Cara Burning CD atau DVD

Compact Disk (CD) dan DVD adalah media penyimpanan yang cukup populer di masanya. Keberadaan keduanya saat ini sudah mulai tersingkirkan oleh munculnya media penyimpanan baru seperti flashdisk dan hard disk. Semakin maju dunia teknologi, eksitensi dari CD dan DVD mulai hilang. Berbeda dengan media penyimpanan sekarang, CD dan DVD harus di burning terlebih dahulu jika ingin memasukan berkas ke dalamnya. Lalu apa pengertian dari burning dan bagaimana cara burning CD? Selengkapnya ada di artikel ini!

Burning merupakan proses untuk memasukan file ke dalam CD atau DVD. Misalnya ketika ingin memutar file video di CD, maka video tersebut harus di burn dalam format yang compatible juga. Itulah fungsi burning cd yang perlu Anda ketahui sebelum mudahnya menjalankan file di media penyimpanan eksternal seperti saat ini. Apabila Anda masih menggunakan CD untuk media penyimpanan, ketahui cara burning CD berikut ini.

Cara Burning CD Di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Jika PC atau laptop Anda menggunakan sistem operasi windows 10, berikut cara burning CD atau DVD di Windows 10. Tutorial ini tanpa menggunakan software dan hanya memanfaatkan fitur burning disc Windows 10 built-in. Di sini Anda bisa burning video, musik, gambar, dan data lainnya. Setelah file di burning, maka file tersebut tidak dapat diedit karena akan tersimpan secara permanen. Ingin tahu tutorialnya? Simak pembahasan di bawah ini:

1. Masukkan CD atau DVD Drive Ke PC/Laptop

cara burning cd
bixbux.com

Tutorial ini untuk memburning CD atau DVD sebagai penyimpanan file. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan CD atau DVD drive tersebut dan masukkan ke PC atau Laptop yang memiliki slot DVD drive.

2. Pilih File yang Ingin Diburning Pada CD atau DVD

burning cd di windows 10
Cara Burning CD di Windows 10 – bixbux.com

Setelah CD atau DVD terbaca, selanjutnya Anda pilih file yang ingin dimasukkan ke dalam CD/DVD. Selanjutnya, klik kanan pada mouse dan pilih “sent to > DVD RW Drive (F:) untuk memindahkan file. Kemudian, akan muncul jendela Burn a Disc. Anda bisa mengedit judul dari disc di Disc title. Anda bisa memilih “With a CD/DVD player” lalu klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

Baca Juga Dong  Cara Aktivasi Windows 10

3. Lakukan Burning Pada CD atau DVD

Cara Burning CD di Windows 10
Cara Burning CD di Windows 10 – bixbux.com

Selanjutnya akan terbuka jendela baru yang menunjukkan bahwa file atau folder tersebut sudah berada di DVD RW Drive. Namun apabila tidak terbuka jendela baru, maka cari di This PC > DVD RW Drive (F:). Pilih tab Manage (Drive Tools) dan klik “Finish burning” jika file atau folder sudah berada di drive DVD. Selanjutnya akan tampil jendela baru untuk mengubah judul Disc. Jika sudah, klik Next untuk melanjutkan.

4. Selesai

Cara Burning CD di Windows 10
Cara Burning CD di Windows 10 – bixbux.com

Tunggu hingga proses burning CD/DVD selesai. Klik Next. Nah, sekarang file tersebut sudah berhasil dimasukkan ke CD/DVD kosong yang sudah diburning. File tersebut tidak bisa dihapus karena bersifat permanen.

Cara Burning CD Windows 8 Tanpa Software

Cara burning cd tanpa software juga bisa dilakukan di windows 8.  Jika sistem operasi yang Anda miliki berupa windows 8 dan ingin memburning CD atau DVD. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

1. Masukkan CD/DVD Drive ke PC/Laptop

cara burning cd dvd di windows 8
it-jurnal.com

Masukkan cd yang kosong ke pc/laptop sehingga akan muncul gambar seperti di atas. Pilihlah “With a CD/DVD player” lalu klik next. Pindahkan file yang ingin di burning ke cd drive.

