Pengertian Penduduk, Pertumbuhan Penduduk, dan Istilah dalam Kependudukan [LENGKAP]

PENGERTIAN PENDUDUK – Berbicara mengenai pengertian penduduk, apakah Anda adalah seorang penduduk di suatu daerah tertentu? Jawabannya pasti ‘iya’.

Kenapa bisa begitu? Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai penduduk, mulai dari pengertian penduduk, jumlah penduduk Indonesia, dll.

Pengertian Penduduk

Dalam arti sederhana, penduduk adalah sekelompok orang yang tinggal atau menempati suatu wilayah tertentu.

Pengertian penduduk tercantum dalam UUD 1945 Pasal 26 ayat 2, yang berbunyi:

“Penduduk Indonesia adalah Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing yang bertempat tinggal di Indonesia”.

Kemudian pengertian penduduk secara umum adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis suatu negara selama jangka waktu tertentu serta sudah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh peraturan negara.

pengertian penduduk
telegraph.co.uk

Di Indonesia sendiri, seseorang atau kelompok bisa dikatakan penduduk jika sudah tinggal atau menetap di wilayah Indonesia selama kurang lebih enam bulan dan atau mereka yang berdomisili kurang dari enam bulan tetapi memiliki tujuan untuk menetap.

Oleh karena itu, penduduk bisa dibedakan menjadi dua bagian:

Pertama, adalah penduduk Indonesia yang umumnya adalah orang Indonesia asli serta berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.

Kedua, adalah penduduk yang bukan Warga Negara Indonesia, pada umumnya berasal dari luar negeri (Warga Negara Asing) atau yang sering kita sebut sebagai orang asing. Kemudian untuk menjadi penduduk Indonesia, orang asing tersebut harus mendaftar dulu untuk tinggal di Indonesia menurut perundang-undangan yang berlaku.

Konsep penduduk di Indonesia menurut Badan Kependudukan dan Catatan Sipil, penduduk adalah orang atau kelompok yang memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan atau memiliki KK (Kartu Keluarga).

BACA JUGA: Pengertian Bela Negara

Seseorang atau kelompok yang tinggal di dalam wilayah negara Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  • Penduduk

Pengertian penduduk adalah orang orang yang berdomisili atau bertempat tinggal tetap di wilayah negara Indonesia, yang dapat dibedakan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

  • Bukan Penduduk

Pengertian bukan penduduk adalah orang orang yang tinggal dalam wilayah negara Indonesia yang hanya bersifat sementara sesuai dengan visa yang diberikan oleh negara (kantor imigrasi). Contohnya yaitu turis.

Pengertian Penduduk Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan sendir-sendiri mengenai pengertian penduduk, berikut ini adalah beberapa pengertian penduduk menurut para ahli:

Pengertian Penduduk Menurut Dr. Kartomo

Beliau mengungkapkan pengertian tentang penduduk adalah sejumlah orang yang mendiami suatu daerah tertentu. Apabila di daerah didiami oleh banyak orang dan menetap di sana, maka itu bisa diartikan sebagai penduduk terlepas warga negara atau pun bukan.

BACA JUGA: Contoh Analisis SWOT 

Pengertian Penduduk Menurut Jonny Purba

Penduduk adalah orang yang menjadi dirinya pribadi maupun menjadi anggota keluarga, warga negara maupun anggota masyarakat yang memiliki tempat tinggal di suatu tempat di wilayah negara tertentu dan juga pada waktu tertentu.

Baca Juga Dong  Letak Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya Terhadap Zona Waktu
pengertian penduduk
aceh.tribunnews.com

Pengertian Penduduk Menurut AA Nurdiman

Penduduk adalah sekumpulan orang yang menetap dan juga berdomisili di dalam suatu negara.

Pengertian Penduduk Menurut P.N.H Simanjuntak

penduduk adalah orang yang bertempat tinggal atau pun yang sedang berdomisili di suatu negara.

Pengertian Penduduk Menurut Srijanti dan A. Rahman

penduduk adalah orang yang menempati suatu wilayah tanpa melihat status kewarganegaraan.

