Arti Endorse

Sebagai pengguna sosial media, tentu kita sudah sering mendengar istilah endorse atau endorsement. Istilah ini dikenal sebagai iklan yang dibawakan para artis ternama yang dipajang pada akun media sosial mereka. Namun, apakah arti endorse sebenarnya? Mari kita simak ulasannya berikut ini bersama admin ganteng ekspektasia.

Pengertian Endorse

arti endorse di instagram
alona.co.id

Menurut bahasa indonesia endorse adalah suatu tindakan mendukung, menyuport atau memberi sebuah saran. Pengertian endorsement terbagi menjadi 3 tergantung penempatannya, yaitu:

1. Arti Endorsement dalam Sosial Media

arti endorse di social media

Endorse adalah bentuk kerja sama antara satu pihak dengan pihak yang lain dalam mempromosikan produk tertentu, sehingga keduanya mendapatkan keuntungan. Biasanya, kerja sama ini melibatkan online shop dan artis terkenal atau influencer yang sudah punya reputasi.

Endorse semacam ini sudah semakin ramai di Instagram, tweeter, facebook, dan akun media sosial lainnya. Seolah tidak mau kalah tren, kebanyakan online shop menggunakan cara endorse agar meraih kepercayaan calon pembeli.

Mula-mula, pihak online shop akan memberikan produk mereka secara cuma-cuma kepada endorser yang diinginkan. Endorser tersebut lalu akan mengambil gambar dirinya yang sedang menggunakan produk kamu dan mengeposkannya di akun media sosial pribadi miliknya.

Atas gambar, testimoni, ataupun ulasan yang diberikan oleh endorser, maka kamu selaku pemakai jasa endorsement mesti membayar. Biasanya nominal ditentukan berdasarkan tarif yang diajukan oleh pihak endorser. Tentunya kamu bisa menawar nominal agar saling sepakat alias sama-sama suka.

Namun yang pasti, produk kamu wajib diberikan kepada endorser. Jangan sampai kamu meminta ulasan palsu demi mengejar kepercayaan calon konsumen, ya!

2. Arti Endorsement dalam Asuransi

arti endorse dalam asuransi
Picpedia.org

Endorsement dalam asuransi memiliki pengertian yang jauh berbeda. Dalam asuransi, endorse berarti lampiran dalam perubahan-perubahan data polis pelanggan, sehingga dapat memperluas ataupun mempersempit jaminan yang diberikan.

Endorsement dalam ranah asuransi memang sangat serius dan tidak berkaitan sama sekali dengan online shop. Bukan cuma itu, endorse dalam asuransi pun tak memerlukan peran artis maupun akun media sosial.

Baca Juga Dong  Daftar Kode Bank yang Ada di Indonesia Termasuk Bank Negara, Swasta, Syariah, dan Daerah

3. Endorsement dalam Bank

arti endorsement dalam bank

Lain lagi dengan pengertian endorsement dalam bank. Di sini, endorsement berarti memberi kuasa berupa pengalihan hak milik yang diserahkan kepada orang lain. Misalnya, endorsement cek yang di dalamnya tercantum nama dan tanda tangan pengesahan dari pemilik uang, sehingga dananya bisa dicairkan oleh orang lain.

Arti Endorse Menurut Wikipedia

arti endorse menurut wikipedia

Endorse adalah wikipedia, menjelaskan bahwa cara ini merupakan bagian dari strategi komunikasi atau penyampaian informasi dari mulut ke mulut. Sebenarnya cara pemasaran melalui endorse ini merupakan sistem berjualan dengan pemasaran dari seseorang ke publik.

Seorang yang punya pengaruh besar dan memiliki banyak pengikut, adalah kriteria yang tepat untuk melakukan endorsement. Jadi, sebenarnya kmau tidak mesti memilih endorser dari kalangan artis saja. Kamu juga bisa memilih celebgram atau yang dikenal dengan istilah artis instagram.

Sebenarnya bukan hanya ada celebgram saja. Ada juga yang dikenal dengan artis youtube, yakni orang dengan jutaan subscriber. Satu video saja, bisa ratusan juta bahkan milyaran kali ditonton.

Demikian pula dengan artis di facebook. Ada orang yang kemudian membuat Fanspage facebook dengan banyak like dan followers. Semakin banyak orang yang mengikuti akun kamu, maka bertambah tinggi juga peluang untuk memperoleh pembeli.

Fenomena endorsement ini menjadi begitu populer. Karena banyak orang yang lebih tertarik untuk membeli merek tertentu, jika sudah dipakai dan mendapatkan testimoni ataupun ulasan oleh orang yang terkenal. Terlebih jika endorser yang kamu pilih memang sudah punya fans club sendiri.

Dalam waktu singkat, produk kamu bisa diborong oleh mereka yang merupakan fans endorser. Bahkan bisa jadi untuk rilis produk terbaru berikutnya, para fans akan kembali membeli produk kamu.

Arti Cowok Endorse

arti cowok endorse

Ada lagi istilah cowok endorse. Apa sebenarnya arti istilah tersebut?

Istilah cowok endorse semakin populer mengingat gaya fashion kini bukan hanya digandrungi oleh gadis-gadis muda. Cowok pun ingin tampil gaya dengan mengikuti tren busana yang ada. Nah, di sinilah cowok endorse berperan. Beberapa nama cowok endorser yang sudah sangat populer antara lain; Glenn Alinskie, Raffi Ahmad, Kaesang Pangarep, hingga Billy Davidson.

Baca Juga Dong  Setya Novanto Korupsi? PERCAYALAH Ini Adalah Anugerah untuk Indonesia

Tarif Endorse Artis

tarif endorse artis
blog.jaringanhosting.com

Untuk mendapatkan endorsement  dari para artis, ada harga yang harus dibayar para pemilik online shop. Nominalnya mulai dari 2 juta hingga lebih dari 10 juta rupiah. Jangan salah, di mancanegara, artis-artis sosialita yang menerima tawaran endorse bisa memperoleh hingga ratusan juta rupiah untuk sekali endorse per produk.

Semua tergantung seberapa populer endorser yang digunakan. Semakin tinggi pengaruh sang endorser, maka semakin besar juga potensi pendapatan yang bakal kamu raih nantinya.

Siapa pun yang kamu pilih untuk melakukan endorsement atas produk atau dagangan kamu, pastikan dampaknya jelas. Maksudnya, kamu perlu mengukur tingkat keberhasilan endorsement yang dilakukan oleh endorser yang sudah dipilih.

Bila dirasa tak ada pengaruh yang signifikan, sebaiknya hentikan sementara kegiatan endorse. Apalagi jika memang tak ada efek sama sekali. Soalnya, masih banyak cara lain yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Sebaliknya, bila memang pengaruh terlihat sangat jelas, maka kamu bisa melanjutkan proses endorse.

Itulah sedikit ulasan mengenai arti endorse. Bila akun media sosial kamu punya pengikut yang sangat banyak, tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi endorser juga, lho! Sedikit tips untuk endorser pemula. Jangan memasang tarif terlampau tinggi atau terlalu rendah, ya! Yang pasti sesuaikan dengan jenis produk yang akan di endorse.

Tinggalkan komentar