2. Lakukan burning

cara burning cd dvd di windows 8
it-jurnal.com

Setelah file atau folder berada di cd drive, kemudian pilih “burn to disc” dan klik “next” hingga finish. Selamat! Cd Anda sudah diisi dengan file atau folder sesuai dengan kebutuhan.

Cara Burning CD Windows 7 Tanpa Software

Jika pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara burning cd di windows 10 dan 8. Di bawah ini akan diberikan tutorial atau langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk burning CD di windows 7 tanpa menggunakan software:

1. Masukkan CD/DVD Drive ke PC/Laptop

burning cd dvd windows 7
berakal.com

Siapkan CD/DVD yang kosong dan masukkan ke CD ROM yang ada di PC. Jika muncul question box yang isinya informasi untuk apa Disk tersebut dimasukkan. Beri nama CD/DVD tersebut sesuai kebutuhan lalu pilih opsi “With a CD/ DVD Player” yang merupakan opsi format CD/ DVD. Klik next untuk melanjutkan.

Baca Juga Dong  Aplikasi Edit Video Android

2. Masukan file atau folder untuk di burning di CD Drive dan lakukan proses burning

burning cd dvd windows 7
howtogeek.com

Langkah selanjutnya yaitu memasukan file atau folder yang ingin diburning ke CD drive. Tekan tombol “burn” di bagian menu atas dan tunggu hingga proses transfer file selesai. Selanjutnya klik pada CD-ROM dan klik “Burn to Disc”. Kemdian akan muncul jendela baru untuk menentukan nama CD. Pilih nama seusai keinginan dan tentukan kecepatannya lalu klik “Next”. Tunggu hingga proses selesai, dan CD-ROM burning telah selesai.

Cara Burning CD Di Nero

Burning CD juga bisa dilakukan dengan software burning cd bernama Nero. Nero burning sudah cukup populer untuk burning CD dan Anda bisa mendapatkannya langsung di web resmi Nero. Namun, perlu diketahui bahwa Nero sifatnya berbayar. Anda bisa mmenggunakan versi trial dari Nero selama 15 hari untuk mendapatkan fiturnya secara gratis. Untuk tutorial burning cd menggunakan nero, Anda bisa mempraktekan langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan instal software Nero

Silakan menuju ke situs resmi dari Nero, dan pilih Nero Burning ROM dengan ukuran 3.11 MB karena di sana ada banyak jenis Nero yang lain. Setelah selesai download, lakukan penginstalan software seperti biasa di PC atau laptop.

2. Jalankan Nero Burning ROM

burning cd dvd di nero
bixbux.com
burning cd dvd di nero
bixbux.com

Siapkan CD yang akan diburning di Nero Burning ROM dan jalankan softwarenya. Jika sudah muncul seperti tampilan di atas, selanjutnya klik “file” > “new” dan ikuti pengaturannya untuk “burning file pada CD-ROM (UDF) lalu klik “new” untuk menuju ke tahap selanjutnya.

3. Salin file yang akan diburning ke CD Drive

burning cd dvd di nero
bixbux.com

Salin file yang akan diburning ke CD Drive dengan cara di drag and drop atau bisa juga dengan copy paste. Anda bisa menyalin file apa saja namun disesuikan dengan besar penyimpanan dari CD yang digunakan.

4. Lakukan proses Burning

burning cd dvd di nero
bixbux.com

Jika file sudah disalin ke CD, selanjutnya klik “Burn” dan akan muncul form window terakhir untuk pengaturan sebelum burning. Jika Anda tidak memahami pengaturan pada tab burn, maka biarkan saja secara default lalu klik “Burn”.

Baca Juga Dong  Cara Mengetahui Password Wifi

5. Selesai

burning cd dvd di nero
bixbux.com

Tunggu hingga proses burning berjalan sesuai semestinya hingga selesai. Jika tampilan di Nero Burning ROM sudah seperti di atas, berarti file Anda sudah berada di media penyimpanan CD.

Itulah beberapa manfaat serta cara burning CD yang bisa anda lakukan. Bagaimana, ternyata sangat mudah ya untuk melakukan burning cd? Dengan cara diatas, dijamin hasil dari burning akan tepat sesuai. So,tunggu apa lagi? Coba sekarang juga!

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.