Pengalaman Windows 10 Terkena Black Screen

Cara mengatasi black screen windows 10 – Sejatinya bahwa secanggih-canggihnya teknologi pasti ada kekurangannya. Teknologi itu hanya buatan manusia dimana manusia sendiri pasti memiliki error (kesalahan). Maka dari itu, teknologi yang kita pakai selama ini tidak mungkin selamanya baik-baik saja.

Cara mengatasi black screen windows 10
beginnerstech.co.uk

Kerusakan pada sebuah perangkat teknologi merupakan hal yang sangat lumrah terjadi, usia sebuah teknologi tidaklah bisa bertahan lama. Setiap waktu, teknologi itu membutuhkan upgrade.

Salah satu teknologi yang saat ini berada di sekeliling kita, dan setiap hari kita memakainya adalah gadget. Gadget yang sering saya gunakan saat ini adalah Laptop.

Kali ini saya akan berbagi sebuah pengalaman dimana laptop windows 10 saya mengalami black screen. Pada proses booting hanya stuck di layar hitam.

Penyebab Terjadinya Black Screen

Beberapa waktu lalu saya pernah mengalami sebuah error pada laptop saya karena kelalaian sendiri. Saya pernah mengalami masalah booting yang tidak sempurna. Pada saat booting, layar hanya bisa menampilkan sampai logo windows setelah itu layar hitam tapi ada kursornya.

Cara mengatasi black screen windows 10
drivereasy.com

Saya bukanlah orang yang ahli di bidang ilmu IT, saya kaget laptop saya rusak. Awalnya saya pun bingung, minta tolong orang lain juga tidak ada yang bisa. Akhirnya saya coba cari-cari di Google dan untungnya ketemu cara yang cocok.

Setelah dicari-cari ternyata penyebabnya adalah karena instal driver VGA yang tidak compatible dengan laptop saya. Jadi waktu itu saya coba update driver VGA, saya download langsung dari website resmi.

Kesalahan yang terjadi adalah saya tidak tahu pasti tipe dari VGA yang saya gunakan, mencari di google pun tidak ada informasi yang jelas, mungkin karena laptop murah hehe. Kemudian saya coba langsung browsing saja tipe driver yang saya kira-kira tipenya sama.

Karena di laptop saya belum terpasang driver VGA, maka saya tidak berpikir panjang untuk men-download driver VGA dari website resmi. Size-nya waktu itu saya download sekitar 460 megabyte.

Proses Instalasi

Setelah menunggu sekitar satu jam, proses download pun selesai. Saya tidak langsung meng-install, tapi saya coba seduh kopi dahulu agar sambil menunggu instalasi sambil bersantai minum kopi hehe.

Cara mengatasi black screen windows 10
deskdecode.com

Kopi sudah di meja, sedikit makanan ringan pun tersedia dengan cukup. Ya, sekarang saatnya install. Saya langsung buka file yang tadi didownload, kemudian diarahkan untuk klik OK dan seterusnya.

Saya ikuti petunjuk instalasinya, klik OK, klik YES, klik AGREE, dan akhirnya proses installing dimulai. Saya disuruh menunggu tiga puluh menit dalam proses installing ini.

Detik demi detik bar installing pun terus bertambah. Sambil menunggu sambil minum kopi, sambil makan kacang tanah juga, enak! Hehe.

Perintah Restart

Setelah menunggu sekitar 30 menit, proses instalasi pun selesai. Kemudian muncullah tulisan yang merupakan sebuah perintah untuk melakukan restart.

Saya berpikir bahwa perintah restart setelah melakukan install sebuah software adalah hal yang wajar. Maka dari itu saya tidak berpikir panjang, tidak berpikir kepada risiko gagal booting juga karena memang biasanya juga ketika restart itu normal-normal saja. Kemudian saya langsung klik perintah restart tersebut.

Proses shutdown aman, nyaman, lancar jaya! Hehe. Barulah restart dan menuju proses booting. Nah pada proses ini seperti biasa masuk ke logo windows, lanjut ke layar hitam (black screen), nah disini memang agak lama, saya kira hanya loading biasa.

Saya tunggu lama tapi tidak berubah sama sekali tetap saja di layar hitam. Kemudian saya gerakkan mouse, ternyata muncul pointer putih dan bisa di gerak-gerakin. Saya tunggu terus hingga beberapa menit kemudian, tapi tidak berubah juga.

Saya mulai kaget, kemudian mencari bantuan teman, tapi dia tidak mengerti. Kemudian langsung saja saya googling, dan akhirnya nemu sebuah cara yang pas dan cocok. Kemudian saya ikuti saja cara-cara itu.

