Pengalaman Tak Terlupakan Menjadi Juara Basket Se-Pulau Jawa

Pengalaman Tak Terlupakan – Menjadi seorang juara tentunya adalah hal yang diidamkan oleh setiap orang. Tidak terbatas dalam bidang apapun, seperti halnya bidang  kesenian, olahraga, bahkan akademik sekalipun.

pengalaman tak terlupakan
wallpaperweb.org

Dalam setiap kejuaraan pastinya akan diambil salah satu juara, dimana biasanya sang juara akan mendapatkan title berupa penghargaan atau hadiah. Namun menjadi juara itu tidak mudah, banyak kriteria dan aturan yang harus dipatuhi dalam setiap perlombaan yang diadakan.

Juara bukanlah hanya sebatas kebanggaan, tetapi juga harga diri. Harga diri seorang juara pasti akan meningkat dan perlu diperjuangkan.

Beginilah sekilah sekilas tentang gimana gue bisa jadi juara basket se-pulau Jawa…

Sejarah Karir Basket

Gue mengenal basket itu sekitar pas masih usia Sekolah Dasar. Kala itu gue sering nonton pertandingan-pertandingan basket di televisi. Awalnya gue cuma iseng nonton aja, tapi lama kelamaan jadi terhibur dengan permainan basket.

Kemudian gue dikenalin basket oleh kakak gue, dulu pas gue masih di Sekolah Dasar, dia udah masuk SMP, yaa gue dan kakak gue beda 5 tahun bro. Jadi dulu gue masih kelas 4 SD sedangkan dia udah kelas 3 SMP.

pengalaman tak terlupakan
pixabay.com

Kakak gue emang jago dalam hal bermain basket, di SMP aja dia menjadi seorang atlet tim sekolahnya. Dulu dia pasang ring basket di depan rumah, gue suka ngeliatin kalo dia maen, dan sesekali ikut join meski ngelempar bola aja kadang gue ga nyampe ke ring haha.

Nah dari situ gue mulai kenal dan merasakan yang namanya bermain basket. Tapi waktu itu gue cuma main-main doang, diajarin pun enggak. Mungkin dulu gue masih terlalu lucu untuk olahraga basket wkwk.

Yaps, jadi pas SD gue cuma kenal doang tuh sama basket. Lanjut masuk ke jenjang SMP, nah kebetulan kan ada ekstrakurikuler basket di sekolah. Gue sempat ikut join sih pas diawal-awal, diajarin juga sama guru gue. Tapi waktu itu gue ga serius, karena gue difokusin ke olahraga voli, badminton, sama futsal.

Setiap hari itu jadwal gue dipake latihan voli, badminton, atau basket, jadinya ga ada waktu buat latihan basket. Akhirnya terbengkalai deh tuh, dan yaudah disitu gue enggak lagi bermain basket.

Masuk ke SMA, di sekolah gue juga dulu ada ekskul basketnya, bahkan ekskul basket menjadi ekskul favorit dan nomer satu di sekolah. SMA gue sering ikut turnamen basket di luar kota, dan terkenal selalu menjadi juara. Lu tau DBL? Yaa, sekolah gue pernah jadi juara.

pengalaman tak terlupakan
pixabay.com

Karena nama besar tim basket SMA gue, jadinya gue minder dan gak ikut ekskul basket haha. Yaiyalah gue malu bro kalo jadi yang paling jelek maennya, apalagi malah jadi beban tim haha. Yaudah deh pas SMA gue ninggalin basket dan sama sekali ga pernah nyentuh bola basket.

Nah lanjut ke kuliah, baru deh gue ikut UKM basket, tapi tingkat jurusan sih karena skalanya masih kecil, jadinya kan ga terlalu banyak yang jago. Gue cuma ikut-ikutan ajasih disini, lagian gue juga gak terlalu jago maen basket hehe.

Di UKM basket ini gue rajin banget latihan bro, kayaknya gue gak pernah absen latihan deh haha songongnyaaaaa. Disini deh gue mulai bisa belajar dan ngembangin bakat gue dalam hal per-basket-an.

Lomba yang Pernah Diikuti

Bicara mengenai lomba, bayak banget bro! HAHA. Tapi gue cuma ikut beberapa lomba doang sih, dan cuma pas kuliah doang. Seringnya gue ikut lomba yang di internal jurusan, yang lawannya cuma perangkatan aja, ada kakak tingkat sama adik tingkat.

pengalaman tak terlupakan
pixabay.com

Jagokah gue? Wah gak usah ditanya bro, gue jadi salah satu pemain andalan deh di angkatan gue haha. Tapi masih banyak sih yang lebih jago hehe.

Lomba lain yang pernah gue ikuti yaitu di tingkat fakultas. Dimana lawan-lawannya adalah setiap jurusan, waktu itu di fakultas gue berjumlah 8 jurusan, dan jurusan gue selalu jadi yang kedua dalam hal basket. Hanya saja secara keseluruhan jurusan gue unggul dan selalu jadi juara umum.

