Pengertian Skala Prioritas Beserta Contoh dan Tabel

Pengertian Skala Prioritas – Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang pasti menginginkan atau membutuhkan sesuatu.

Kebutuhan akan sesuatu ini merupakan hasrat alami manusia sebagai makhluk sosial dan tidak bisa hidup sendiri. Dalam konteks di sini, berarti manusia selalu membutuhkan sumber daya lain sebagai pendukung untuk bisa bertahan hidup.

Kebutuhan manusia sangatlah beragam dan sifatnya tidak terbatas. Selama manusia hidup, segala jenis kebutuhan pun akan terus meningkat.

Hanya saja, meskipun kebutuhan manusia tidak terbatas, tapi hanya ada satu yang bisa membatasinya, yaitu alat pemuas kebutuhan. Sehingga dalam hal ini manusia harus tunduk dan patuh pada hukum sebuah kelangkaan.

Didalam menghadapi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan banyak pilihan sedangkan alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas, maka manusia diharuskan untuk memiliki sikap rasional dalam menentukan berbagai pilihan kebutuhan.

pengertian skala prioritas
davidirvine.ca

 

Pengertian rasional disini yaitu menentukan sebuah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan tentu saja menghindari sifat konsumtif.

Muncul lah yang namanya skala prioritas kebutuhan untuk membantu manusia dalam melakukan sebuah pilihan mana yang memang terbaik untuk dirinya.

BACA JUGA: Contoh Analisis SWOT

Pengertian Skala Prioritas

Pengertian Skala Prioritas – Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang yang dimulai dari kebutuhan paling penting sampai kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya.

pengertian skala prioritas
deeperreality.wordpress.com

Pengertian skala prioritas menurut ahli yaitu menurut Merriam Webster, skala prioritas adalah sesuatu yang dirasa lebih penting daripada yang lain yang harus dikerjakan atau diselesaikan terlebih dahulu.

Maka dengan adanya skala prioritas, manusia diharapkan mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang harus ditunda terlebih dahulu.

Dengan begini, pemenuhan kebutuhan yang kurang tepat dan juga kecenderungan bersifat konsumtif dapat dihindari. Sehingga kita benar-benar memilih pilihan kebutuhan yang tepat.
Agar lebih paham mengenai pengertian skala prioritas, berikut ini video pengertian skala prioritas:

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Skala Prioritas

Setelah mempelajari pengertian skala prioritas, selanjutnya adalah mempelajari faktor-faktor apa saja sih yang mempengaruhi skala prioritas.

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan juga prioritas yang berbeda. Berikut ini ada 3 faktor yang berhubungan dengan perbedaan kebutuhan pada setiap individu.

Tingkat Pendapatan

Pendapatan menurut Ilmu Ekonomi adalah nilai maksimum yang dapat dikonsumsi oleh seseorang dalam suatu periode dengan mengharapkan keadaan yang sama pada akhir periode seperti keadaan semula.

pengertian skala prioritas
bisniskeuangan.kompas.com

Kemudian, tingkat pendapatan sangat berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk bisa membayar atau memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk dalam hal konsumsi.

Jika semakin tinggi pendapatan individu, maka akan semakin luas alternatif pilihan kebutuhan hidupnya.

Berlaku hal sebaliknya, jika semakin rendah pendapatan individu maka alternatif pilihan kebutuhan hidupnya pun akan sedikit.

Pada konteks ini bisa diambil kesimpulan bahwa prioritas kebutuhan individu akan berbeda antara orang yang memiliki pendapatan tinggi dengan orang yang memiliki pendapatan rendah.

Baca Juga Dong  Letak Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya Terhadap Zona Waktu

Status Sosial (Kedudukan Didalam Masyarakat)

Secara definisi, status sosial dapat diartikan suatu kedudukan sosial seseorang di masyarakat yang dapat diperoleh dengan sendirinya (otomatis) melalui usaha atau pun karena pemberian.

pengertian skala prioritas
blog.runrun.it

Tentunya status sosial seseorang di dalam masyarakat bisa mempengaruhi prioritas kebutuhan individu.

