Perbedaan Data dan Informasi Lengkap Contoh dan Pengertian Menurut Para Ahli

Perbedaan Data dan Informasi – Ada yang masih bingung menentukan perbedaan data dan informasi? Tidak masalah, itu masih menjadi hal yang wajar.

Sering kali kita mendengar orang ngomong data lah, informasi lah. Malah mungkin Anda pernah mendengar ungkapan begini:

“Bicaralah sesuai data”

Pernah mendengar? Jika iya, berarti perbedaan data dan informasi sudah sering kita jumpai.

Pernahkah Anda juga mendengar ungkapan begini:

“Informasi dari kelurahan bahwa besok sore akan diadakan rapat”

Pernah kah? Ya, kata “informasi” sangat sering kita jumpai. Lalu apakah Anda sadar bahwa Data dan Informasi itu memiliki perbedaan? Mari kita ulas sama-sama biar kita paham.

Perbedaan Data dan Informasi

Jika berbicara mengenai perbedaan data dan informasi, setidaknya kita harus tahu dulu apa itu data dan apa itu informasi. Pada intinya, data adalah sesuatu yang belum diolah, sedangkan informasi itu dihasilkan dari data yang sudah diolah.

perbedaan data dan informasi
linkedin

Masih bingung? Langsung saja kita lihat perbedaannya berikut ini:

  1. Dalam sajiannya Data itu bentuknya masih mentah dan tidak mempunyai makna apapun. Sedangkan Informasi sudah mempunyai sebuah makna tertentu.
  2. Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau sebuah gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data dengan menggunakan teknik-teknik tertentu yang bisa menjelaskan sebuah peristiwa.
  3. Secara sekilas, Data tidak akan bisa dipahami maksudnya oleh seseorang yang membacanya. Sedangkan Informasi, ketika seseorang membaca suatu informasi, maka mereka sudah bisa memahami maksud dan arti dari informasi tersebut.
  4. Data terkadang tidak dapat digunakan dan diterima oleh akal pikiran penerima. Sedangkan Informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
  5. Data tidak dapat digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan, sedangkan Informasi sudah dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan.
  6. Data biasanya tersaji dalam bentuk angka, tabel dan grafik yang dimana bisa dikonversi menjadi sebuah Informasi dalam bentuk teks, frase, atau gambar-gambar ilustratif tertentu.

Kira-kira seperti itulah perbedaan data dan informasi, sudah mulai paham? Jika belum, saya akan coba sajikan dalam sebuah bentuk yang sederhana.

Tabel Perbedaan Data dan Informasi

NoDataInformasi
1Belum memiliki makna apapunSudah mempunyai makna tertentu
2Masih berupa mentahanHasil dari pengolahan data
3Secara sekilas, tidak bisa dipahami maksudnyaSecara sekilas, maksudnya sudah bisa langsung dipahami
4Tidak dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusanSudah dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan
5Biasanya disajikan dalam bentuk angka, tabel, atau grafikBiasanya disajikan dalam bentuk teks, frase, atau gambar-gambar tertentu

Sudah mulai paham? Ya semoga membantu. Jika dirasa masih belum paham, mungkin Anda harus mempelajari dulu pengertian data dan informasi. Dibawah ini akan disajikan tulisan pendukung agar Anda lebih mudah memahami perbedaan data dan informasi.

Pengertian Data

Kita sangat sering mendengar kata “Data” atau “Informasi” melalui media seperti koran, berita online, website, bahkan dari grup WA sekalipun. Namun mungkin diantara kita masih belum bisa membedakan data dan informasi.

Diatas, saya sudah sedikit menjelaskan perbedaan data dan informasi. Kali ini saya akan menjelaskan pengertian data secara spesifik agar lebih mudah dipahami.

perbedaan data dan informasi
datakomputer.com

Apasih data itu? Data adalah/data merupakan:

  1. Sebuah hasil yang diperoleh dari lapangan dan tanpa ada pengolahan data terlebih dahulu. Istilah data ini sering kita pakai pada ilmu-ilmu statistik, atau cabang ilmu lain yang berhubungan dengan metode statistik, ilmu eksak, atau ilmu komputer.
  2. Suatu fakta-fakta ataupun rincian peristiwa yang sifatnya masih mentah dan juga belum diolah.
  3. Fakta yang berbentuk angka-angka, karakter, simbol-simbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, atau bunyi yang merepresentasikan keadaan sesungguhnya pada sebuah peristiwa yang selanjutnya dipakai dalam suatu Sistem Informasi.
  4. Deskripsi atau penjelasan dari sesuatu dan peristiwa yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face).
  5. Kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian secara nyata.
  6. Bahan yang berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol, kata-kata yang akan diolah/diproses yang kemudian akan menunjukkan situasi dan lain lain yang berdiri sendiri.
  7. Fakta tersurat biasa dalam bentuk catatan atau tulisan tentang suatu obyek. (Pengertian simpelnya)
  8. Segala sesuatu yang bisa di-save dalam memori menurut format tertentu. (Dalam dunia komputer)
  9. Komponen dasar dari sebuah informasi yang kemudian akan diolah lebih lanjut untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat.
  10. Fakta yang sudah disajikan dalam bentuk catatan atau rekaman ke dalam berbagai bentuk media tertentu.
  11. Sebuah kata yang memiliki sifat plural, merupakan bentuk jamak dari kata datum. Datum itu hanya terdiri dari satu buah fakta atau rincian peristiwa saja. Karena dalam setiap peristiwa atau pun fakta itu tidak hanya terdiri dari satu buah fakta dan penjelasan saja, maka kita jarang sekali menggunakan istilah datum untuk mencerminkan fakta dan rincian dari sebuah peristiwa.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian data menurut para ahli:

Anhar: Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

Kuswadi dan E. Mutiara: Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat.

J. Sriyanto: Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

Kristanto: Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian.

Supriyanto dan Ahmad Muhsin: Data merupakan bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan benda dan lain sebagainya.

perbedaan data dan informasi
r-bloggers.com

Lia Kuswayatno: Data merupakan sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Nuzulla Agustina: Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sedah sering terjadi dan berupa berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Selamet Riyadi: Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lembang-lambang.

Zulkifli A.M: Data merupakan keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum diolah.

Haer Thalib: Data merupakan sekumpulan fakta yang tak lain adalah sebuah kejadian atau kenyataan.

Arikunto: Data merupakan semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahkan untuk menyusun sebuah informasi.

Ciri-ciri Data

Dari pengertian data diatas diharapkan kita bisa dengan mudah menentukan perbedaan data dan informasi. Ternyata data juga memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu:

  1. Data tidak mempunyai makna apapun sebelum diolah sedemikian rupa.
  2. Data itu terdiri atas beberapa bentuk data tunggal atau datum yang dihimpun dari fakta suatu peristiwa, baik dari pengamatan/observasi atau pun wawancara.
  3. Seberapa banyak dan seberapa lengkap data yang kita milki, jika belum diolah maka data tersebut tidak bisa menjadi alat bukti yang sah sebagai kejelasan atas suatu peristiwa.

Pengertian Informasi

Jika pengertian data sudah dipahami, maka sekarang mari kita pelajari pengertian informasi agar nantinya lebih mudah memahami perbedaan data dan informasi.

perbedaan data dan informasi
dishub.acehprov.go.id

Apa sih informasi itu? Informasi adalah/informasi merupakan:

  1. Hasil proses atau hasil pengolahan data yang meliputi: Hasil gabungan, hasil analisa, hasil pengambilan kesimpulan, dan hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.
  2. Segala sesuatu yang ditampilkan oleh komputer dalam sebuah media biasanya sebagai hasil dari sebuah proses komputasi.
  3. Fakta tersirat yang muncul dalam benak teknisi itu sesudah mencermati dan mengolahnya dengan tertib, berdasarkan model yang diyakini sebagai hal yang benar ada dalam keseluruhan persoalan tersebut.
  4. Fakta tersembunyi dibalik himpunan fakta yang sudah dicatat, dan baru diketemukan sesudah diolah atau dicerna.
  5. Data hasil pengolahan Sistem Informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
  6. Kumpulan data, yang sudah diolah sedemikain rupa, sehingga menjadi informasi dan bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Azhar Susanto: Informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.

Burch & Strater: Informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.

George R. Terry: Informasi sebagai data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

Jogianto: Informasi sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang menerima informasi.

Jogiyanto H.M: Informasi sebagai hasil dari pengolahan data kedalam bentuk yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penerimanya dan menggambarkan suatu peristiwa-kejadian (event) yang real (fact) yang digunakan untuk mengambil keputusan.

perbedaan data dan informasi
franchiseindia.com

Raymond Mc.leod: Informasi sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti penting bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan, baik saat itu juga maupun masa yang akan datang.

Abdul Kadir, McFadden dkk: Informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Lani Sidharta: Informasi sebagai data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan.