Kemudian lomba yang pernah gue ikutin, yang sepertinya lomba basket terakhir gue yaitu lomba basket se-jurusan dan se-pulau Jawa. Yaa, gue pernah ikut lomba ini yang diadakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta.

Lomba Se-Pulau Jawa

Ini nih gue coba ceritain gimana caranya gue bisa ikut maen dan jadi juara di perlombaan se-pulau Jawa.

Jadi waktu itu gue semester 5, gue lagi rajin-rajinnya ikut kegiatan di kampus, dan salah satunya yaitu ikut UKM Basket. Seperti yang gue bilang, di UKM ini gue rajin banget latihan dan ikut setiap kegiatannya. Malah gue juga jadi bagian pengurus di UKM ini.

pengalaman tak terlupakan
zimbio.com

Sebenernya ikut UKM basket dari semester 2, hanya saja semester awal-awal gue masih jarang banget ikut kegiatan, bahkan latihan pun sesekali doang ikutnya. Maklum semester 2 kan gue masih jadi mahasiswa baru, jadi masih malu-malu lah dikit wkwk.

Karena di semester 4 dan seterusnya gue rajin, gue jadinya diajak jadi bagian tim jurusan, mantap gak tuh? Haha. Nah pas semester 5 itu kan ada lomba yang kebetulan diadain oleh UII di Yogyakarta, dan gue ikut terdaftar di list pemain yang berangkat ke Yogyakarta.

Awalnya gue gak mau ikut karena permainan gue kan masih cupu, ga jago-jago amat apalagi untuk ikut lomba sekelas Pulau Jawa! Enggak banget deh kayaknya bro haha. Tapi ya akhirnya gue ikut bro, kan lumayan buat pengalaman. Dan mikirnya inilah kesempatan terkahir gue ikut lomba-lomba, apalagi lombanya berskala besar.

pengalaman tak terlupakan
crainsnewyork.com

Jadi waktu itu UII ngadain lomba sejurusan se-Pulau Jawa. Cabang lomba yang diadakan yaitu basket, badminton, dan futsal. Lomba ini hanya diadakan dua tahun sekali. Jurusan gue pun ikut daftar semua cabang lomba.

Sekitar bulan Mei 2016, kami sejurusan berangkat dari Bandung ke Jogja menggunakan bus, sewa bus travel untuk 3 hari saja karena memang lombanya juga diadakan 3 hari. Berangkat dari Bandung sore dan 12 jam nyampe Jogja.

Di Jogja kami langsung ke kampus UII karena memang penginapan kami disana. Kami disambut oleh panitia disana, dengan sambutan yang hangat sebagai keluarga satu jurusan. Sampai disana sekitar jam 1 malam, sehingga kami langsung diarahkan ke tempat menginap berupa asrama mahasiswa, dan kami pun langsung istirahat.

Keesokan harinya, lomba pun dimulai, setiap cabang olahraga yang diadakan langsung dipertandingkan pada hari itu. Universitas yang mengikuti pertandingan ini yaitu UII, Unpad, UGM, Unbraw, ITS, dan Unisba.

Pertandingan pertama basket menang, badminton menang, namun sayang sekali tim futsal kami langsung kalah telak dari tuan rumah sehingga tidak ada pertandingan futsal lagi. Tim futsal kami kalah mungkin karena kelelahan, karena beberapa waktu sebelumnya juga baru selesai ikut perlombaan lain.

Hari kedua, pertandingan pun berlanjut, pertandingan demi pertandingan kami ikuti. Basket kami masuk final bro, dan badminton pun sama. Lawan kami untuk final dua cabang tersebut adalah Unbraw.

pengalaman tak terlupakan
pixabay.com

Tiba hari ketiga, adalah hari dimana pertandingan final berlangsung. Hari itu menjadi harinya Unpad dan Unbraw. Pertandingan pertama di final yaitu badminton, hanya saja sayang sekali badminton tidak berhasil menjuarai. Tim badminton hanya menjadi juara 2.

Mari kita fokus ke tim basket! Lawan kami saat itu adalah Unbraw, permainan mereka bagus sekali bro, tapi sayang sekali karena kita dapat mengimbangi pertandingan mereka haha. Poin pun sangat sengit, tipis sekali perbedaannya. Waktu itu gue baru turun ke lapangan di quarter ketiga, maklum pahlawan kan datang belakangan haha.

Detik demi detik terus berlalu, serangan demi serangan pun dilakukan oleh kedua lawan. Namun maaf, tim Unpad lebih jago, dan tentunya kami lah yang jadi juara.

***

Yaa, inilah title juara yang gue peroleh pertama kali di level lomba yang bisa dibilang gede. Mungkin inilah title juara basket pertama dan terakhir gue haha.

Tinggalkan komentar