Sebagai contoh, seorang kepala desa akan lebih memprioritaskan kebutuhan di lingkungan tempat memimpinnya dibandingkan dengan pilihan lainnya.

Contoh lain adalah seorang guru, dia akan memilih priotas pada peralatan mengajarnya daripada menentukan pilihan kepada alternatif pilihan lain.

Pada kedua simulasi kebutuhan di atas, maka dapat terlihat bahwa status sosial individu sangat berpengaruh pada penentuan skala prioritas.

Lingkungan Sosial

pengertian skala prioritas
ravishly.com

Lingkungan sosial pada masyarakat juga bisa mempengaruhi prioritas kebutuhan hidup seorang individu.

Misal, kita hidup di sebuah lingkungan orang kaya, maka bisa jadi prioritas kebutuhan kita adalah pada rumah mewah, apartemen, sepatu mahal, mobil mewah, dan lain sebagainya.

 

Pada prinsipnya, untuk memenuhi kebutuhan individu, maka dia akan mendahulukan kebutuhan yang dianggap lebih penting, pokok, dan juga mendesak.

Setelah kebutuhan-kebutuhan penting tersebut terpenuhi, maka seorang individu akan memenuhi kebutuhan pada prioritas berikutnya agar bisa mencapai kepuasan yang maksimal.

BACA JUGA: 4 Jenis Skala Pengukuran dalam Penelitian

Menyusun Skala Prioritas

Untuk mengetahui kebutuhan mana yang harus kita prioritaskan terlebih dahulu, maka kita perlu menyusun yang namanya skala prioritas kebutuhan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam pengertian skala prioritas, maka berikut ini ada 4 ada hal yang harus kita pertimbangkan terlebih dahulu dalam menyusun sebuah skala prioritas.

Tingkat Urgensi

Menurut kamus bahasa Indonesia, urgensi adalah hal yang sangat penting atau keharusan yang sangat mendesak untuk diselesaikan.

Dengan demikian berarti urgensi adalah keadaan dimana kita harus mementingkan sesuatu hal yang harus segera ditindak lanjuti.

pengertian skala prioritas
kompasiana.com

Kemudian apa kaitan ugensi dengan skala prioritas?

Jika dikaitkan dengan skala prioritas, tingkat urgensi merupakan tingkat kepentingan pada suatu kebutuhan yang harus dipilih dan harus didahulukan.

Sehingga dalam menentukan sebuah pilihan, maka kita harus memilah kebutuhan mana yang benar-benar urgen dan harus kita dahulukan dalam pemenuhannya.

Contoh: Seorang siswa berangkat sekolah pada hari senin. Pada hari itu dia ditugaskan oleh gurunya untuk menjadi petugas upacara, kemudian ditengah perjalanan dia baru sadar bahwa alat tulisnya ketinggalan dirumah, sementara jika dia balik lagi ke rumah maka dia akan terlambat mengikuti upacara.

Manakah yang paling urgen dan harus didahulukan oleh siswa tersebut? Jelas sekali, dalam kasus ini hal yang harus diutamakan adalah mengikuti upacara, karena alat tulis bisa saja meminjam pada teman atau membeli yang baru.

Kesempatan yang Dimiliki

Berbicara mengenai kesempatan, mengingatkan saya akan sebuah pepatah lama yang mengatakan bahwa kesempatan itu hanya datang satu kali dalam seumur hidup.

Nah kemudian jika dihubungkan dengan skala prioritas, maka tinjau kembali kesempatan untuk memuaskan kebutuhan tersebut.

pengertian skala prioritas
daffaardhan.com

Jika dirasa memang kesempatan itu sulit datang, maka tidak menutup kemungkinan untuk mendahulukan pada kebutuhan tersebut.

Berlaku sebaliknya, jika dirasa kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat sering, maka tinjaulah pilihan lain yang kesempatannya sedikit.

Contoh: Seorang mahasiswa teladan akan mengikuti sebuah perlombaan besar yang diadakan hanya 3 tahun sekali. Pada jadwal yang bersamaan dengan hari lomba, dia diajak main ke luar kota oleh keluarganya.

