Cara Memotong Video

Melakukan editing video merupakan suatu hal yang mudah apabila sudah terbiasa dan susah apabila baru memulainya. Sebelum memulai proses editing, Anda perlu mempelajari hal- hal mendasar dalam pengeditan video terlebih dahulu. Siapkan peralatan editing video, seperti laptop, hp, dan aplikasi-aplikasinya. Aplikasi editing video yang tersedia ada banyak dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan Anda bisa mengetahui cara memotong video disitu.

Anda bisa memotong video untuk mengabadikan momen tertentu karena biasanya ketika video direkan dalam jangka waktu yang lama. Memotong video ini biasanya dilakukan ketika ingin mengupload video di media sosial yang hanya bisa memuat durasi pendek. Ada dua hal cara memotong video, yaitu “Trim” dan “Split”. Kedua cara ini bisa dilakukan dengan cepat jika sudah memahami konsepnya dan sudah biasa menggunakan aplikasi editing video.

Cara Memotong Video Di Hp Android

Saat ini orang sudah menggunakan video untuk mengabadikan momen. Biasanya setelah video diambil dan perlu membuat cuplikan, maka Anda bisa langsung mengedit dan memotongnya di HP android. Ada banyak aplikasi editing video di android yang bisa dengan mudah digunakan digunakan. Cara ini juga bisa menjadi cara memotong video di Instagram atau WhatsApp yang mudah dilakukan. Berikut beberapa cara memotong video di hp android:

Memotong Video Di Hp Android dengan Story Cutter

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk dapat memotong video lalu di upload di sosial media adalah dengan mengandalkan aplikasi Story Cutter. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memotong video panjang menjadi durasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sesuai dengan nama aplikasinya, Story Cutter cocok untuk memotong video yang ditujukan untuk membuat story di Instagram. Berikut cara memotong video melalui aplikasi Story Cutter:

Baca Juga Dong  Cara Aktivasi Windows 10

Download dan instal Story Cutter

Langkah awal yang tentunya harus dilakukan adalah dengan mendownload dan menginstal aplikasi Story Cutter di hp android terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di google play store secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Mungkin jika terdapat fitur-fitur tambahan yang belum tersedia, Anda bisa membayarnya untuk memperoleh semua fitur yang ada.

Jalankan aplikasi Story Cutter

cara memotong video
Buka Aplikasi Story Cutter

Jika aplikasi sudah terpasang di hp android, buka aplikasi tersebut dan pilih video yang akan dipotong sesuai dengan kebutuhan durasi waktunya. Memotong video melalui Story Cutter bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Proses pemotongan video

cara memotong video
Proses Memotong Video di Story Cutter

Apabila video yang akan dipotong durasinya sudah dipilih, maka pilihlah panjang dari masing-masing klip video yang ingin dipisahkan menjadi video asli. Opsi segmen video yang bisa dipilih antara lain: kurang dari 10 detik, 15 detik, 30 detik, 45 detik, dan 1 menit. Anda bisa mendapatkan opsi kurang dari 10 detik secara gratis. Selanjutnya konfirmasi panjang dari durasi video yang sudah dipilih tersebut.

Selesai

Selamat! Video Anda telah dipotong sesuai dengan durasi yang diinginkan setelah menunggu proses selesai. Anda bisa menelusuri setiap klip video dan menghapusnya serta memangkasnya jika ada yang tidak diinginkan.

Baca juga:

  1. Aplikasi edit video di Android
  2. Aplikasi edit video PC

Memotong Video Di Hp Android dengan Viva Video

Aplikasi kedua yang bisa diandalkan adalah viva video. Aplikasi ini juga bisa didapatkan secara gratis di google play store. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur secara menyeluruh, maka gunakan aplikasi yang berbayar. Berikut caranya memotong video di viva video:

Downlad dan instal viva video

cara memotong video di android
Aplikasi Viva Video

Aplikasi viva video bisa dengan mudah didapatkan di toko aplikasi bawaan hp android yaitu google play store. Caranya yaitu buka aplikasi google play store, cari “viva video” di tab pencarian. Jika sudah ditemukan, klik instal dan otomatis aplikasi akan terdownload dan terinstal di hp Anda.

