Arti Candid dalam Fotografi Disertai Tips Lengkap Cara Memotret Candid

Hampir semua orang suka berfoto. Mulai dari foto selfie sampai foto candid. Buat kamu yang sering berfoto, mungkin perbedaan antara kedua jenis foto tadi sudah diketahui. Tapi, bila kamu termasuk newbie mungkin kamu perlu menyimak artikel ini untuk mengetahui arti candid.

Jangan kira kalau candid adalah singkatan atau padanan kata, ya! Candid itu bukanlah sebuah singkatan. Candid merupakan kata dalam bahasa ingggis. Jadi, tidak ada yang namanya kepanjangan candid.

Arti candid dalam bahasa Indonesia adalah tulus, terus terang, atau apa adanya. Candid yang sebenarnya adalah tindakan mengambil foto atau video seseorang secara diam-diam, tanapa diketahui orang tersebut.

arti candid
streetphotographymagazine.com

Berbeda dengan selfie, orang yang hendak difoto dengan jelas melihat ke arah kamera yang tertuju kepada dirinya. Malahan mereka suka membumbui gaya foto mereka dengan pose dan ekspresi tertentu di depan kamera.

Pengertian Candid

Candid Camera

arti candid
en.wikipedia.org

Inilah salah satu teknik memotret atau pengambilan gambar menggunakan kamera terhadap objek hidup dengan mengambil sudut gambar yang menarik tanpa sepengetahuan objek gambar. Dengan demikian objek gambar akan memberikan pose yang natural.

Teknik ini sering sekali digunakan paparazzi yang kerap menguntit artis-artis ternama yang  sulit diwawancarai oleh wartawan dan enggan untuk difoto. Dengan cara candid, gambar terbaik artis atau yang terburuk, bisa didapatkan dan dapat ditawarkan ke media terkemuka.

Candid dalam Fotografi

arti candid
twitter.com

Bisa dikatakan bahwa candid adalah bentuk jurnalistik paling murni. Ini merupakan teknik untuk mengabadikan suatu peristiwa dari sisi kehidupan yang sebenarnya. Misalnya sebuah kejadian fenomenal di Perang Dunia, bencana alam, maupun kegiatan sehari-hari yang memiliki banyak nilai dan arti.

Fotografer Bresson dan Weegee misalnya, yang dikenal dengan pengalamannya menceritakan sebuah kisah yanga ada dalam kehidupan dunia nyata melalui sebuah foto. Kita sebagai orang awam yang melihatnya pun dapat menilai gambar tersebut dengan intuisi, makna apa yang ingin disampaikan melalui gambar yang ditampilkan.

Baca Juga: Arti Caption dalam Instagram dan Media Sosial Lain

Apa Arti Candid di Instagram

arti candid
DigitalMarketer.id

Bagi kamu yang suka upload foto di akun media sosial, pasti menginginkan gambar terbaik untuk diposkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan foto candid.

Arti candid di instagram adalah apa yang dipahami dan kerap dilakukan oleh anak-anak muda zaman now. Allih-alih mengambil foto atau video tanpa sepengetahuan objeknya, justru gambar diambil kadang atas permintaan.

Sebagai contoh, seorang yang meminta diambil fotonya saat sedang menyanyi atau melakukan penampilan atau dengan berlatar belakang pemandangan alam. Objek yang difoto atau direkam, tahu bahwa dirinya sedang berada di dalam sorotan kamera. Hanya saja, berpura-pura tidak tahu dan berupaya untuk bergaya senatural mungkin.

Namun ada juga, foto candid yang mengabadikan sebuah momen di mana target benar-benar tidak menyadari bahwa dirinya sedang difoto. Alhasil, ekspresi wajah yang tertangkap bakal terlihat lucu, konyol, atau mungkin unik.

Manfaat Candid Camera

arti candid
blibli.com

Meski terkesan nirmanfaat, akan tetapi candid camera bisa menjadi media untuk menyampaikan informasi yang jauh bermakna ketimbang memakai kata-kata. Misalnya saja pada sebuah fenomena gizi buruk di Papua-Indonesia. Seorang jurnalis mengabadikan kehidupan anak-anak di sana. Bagaimana keseharian mereka, penderitaan yang mereka rasakan, dan lainnya.

Ketika foto-foto tersebut dipublikasikan ke dunia luas, maka akan ada jutaan pasang mata yang melihat bagaimana kondisi sebenarnya para penderita gizi buruk tersebut. Masyarakat pun bisa melihat dan ikut merasakan penderitaan yang mereka alami.

Kemudian orang-orang akan membuat suatu penggalangan dana agar masyarakat di Papua bisa terbantu dan gizi buruk tidak lagi menyerang anak-anak di sana. Dengan begitu, foto candid yang dilakukan justru membuat perubahan besar dan memberikan manfaat yang luas bagi orang yang membutuhkan.

Candid pun, ternyata bisa dimanfaatkan untuk menangkap kejadian pencurian atau kejahatan kriminal lainnya lewat rekaman CCTV. Dengan begitu, kita bisa membantu petugas kepolisian dalam mengusut kasus tesebut. Hebat, bukan?

Bahkan tanpa disadari, manfaa foto candid salah satunya adalah untuk mengabadikan momen bersejarah atau suatu peristiwa besar. Foto sejenis itu pun kemudian dapat dipublikasikan di media massa, menjadi sumber bukti adanya sejarah, dan menjadi informasi pada masa kini.

Foto-foto pada momen bersejarah, seperti konferensi internasional juga mengandung candid camera. Pasalnya, para tokoh tersebut tidak memedulikan kamera ketika sedang berpidato atau telah menyampaikan sesuatu. Contohnya, pada momen pembacaan teks proklamasi kemerdekaan tahun 1945, Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, Konferensi Meja Bundar tahun 1949, dan lain-lain.

Tips Memotret Secara Candid

Dilarang Menggunakan Flash

arti candid
fastforwardunlimited.com

Saat melakukan candid camera, kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan flash agar tidak ketahuan target foto. Karena cahaya flash akan meraih perhatian objek, sehingga tidak lagi bersifat candid. Agar tetap terlihat terang, maka kamu bisa mengatur ISO yang ada di kameramu.

Sering Membawa Kamera

arti candid
twitter.com

Hendaknya kamu selalu membawa kamera kemana-mana, agar tidak ketinggalan momen menarik yang bisa dijadikan foto candid yang bagus. Jadi kamu harus siap kapan pun dalam segala situasi, menunggu dengan sabar dan sigap dalam pengambilan gambar.

Adanya Konteks Tambahan

arti candid
instagram.com

Usahakan mengambil gambar dengan sudut-sudut tertentu yang dapat menambah kesan unik dalam foto. Bukan hanya full wajah objek saja yang diambil, karena akan terlihat sangat monoton.

Supaya terlihat alami, ambil juga sebagian latar belakang yang ada di sekitarnya. Dengan begitu hasil candid kamu akan terlihat lebih menarik.

Setelah mengetahui arti candid, tidakkah kamu tertarik untuk mencobanya? Yang pasti, latihan dan sering memotret akan meningkatkan kualitas hasil foto kamu, lho!

Tinggalkan komentar