Baca Juga Dong  Jenis-jenis Cacing dalam Tubuh Manusia Lengkap Akibatnya

Jika berhubungan dengan kesempatan, maka sebaiknya si mahasiswa tadi memilih ikut perlombaan besar daripada ikut main. Karena main masih bisa lain waktu sedangkan lomba tidak, karena kemungkinan dia akan lulus.

Pertimbangan Masa Depan

Masa depan itu merupakan sebuah waktu dimana kita akan hidup nanti tapi harus dipersiapkan saat ini juga.

Didalam menentukan skala prioritas kebutuhan, pertimbangan ke masa depan sifatnya pada kebutuhan jangka panjang.

pengertian skala prioritas
cloudpro.co.uk

Kita seringkali dihadapkan pada pilihan yang sulit dimana kita dituntut untuk mengurangi rasa menyesal di masa yang akan datang atas pilihan yang kita dahulukan.

Sehingga, di dalam menentukan skala prioritas, maka pertimbangan masa depan akan menjadi hal yang sangat penting dan perlu untuk dipikirkan.

Contoh: Dalam menentukan jurusan kuliah setelah lulus SMA. Kita harus mempelajari dahulu jurusan yang diinginkan agar bisa tahu prospek kerja ke depan seperti apa.

Jika memang memeiliki prospek yang bagus, maka silahkan dimasukkan list, tapi jika prospeknya tidak bagus maka coret lah dari daftar keinginan Anda.

Kemampuan Diri

Menurut saya, kemampuan diri adalah hal yang paling penting diantara keempat hal yang ada dalam menentukan prioritas.

pengertian skala prioritas
terapiotak.com

Sebaik dan setepat apapun kita menentukan sebuah pilihan, maka jika tidak dibarengi dengan kemampuan yang memadai maka hal tersebut hanyalah sia-sia.

Dalam hal penentuan prioritas, kemampuan diri merupakan sebuah tolak ukur seberapa besar kemampuan kita untuk mendapatakan pilihan yang telah ditentukan, baik dari segi keahlian, ekonomi, usaha yang akan dilakukan, maupun yang lainnya.

Contoh: Seseorang dihadapkan pada suatu kebutuhan kendaraan untuk transportasi kerja. Dia berniat untuk membeli sebuah sepeda motor yang sudah berteknologi Fuel Incjection, tapi keadaan ekonominya tidak memungkinkan membeli itu karena sedikit lebih mahal dari motor yang teknologi biasa.

Jika dihadapkan pada keadaan ini maka sebaiknya membeli sepeda motor yang biasa saja karena pada dasarnya fungsinya sama dan kebutuhannya juga hanya untuk transportasi kerja saja.

Pedoman Berbelanja

Jika pada suatu waktu kita dihadapkan pada sebuah kebutuhan barang atau jasa yang perlu dibeli, maka berbelanjalah dengan pedoman berikut.

pengertian skala prioritas
nanigans.com

Ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah pilih dan bisa juga dalam hal penghematan.

  1. Tempat yang tepat. Belanjalah di tempat yang situasi dan kondisinya sudah kita kenali, salah satunya kita tahu tempat yang menawarkan harga yang rendah atau murah.
  2. Waktu yang tepat. Usahakan belanja saat harga-harga di pasaran sedang turun. Biasanya terjadi pada weekend atau pada menjelang hari raya tertentu maka biasanya pasaran akan membelakukan diskon.
  3. Harga yang tepat. Lakukanlah survey harga sebelum memutuskan untuk membeli barang dan jasa. Ingat, jangan pernah berbelanja barang dan jasa yang baru dilihat bahkan belum diketahui berapa harga pasarannya.
  4. Mutu yang tepat. Dalam hal ini adalah kita harus memilah kualitas dari barang dan jasa, jangan sampai membeli barang dengan harga mahal tapi mutunya rendah.
  5. Jumlah yang tepat. Ini juga merupakan hal yang penting, belanjalah sesuai keperluan bukan belanja sesuai keinginan. Jangan pernah berbelanja melebihi jumlah yang diperlukan.
Baca Juga Dong  Hewan Pengerat | Fakta Menarik Tentang Hewan Pengerat, Wajib Baca!