Anton M. Meliono: Informasi merupakan suatu data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Dimana tujuannya ialah agar menghasilkan suatu keputusan.

George H. Bodnar: Informasi merupakan data yang diolah sedemikian rupa, sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.

Tata Sutabri: Informasi ialah data yang diolah/diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan.

Gordon B. Davis: Informasi yakni suatu data yang sudah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima informasi dan berguna dalam pengambilan keputusan

Ciri–ciri Informasi

Dari pengertian informasi diatas diharapkan kita bisa dengan mudah menentukan perbedaan data dan informasi. Ternyata informasi juga memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu:

  1. Informasi adalah data yang sudah diolah dengan berbagai metode dan teknik analisis.
  2. Informasi sudah pasti akan bermanfaat bagi setiap orang.
  3. Informasi mampu menjawab dugaan, hipotesis, keyakinan, dan juga memastikan suatu hal dari sebuah peristiwa.

Contoh Data dan Informasi

Dibawah ini disajikan beberapa contoh data dan informasi, semoga bisa membantu menambah pemahaman Anda tentang perbedaan data dan informasi.

Contoh data

Supaya lebih paham dengan pengertian data, maka berikut ini adalah beberapa contoh yang menunjukkan apa itu data:

  1. Ketika seseorang melakukan sebuah penelitian tentang kecenderungan memilih calon presiden kepada warga Jawa Barat, kemudian pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, maka data-data yang terkumpul seperti nama, jenis kelamin, hasil skoring, dan lain-lain itu merupakan data. Nah data ini tidak memiliki apapun sebelum diolah menggunakan analisis tertentu.
  2. Seorang bendahara akan membuat sebuah laporan keuangan, kemudian melihat riwayat transaksi sebuah perusahaan, maka riwayat transaksi ini merupakan data.
  3. Seorang dokter akan menvonis sebuah penyakit kepada pasiennya dengan melihat hasil pemeriksaan tekanan darah, suhu, tubuh, dan lain-lain, maka hasil pemeriksaan tersebut merupakan data.

Contoh Informasi

  1. 65% dari penduduk Jawa Barat cenderung memilih calon Presiden nomor urut 2.
  2. Telah terjadi defisit keuangan pada sebuah Perusahaan A akibat terlalu banyak pengeluaran untuk pasang iklan.
  3. Seorang pasien mengidap penyakit mematikan yaitu Sakit Hati akibat terlalu sering disakiti oleh pasangannya.

Hubungan Data dan Informasi

Mari kita pahami mengenai hubungan data dan Informasi.

Pada intinya data merupakan bahan baku untuk pembuatan sebuah informasi. Data dikumpulkan sedemikian rupa melalui metode pengumpulan tertentu. Kemudian data yang sudah terkumpul akan diolah menggunakan analisis tertentu sehingga menghasilkan sebuah informasi yang akan berguna bagi khalayak ramai.

perbedaan data dan informasi
ico.org.uk

Pada akhirnya, informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna. Informai akan menggambarkan suatu peristiwa nyata dan dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya. Sebuah informasi yang aktual diperoleh dari data-data yang dikumpulkan dari sebuah peristiwa, penelitian atau pengawasan.

Jadi, informasi itu akan menjadi sebuah penjelasan dari data yang ada yang dikonversi menjadi kata-kata yang bermanfaat dan mudah dimengerti. Sehingga hubungan data dan informasi sangatlah erat, bahkan dengan kata lain tidak dapat dipisahkan.

Bagan Data dan Informasi Beserta Penjelasannya

Berikut ini proses data menjadi informasi:

perbedaan data dan informasi
Bagan hubungan data dan informasi

Pada intinya adalah Data yang sudah terkumpul langusng dianalisis baru kemudian diambil kesimpulan sebagai sebuah informasi.

Pada proses ini, dimulai dengan pengumpulan data dengan cara kuesioner, penelitian, pengawasan, wawancara, dan-lain-lain. Kemudian ketika sudah terkumpul maka jadilah data yang masih mentah. Barulah kemudian data dipilah-pilah yang disebut data cleaning. Lalu data tersebut dianalisis sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Nah kesimpulan inilah yang akan dikonversi ke bahasa yang mudah dipahami dan jadilah informasi.

Bonus Video

Ini ada video sederhana dari salah seorang pengguna youtube mengenai pengertian data dan pengertian informasi, contoh data dan contoh informasi, juga perbedaan data dan informasi, semoga membantu.

Tinggalkan komentar