda juga support infrared ya!

12. Universal AC Control Remote

Universal AC Control Remote menjadi salah satu aplikasi remote AC paling baik untuk Anda pilih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aplikasi ini bisa di download secara gratis melalui playstore dan appstore.

Beberapa merk hp yang support aplikasi ini adalah Iphone, Philips, Samsung, LG dan sebagainya. Apakah aplikasi ini akan berkapasitas besar? Tentu tidak ya, Anda hanya membutuhkan ruang sekitar 4.5 Mb saja. Sangat menakjubkan bukan?

 

Aplikasi di atas bisa Anda unduh melalui playstore untuk smartphone berbasis android. Sedangkan bagi Iphone lovers, bisa langsung mendownload aplikasi remote AC canggih melalui appstore. Sedangkan beberapa aplikasi remote AC tanpa infrared yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

1.    Samsung Smart View

Cara menggunakan remote AC paling mudah dan efisien adalah mengunduh aplikasi pendukungnya. Salah satu aplikasi cerdas yang bisa Anda gunakan untuk mengakses semua fitur  mesin pendingin adalah Samsung Smart View.

Berbagai macam fitur sudah disediakan lengkap oleh pihak Samsung mulai dari tombol on/off, mode fan, hingga pengaturan suhu. Tidak hanya digunakan pada AC, Anda juga bisa mengganti channel dan menyalakan serta mematikan TV hanya dengan mengakses aplikasi ini.

Samsung Smart View bisa dinikmati untuk hp android minimal versi 6.0 atau marshmallow. Jika hp Anda masih dibawah versi tersebut, Anda harus mengupgradenya ke perangkat baru. Anda tidak harus membeli hp merk Samsung, tetapi bisa merk lain seperti Huawei, Iphone dan LG.

2.    LG TV Plus

LG sudah dikenal sebagai perusahaan dengan bisnis raksasa di bidang produk elektronik. Setiap produknya laku keras di pasaran karena memiliki kualitas yang bagus dan masa umur panjang. Era digital yang semakin canggih juga membuat LG melakukan inovasi dengan berbagai aplikasi.

Salah satu aplikasi yang menjadi salah satu bagian dari smart home adalah LG TV Plus. Segala macam fitur sudah disematkan didalam aplikasi, sehingga cara menggunakan remote AC dengan aplikasi ini cukup simpel.

Baca Juga Dong  Cara Aktivasi Windows 10

Anda bisa mengakses berbagai kebutuhan hanya dari satu tindakan saja. Keistimewaannya lagi, Anda bisa mengatur AC tanpa sensor infrared.

3.    Smart TV Remote

Aplikasi remote AC tanpa infrared yang bisa Anda unduh di smartphone adalah Smart TV Remote. Aplikasi ini sudah dibekali fitur wifi sehingga bisa langsung disambungkan ke internet. Tipe smartphone yang support Smart TV remote adalah samsung tahun 2011 sampai 2018.

Remote AC Panasonic

remote ac panasonic
lazada.sg

Salah satu merk AC yang berkualitas adalah Panasonic. Tidak hanya perangkat AC nya saja yang mudah dioperasikan, perangkat pendukungnya seperti remote AC juga sangat mudah digunakan khususnya bagi Anda yang baru saja memasang AC.

1.    Cara Menggunakan Remote AC

Cara menggunakan remote AC pada merk Panasonic sangatlah mudah. Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan, antara lain yaitu:

  • Cara menggunakan remote AC yang paling awal adalah pencet tombol On untuk menyalakan AC panasonic. Akan muncul display mengenai mode dan temperatur yang harus dipilih.
  • Klik tombol mode dan pilih tipe yang diinginkan, misalnya cool mode.
  • Atur suhu atau temperatur ke angka 18 untuk hawa sejuk hingga 16 untuk hawa yang sangat dingin.
  • Jika diperlukan, atur timer sesuai kebutuhan pemakaian AC.
  • Ketika sudah selesai menggunakannya, sebaiknya Anda langsung memencet tombol off agar hemat listrik.

2.    Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Cara mematikan timer AC bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan remote AC manual maupun via aplikasi. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti, di antaranya:

  • Jika menggunakan remote manual, Anda cukup memencet tombol timer dan memastikan tombol indikatornya tidak menyala atau tidak ada tanda bintang. Mode ini sudah menunjukkan timer ac sudah mati.
  • Jika menggunakan remote aplikasi, Anda bisa membuka menu utama, pilih timer lalu nonaktifkan timer. Secara otomatis pengaturan timer dipastikan telah mati.

3.    Cara Setting AC Panasonic Agar Dingin

Pengaturan AC Panasonic bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang service. Anda hanya perlu membaca buku panduan yang sudah disediakan. Cara setting ini dibagi atas 4 tahapan, diantaranya yaitu:

  • Posisi mode cool remote tanda bintang

AC panasonic yang dingin dan sejuk bisa Anda ciptakan dengan memastikan posisi mode cool sudah bertanda bintang. Mode yang lain seperti fan hanya akan menghembuskan udara tanpa diikuti hawa dingin.

  • Memilih temperatur suhu pada angka 16 hingga 18 derajat

Agar AC Anda dapat memberikan udara yang segar, sejuk dan dingin, maka pastikan temperatur suhu pada kisaran 16 hingga 18 derajat celcius. Pada proses ini thermistor akan bekerja maksimal sedangkan komponen kompresor akan mati.

  • Putaran penuh untuk mode kipas angin

Udara dingin yang dihasilkan oleh mesin AC bisa dimaksimalkan jika mode kipas angin dalam keadaan putaran penuh. Ketika daya putar maksimal, maka hembusan udara segar akan lebih banyak dan menjangkau seluruh sudut ruangan.

  • Pastikan swing selalu gerak

Udara di ruangan ber-AC akan terasa dingin maksimal saat posisi swing selalu bergerak. Swing akan menghembuskan udara ke segala arah. Untuk memastikan swing bekerja sesuai fungsinya, Anda memerlukan remote AC (bisa manual maupun via aplikasi).

 

Cara menggunakan remote AC harus dilakukan dengan benar dan tepat. Tidak hanya remote manual saja, cara setting hingga cara mematikan AC bisa juga dilakukan via aplikasi cerdas. Namun jika Anda ingin tetap menggunakan remote manual, dan segala kebutuhan AC, Anda bisa mencarinya di Berkah Indah AC Cilacap.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.