Tabel Skala Prioritas

Tabel skala prioritas ini diperkenalkan oleh Steven R. Covey dengan tujuan untuk memudahkan kita dalam menentukan sebuah prioritas dalam memenuhi kebutuhan.

Di bawah ini tabel prioritas yang sangat bermanfaat untuk menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan:

pengertian skala prioritas
ekspektasia.com

Pada gambar tabel skala prioritas di atas, terlihat ada empat kuadran yaitu kuadran I, kuadran II, kuadran III dan kuadran IV.

Kuadran I: kebutuhan yang penting dan mendesak untuk segera dipenuhi.

Kuadran II: kebutuhan yang penting tetapi kurang mendesak untuk dipenuhi.

Kuadran III: kebutuhan yang kurang penting namun mendesak untuk dipenuhi.

Kuadran IV: kebutuhan yang kurang penting dan kurang mendesak untuk dipenuhi.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyusun skala prioritas:

  • Tulislah semua kebutuhan yang ada, hilangkan yang benar-benar tidak begitu penting.
  • Susunlah urutan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya.
  • Buatlah catatan kebutuhan pendanaan yang ada.
  • Dari catatan yang ada, pilihlah kebutuhan yang paling memberikan manfaat secara optimal.
  • Penuhi semua kebutuhan sesuai dengan daftar yang telah ditentukan.

BACA JUGA: Perbedaan Data dan Informasi

Contoh Penyusunan Skala Prioritas

Contoh dalam penyusunan skala prioritas menggunakan tabel skala prioritas akan dijelaskan berikut ini.

Misal, Vatinson adalah seorang siswa kelas 9 SMP. Kemudian Vatinson memiliki kebutuhan untuk sekolah di awal semester bulan Desember, yaitu sebagai berikut:

  1. Membeli buku dan alat tulis untuk keperluan belajar mengajar.
  2. Membeli buku pelajaran
  3. Membeli LKS dari guru
  4. Membeli sepatu baru karena sepatu lama sudah rusak dan tidak ada sepatu lain lagi.
  5. Membeli tas sekolah baru dengan model terbaru
  6. Kebutuhan ongkos untuk ke sekolah per harinya Rp15.000,-

Vatinson sendiri hanya dikasih budget sekian oleh orang tuanya yang tidak mungkin semuanya terpenuhi. Kemudian untuk menentukan kebutuhan mana yang harus segera dipenuhi tersebut, maka Vatinson membuat sebuah tabel skala prioritas sebagai berikut:

pengertian skala prioritas
ekspektasia.com

Berdasarkan tabel skala prioritas di atas, maka Vatinson bisa membuat keputusan sebagai berikut:

Pertama, buku dan alat tulis harus segera dipenuhi terlebih dahulu karena ini merupakan kebutuhan sangat penting dan mendesak.

Kedua, ongkos merupakan kebutuhan selanjutnya yang harus segera dipenuhi. Vatinson tidak mungkin untuk berjalan kaki ke sekolah karena jarak yang cukup jauh. Sehingga Vatinson harus membuat anggaran untuk ongkos selama sebulan ini.

Ketiga, buku pelajaran dan LKS adalah prioritas selanjutnya yang harus dipenuhi. Hal ini kurang mendesak tapi sangat penting untuk menunjang pembelajaran di kelas.

Keempat, prioritas selanjutnya yang perlu dipenuhi adalah membeli sepatu baru. Ini memang kurang penting, tapi termasuk mendesak karena sepatu yang lama sudah rusak dan tidak nyaman lagi, tapi setidaknya Vatinson masih bisa menggunakan sepatu lama tersebut.

Kelima, setelah semua prioritas sebelumnya terpenuhi barulah Vatinson bisa membeli tas baru, itu pun jika sisa budget-nya masih ada. Namun jika budget tidak tersisa, maka bisa menunggu bulan-bulan selanjutnya.

***

Demikian lah sedikit penjelasan mengenai pengertian skala prioritas, cara menyusun skala prioritas, faktor-faktor yang mempengaruhi skala prioritas, dan juga tabel skala prioritas.

Semoga membantu. See you!

Tinggalkan komentar