Jalankan dan lakukan pengeditan

cara memotong video di android dengan viva video
VIva Video Android

Jika sudah terinstal, buka aplikasi dan pilih video yang akan dipotong pada galeri. Setelah dipilih, video akan muncul di timeline pada jendela aplikasi. Untuk memotong video, Anda hanya perlu menggeser durasi yang diinginkan untuk memilih bagian mana yang akan dipoting. Jika sudah, tekan “cut” atau ikon gunting untuk memotong. Lalu tekan “add” untuk menambahkannya, kemudian klik “done”

Baca Juga Dong  Pengalaman Windows 10 Terkena Black Screen

Selesai

Selamat! Video sudah terpotong sesuai keinginan dan langsung tersimpan di galeri setelah Anda klik “export to gallery”. Anda juga bisa memilih kualitas dari video yang diinginkan.

Cara Memotong Video Di PC atau Laptop

Tidak hanya di hp android saja, cara memotong video juga bisa Anda dapatkan di perangkat PC atau laptop. Terdapat aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memotong video. Selain aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan situs yang berfungsi untuk memotong video. Penasaran? Berikut ulasannya:

Memotong Video dengan Adobe Premiere Pro

Cara memotong video di premiere pro sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan aplikasi ini di pc atau laptop Anda. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk dapat memotong video di adobe premiere pro:

Siapkan video yang ingin dipotong

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu video yang ingin dipotong. Biasanya Anda mempunyai video dengan durasi yang panjang dan ingin memotongnya hanya di momen tertentu saja.

Jalankan aplikasi adobe premiere pro

cara memotong video di PC
Aplikasi Adobe Premiere Pro – berakal.com

Jika video sudah disiapkan, buka adobe premiere pro dan klik “new project”. Pilih judul editing dan lokasi dari penyimpanan file yang akan dilakukan. Tampilan antarmuka dari aplikasi ini sangat mudah dipahami bagi seorang pemula atau profesional editor sekalipun.

Lakukan pengeditan video

cara memotong video di PC
Aplikasi Adobe Premiere Pro – berakal.com

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan video yang ingin diedit dengan cara klik “import” yang ada di menu “file”. Selanjutnya video akan masuk ke library dan lakukan pemotongan video dengan durasi sesuai keinginan dengan “razor tool”. Video yang telah dipotong tersebut dapat dipisahkan dan disusun kembali dengan “selection tool”.

cara memotong video di PC premiere pro
Aplikasi Adobe Premiere Pro – berakal.com

Selesai

Memotong Video dengan Online Video Cutter

Ada situs yang menyediakan fitur untuk memotong video jika Anda tidak ingin menginstall aplikasi tambahan. Selain untuk memotong video, situs Online Video Cutter juga bisa digunakan untuk memutar video. Anda bisa melakukan pengeditan secara gratis, cepat, dan mudah. Berikut cara-caranya untuk memotong video di online video cutter:

Kunjungi web Online Video Cutter

Baca Juga Dong  Aplikasi Edit Video Android
cara memotong video online
Online Video Cutter – berakal.com

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk dilakukannya pengeditan atau pemotongan video adalah dengan mengunjungi situsnya terlebih dahulu. Anda bisa mencari di internet Online Video Cutter atau klik link di atas.

Upload video yang ingin dipotong dan lakukan pengeditan

cara memotong video online
Online Video Cutter – berakal.com
cara memotong video online
Online Video Cutter – berakal.com

Jika sudah muncul jendela awal dari situs tersebut, selanjutnya upload video yang ingin dipotong. Tunggu proses uploading selesai dan ikuti saja langkah-langkahnya untuk proses pemotongan video. Klik “potong” untuk memulai proses pemotongan video dan tunggu hingga proses tersebut selesai. Kemudian akan muncul tombol “unduh” dan silakan simpan video dengan klik tombol tersebut.

cara memotong video online
Online Video Cutter – berakal.com

Selesai

Demikianlah beberapa cara memotong video yang bisa Anda gunakan baik melalui hp android maupun pc atau laptop. Pilih sesuai dengan selera Anda karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.