Kiat Membangun Usaha untuk Pemula

Kiat Membangun Usaha – Setiap orang tentunya memiliki pekerjaan dan sumber penghasilan yang berbeda-beda. Ada yang bekerja sebagai seorang polisi, guru, karyawan perusahaan, karyawan bank, dan lain-lain.

Anda yang bekerja, mungkin saja tidak dapat mengandalkan gaji hanya dari tempat bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Terkadang, banyak orang yang memilih untuk membuat usaha sampingan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan. Sehingga dengan begitu mereka bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri baik itu untuk usaha sampingan atau bahkan dijadikan sebagai penghasilan utama, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu persiapannya.

Lalu kiat apa sajakah yang bisa digunakan dalam membuka usaha? Simak ulasan kiat membangun usaha berikut ini:

Kiat Membangun Usaha – Cari dan Kumpulkan Informasi

kiat membangun usaha sendiri
psychology.org.au

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan bidang usaha yang akan Anda geluti.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari informasi, diantaranya dengan membaca buku, membaca artikel di internet, media massa, mengikuti seminar mengenai usaha, atau bahkan obrolan dengan orang yang memang telah menggeluti bidang usaha yang Anda pilih.

Kiat Membangun Usaha – Kuasai Tentang Teknis

kiat membangun usaha sukses
formulirpajak.com

Bukan hanya modal yang harus Anda pikirkan, persoalan seperti teknis perijinan, hukum, pembukuan, dan lain-lain. Karena dalam hal ini Anda harus memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda. Persoalan teknis lainnnya yaitu mengenai strategi promosi dan pemasaran atau teknik marketing.

Selain itu, teknologi juga harus dipersiapkan, untuk usaha tingkat kecil dan menengah mungkin belum memerlukan banyak teknologi namun Anda juga harus sudah memikirkan bila usaha maju dan berkembang tentunya membutuhkan teknologi agar dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga dapat menekan biaya produksi.

Kiat Membangun Usaha – Persiapan Modal Keuangan

kiat membangun usaha mandiri
zahiraccounting.com

Modal merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kiat membangun usaha. Hal ini merupakan tahap persiapan yang harus Anda penuhi.

Jangan berkecil hati bila Anda tidak memiliki cukup modal untuk memulai usaha, cobalah Anda meminjam pada teman atau lembaga. Pilihlah bunga pinjaman yang memberatkan dan masih bisa Anda bayar dari keuntungan usaha Anda.

Bila Anda meminjam modal bukan dari lembaga, mungkin yang dibutuhkan hanyalah kepercayaan. Namun bila Anda meminjam dari sebuah lembaga seperti bank, koperasi, atau kantor tempat Anda bekerja maka dibutuhkan proposal usaha yang berisi detil usaha apa yang akan Anda buka nantinya. Mulailah menganalisa kebutuhan modal untuk SDM, teknologi, keuangan, masalah pajak dan hukum, iklan dan pemasaran dalam usaha Anda nantinya.

Alternatif lainnya adalah bekerjasama dengan pemilik modal. Pastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang dapat Anda percaya, tentunya tetap harus ada perjanjian tertulis sebagai antisipasi bila ada permasalahan dikemudian hari.

Membuat Strategi Usaha Dengan Matang

Selain modal yang berupa uang dan juga keberanian, maka sakah satu hal yang sangat penting dalam memulai bisnis adalah membuat strategi usaha Anda. Strategi ini dibuat setelah melakukan riset dengan baik terkait bisnis atau usaha yang akan dibangun.

Strategi ini berupa bagaimana cara Anda mendesain produk yang akan dibuat agar menjadi unik dan menarik dan berbeda dari yang lainnya. Bisa juga strategi pemasaran produk yang akan Anda lakukan misalnya apakah dengan sosial media, SEO, iklan, dll. Dan jika Anda ingin melakukan pemasaran produk dengan SEO maka tentunya Anda harus menguasainya dan belajar SEO dengan baik. Kemudian buat juga strategi bagaimana cara Anda menjual produknya dan juga cara Anda me-manage keuangan dalam usaha. Semua hal tersebut harus dibuat dan dipikirkan dengan matang.

Satu hal yang juga tak kalah penting yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan usaha atau bisnis Anda. Hal ini akan menghindari bisnis Anda dari klaim pihak lain. Dengan ini, maka usaha atau bisnis Anda akan aman danĀ Anda pun akan semakin tenang dalam menjalankan usaha karena Anda memiliki perlindungan hukum.

***

Demikianlah kiat-kiat bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri, semoga kiat kiat membangun usaha ini bisa bermanfaat. Selamat memulai usaha, dan semoga usaha Anda berjalan lancar sesuai harapan. Ekspektasia mengucapkan terima kasih.

Tinggalkan komentar