Arti DM

Kamu minat? DM ya!”. Sering mendengar kalimat semacam itu? Biasanya kamu melihat kalimat ini di kolom komentar beberapa media sosial, khususnya instagram. Tapi, apa kamu tahu apa arti DM yang dimaksud? Simak ulasannya di sini, supaya kamu gak ketinggalan zaman.

Pengertian DM

arti direct messageDM atau Direct Message adalah pesan yang dikirim langsung kepada seseorang. Ada juga yang mengartikannya sebagai Private Messege (PM) atau pengiriman pesan secara pribadi. Layanan ini digunakan dengan tujuan menjaga privasi orang-orang yang berkomunikasi, sehingga percakapannya tidak diketahui oleh publik.

Biasanya istilah DM muncul ketika toko-toko online sedang mengeposkan iklan produk yang mereka jual. Tujuannya tak lain untuk mengajak calon pembeli agar langsung mengirimkan pesan untuk membeli produk yang sedang dipromosikan.

Arti DM di WA (Whatsapp)

pengertian dm di whatsapp
gadgets.ndtv.com

Istilah DM di Whatsapp ini memiliki pengertian yang sama dengan DM pada umumnya. Namun biasanya berbalas pesan di aplikasi ini lebih dikenal dengan sebutan Personal Chat (PC). Bila seseorang menuliskan DM dengan menuliskan nomor HP atau secara eksplisit mencantumkan tulisan WA, maka ini berarti direct message dilakukan melalui media whatsapp.

Arti DM di Facebook

pengertian dm di facebook
blog.fanpagekarma.com

Kalau di Facebook, DM lebih dikenal dengan sebutan inbox untuk menyampaikan sesuatu secara privat. DM di Facebook ini diperuntukan bagi kamu yang ingin melakukan percakapan pada orang tertentu tanpa harus memenuhi wall atau beranda orang lain.

Layanan percakapan pada Facebook juga bisa melalui aplikasi bernama Messenger dengan fitur yang lebih lengkap seperti adanya emoji, stiker, dan bisa mengirim foto atau video. Aplikasi ini dapat mengirim pesan kepada orang-orang yang menjalin pertemanan dengan akun Facebook kita, maupun kepada nomor handphone yang ada dikontak ponsel.

Arti DM di BBM

arti dm di bbm
itunes.apple.com

DM di BBM memiliki arti yang berbeda dari sosial media lainnya. DM di sini adalah singkatan dari Desktop Manager atau BlackBerry Desktop Manager (BDM). BDM adalah software pada komputer yang berfungsi seperti PC Suite khusus dan hanya dapat dipasang pada perangkat BlackBerry saja. DM ini biasa digunakan untuk sinkronisasi data dari perangkat BB dengan komputer.

Baca Juga Dong  Daftar Kode Bank yang Ada di Indonesia Termasuk Bank Negara, Swasta, Syariah, dan Daerah

Arti dan Letak DM Instagram

pengertian dm di instagram
techgyo.com

Arti DM di Instagram adalah pesan pribadi yang bisa kamu kirim langsung kepada orang tertentu. Kini DM sudah dilengkapi dengan fitur mengirim sebuah foto/video, mengomentari sebuah instastory, dan membagikan postingan dari akun orang lain. Tak hanya itu, mengirim foto maupun video tersebut bisa langsung dikirm atau di tag dari instastory yang kita muat. Keren, bukan!

Kamu juga bisa melakukan broadcast seperti pada aplikasi BBM dengan DM ini. Bagi kamu yang memiliki toko online kini bisa memasarkan produk mu melalui Instagram.

Berdasarkan aplikasi Instagram versi terbaru, letak DM ini berada di pojok kanan atas di halaman timeline (home). Kamu tinggal klik gambar seperti pesawat kertas yang membentuk panah ke atas.

Cara lain yang lebih mudah, kamu bisa mencoba menggeser layar ke kanan (menarik halaman timeline ke kanan), untuk pindah ke halaman DM Instagram yang ada di sebelah kanan. Tampilan fitur DM pun akan muncul.

Setelah masuk ke halaman DM, kemudian klik tanda tambah (+) yang ada di pojok kanan atas. Kamu juga bisa melihat history atau balasan pesan di sana.

Mengirim pesan melalui fitur ini juga bisa melalui pos seseorang yang dibawahnya terdapat gambar serupa. Kemudian, pilih kepada siapa kamu akan megirimkan pos tersebut. Kamu juga bisa mencari akun pengeposnya.

Kamu bisa pula membuat grup atau multichat di DM. Kamu hanya tinggal menandai beberapa orang dan jika perlu kamu dapat memberi nama pada grup chat tersebut.

Kecanggihan DM Instagram Masa Depan

arti dm
seguidores.online

Sama halnya dengan facebook yang mewariskan fitur perpesanannya berupa aplikasi seperti halnya messenger, hal serupa pun akan diikuti oleh Instagram. Strategi ini memang diadopsi dari facebook, di mana nantinya akan ada pesan langsung atau direct message yang masuk ke dalam ponsel kamu melalui aplikasi bernama “direct”.

Aplikasi ini masih dalam tahap uji coba di beberapa negara seperti Portugal, Chili, Itali, Uruguay, Turki dan beberapa negara lainnya. Ketika aplikasi ini terpasang di perangkat, maka otomatis kontak masuk yang ada di aplikasi utama Instagram akan muncul juga di aplikasi Direct ini.

Baca Juga Dong  Manfaat Daun Sirsak untuk Menghilangkan Jerawat, Komedo, dan Flek Hitam

Jadi, pengguna Instagram dapat melakukan percakapan dengan follower mereka tanpa harus membuka aplikasi utama terlebih dahulu. Pengembangan Direct Message menjadi sebuah aplikasi Direct ini dengan tujuan memudahkan para pengguna Instagram untuk berinteraksi lebih banyak.

Hal ini pun yang menjadi pertimbangan dari pihak Instagram yang diutarakan oleh sang manajer, Hemal Shah. Pada aplikasi tersebut nantinya akan ditambah fitur-fitur lain yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada KompasTekno dari Android Authority, Senin 11/12/2017 lalu, dijelaskan bahwa ada tiga layar utama yang akan tersedia di aplikasi Direct. Pertama, adanya menu pengaturan. Kedua, pesan masuk untuk memeriksa pesan. Ketiga, layar utama untuk mengirim pesan kepada pengguna lainnya.

Kemudian ditambah cara mudah untuk membuka aplikasi utama Instagram hanya dengan menggeser layar ke kanan. Jadi lebih praktis, bukan!

Di dalam aplikasi ini hadir semakin menarik dengan adanya filter eksklusif bagi kamu untuk membuat foto dan video. Di mana filter eksklusif ini belum pernah ada pada aplikasi utama Instagram. Misalnya seperti filter lucu yang mengganti suara pengguna.

Kemajuan teknologi ini membuat DM menjadi semakin praktis dan efektif untuk mengirim pesan. Semoga di Indonesia cepat rilis, ya! Jadi, kamu bisa tambah eksis di dunia maya.

Sekarang kamu sudah tahu apa arti DM. Jadi, bisa mengoptimalkan fungsi media sosial kamu, deh!

Tinggalkan komentar