Apabila kamu juga mengalami hal yang serupa maka lebih baik ikuti cara yang sudah pernah saya coba ini. Tapi jika disebabkan oleh faktor lain, maka saya rasa tidak ada salahnya mencoba masuk ke Safe Mode. Ini dia caranya akan saya dapatkan dan coba bagikan juga.

Cara mengatasi Black Screen Windows 10

Masalah ini bukanlah karena ada masalah pada external device, ini hanya beberapa masalah kecil saja.

Menurut website yang saya temukan di google, penyebabnya biasanya terjadi setelah kita update perangkat windows atau bisa juga karena update driver. Hal ini wajar terjadi ketika kita menga-update driver VGA, kemudian ketika restart hanya muncul layar hitam dengan ada kursornya.

Ini disebabkan karena kita menginstal driver yang tidak compatible atau bisa jadi karena proses install yang tidak sempurna.

Masuk Ke Safe Mode pada Saat Proses Booting

Jangan khawatir, ini hanya masalah kecil. Ada banyak cara untuk masuk ke Safe Mode, hanya saja ini cara yang sudah saya coba lakukan dan berhasil sebagai cara mengatasi black screen windows 10.

  1. Hidupkan PC/Laptop.
  2. Pada saat masuk ke layar sign-in, tekan tombol Shift sambil klik tombol power di kanan bawah, kemudian pilih restart.

Catatan: Jika hanya stuck di black screen dengan adanya kursor. Anda cukup hidupkan PC/Laptop hingga muncul layar biru dengan logo windows, kemudian tekan tombol power dan reboot kembali. Lakukan cara ini (hidupkan-reboot-hidupkan-reboot) sebanyak tiga kali maka akan masuk ke menu windows 10 repair.

  1. Nah sekarang muncul menu repair seperti dibawah ini, lalu klik menu Troubleshoot.
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com
  1. Kemudian akan masuk ke menu seperti dibawah ini, klik Advanced options.
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com
  1. Pada layar Advance options, klik Startup Settings
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com
  1. Kemudian pada Startup Settings klik tombol Restart di kanan bawah seperti pada gambar
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com
  1. Pada Startup settings, tekan 5 atau F5 di keyboard untuk masuk ke Safe Mode with Networking
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com

Nah sekarang sudah masuk ke Safe Mode, lanjut ke step berikutnya untuk mengatasi masalahnya.

Cara Uninstall dan Reinstall Driver VGA

Seperti yang saya katakan diatas bahwa masalah yang pernah saya alami itu karena instal driver VGA yang entah tidak compatible atau corrupt. Yang jelas penyebab utamanya adalah pada instalasi driver VGA tersebut.

Maka dari itu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan uninstall driver VGA melalui Windows Safe Mode, kenapa melalui Safe Mode? Karena laptop dengan keadaan black screen tidak bisa masuk ke mode normal. Maka salah satu caranya adalah dengan masuk ke Safe Mode.

Berikut cara yang saya lakukan untuk melakukan uninstall driver VGA pada keadaan Safe Mode:

  1. Gunakan tombol Windows + X pada keyboard untuk membuka Power User Menu dan pilih Device Manager. Atau bisa langsung klik menu Start kemudian ketik Device Manager pada kolom pencarian.
  2. Kemudian expand pada menu Display adapters
  3. Klik kanan pada adapter VGA-nya, lalu uninstall.

Catatan: Kita bisa ceklis pada kotak Delete the driver software for this device untuk menghapus driver VGA yang ada pada laptop kita. Ini direkomendasikan jika OS bisa menemukan sendiri driver secara online, namun jika tidak, maka harus dowload manual driver-nya ke website resmi sesuai tipenya.

  1. Klik OK
Cara mengatasi black screen windows 10
windowscentral.com
  1. Kemudian restart kembali laptopnya.

***

Tadaaaa… Akhirnya nyala kembali laptop saya, terharu jadinya hehe. Alhamdulillah setelah mengikuti tahap-tahapnya ternyata bisa diatasi dengan aman dan tenteram. Laptop saya pun Alhamdulillah kembali sehat sentosa seperti sedia kala.

Saya atur setting-nya lagi, dan coba download kembali driver yang sesuai. Dan akhirnya aman juga ternyata hehe. Demikian proses cara mengatasi black screen windows 10.

4 pemikiran pada “Pengalaman Windows 10 Terkena Black Screen

  1. Terimakasih tutornya ane jadi ga panik lagi kalo cuma kayak gitu cara benerin nya dan pc ane udah baikan lagi😂
    sangat bermanfaat

  2. Makasi kak,.. sempat bingung saya..
    Akhirnya normal lagi setelah baca artikel ini.
    Semoga kakak Admin banyak rezekinya.. Amin

Tinggalkan komentar