Pengertian Sensus Penduduk

Pengertian sensus penduduk yaitu proses pengumpulan data, pencatatan data, pengolahan data, dan publikasi data demografi yang dilakukan kepada seluruh penduduk di suatu negara pada periode tertentu.

pengertian penduduk
radio.gov.pk

Sensus penduduk biasanya dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, dilakukan secara serentak, dan juga bersifat menyeluruh dalam suatu batas negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan.

Adapun tujuan dari sensus penduduk antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan data kependudukan secara lebih rinci atau detail dan mendalam untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.
  2. Menyediakan data dasar kependudukan dan perubahan sampai dengan wilayah administrasi yang terkecil (desa atau kelurahan).
  3. Menyusun kerangka induk, yang akan digunakan sebagai dasar.
  4. Menyediakan data potensi desa di seluruh Indonesia.

Pertumbuhan Penduduk

Berdasarkan pengertian penduduk yang sudah dijelaskan di atas bahwa penduduk merupakan sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah tertentu.

Tentunya seiring berjalannya waktu, terdapat perubahan-perubahan jumlah penduduk yang ada di daerah tersebut, bisa karena bertambah, atau juga karena keluar.

pengertian penduduk
geo-media.blogspot.co.id

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pertumbuhan penduduk, mulai dari pengertian pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, pertumbuhan penduduk Indonesia, dan cara mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia.

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah suatu perubahan populasi yang terjadi sewaktu-waktu dan bisa dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu atau dalam sebuah populasi menggunakan satuan “per waktu unit” untuk pengukuran.

pengertian penduduk
cakrawalamedia.co.id

Sebutan pertumbuhan penduduk itu secara umum merujuk pada semua spesies, tetapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi jumlah pertumbuhan penduduk baik pertumbuhan penduduk suatu negara maupun dunia.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk.

Pertama, fertilitas atau kelahiran, yaitu berkaitan dengan peranan kelahiran pada perubahan penduduk. Kelahiran seorang anak akan menambah jumlah penduduk suatu daerah.

Kedua, mortalitas atau kematian, yaitu salah satu di antara tiga komponen demografi yang dapat mempengaruhi perubahan penduduk. Kematian seorang individu akan mengurangi jumlah penduduk suatu daerah.

Ketiga, migrasi, yaitu perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat tinggal ke tempat tinggal lain. Migrasi bisa terjadi melampaui batas negara atau pun batas administratif (batas bagian dalam suatu negara). Migrasi ini sering diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen (menetap) dari suatu daerah ke daerah lain.

BACA JUGA: Pengertian Skala Prioritas

Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, setiap tahunnya jumlah penduduk Indonesia terus bertambah.

Dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi, maka hal ini mendorong negara Indonesia agar terus giat dan gencar meningkatkan kualitas penduduk.

Salah satu cara yang paling cocok dan paling strategis untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia adalah peningkatan dalam bidang pendidikan.

Baca Juga Dong  Arti Taaruf dalam Islam Beserta Penjelasan, Cara, dan Contoh CV [LENGKAP]
pengertian penduduk
commons.wikimedia.org

Sensus penduduk di Indonesia pertama kali diadakan pada tahun 1930, pada saat itu masih berada di bawah penjajahan Belanda, jumlah penduduk nusantara hanya berjumlah 60,7 juta jiwa.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia juga mengadakan sensus penduduk pertama setelah Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1961. Hasil sensus penduduk tahun 1961 yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 97,1 juta jiwa.

Sensus penduduk kedua dilaksanakan oleh pemerintah pada tahun 1971. Hasil sensus penduduk tahun 1971 tersebut menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 119,2 juta jiwa.

Kemudian pemerintah melaksanakan sensus penduduk yang ketiga yaitu pada tahun 1980, hasilnya menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 146,9 juta jiwa.

Sensus penduduk keempat dilaksanakan pada tahun 1990, sensus ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 178,6 juta jiwa.

Sensus penduduk ke lima lakukan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2000, hasil sensus saat itu menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 205,1 juta jiwa.

Sensus penduduk yang terbaru yaitu sensus penduduk keenam dilaksanakan pada tahun 2010, hasilnya menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa.

Dari hasil pencatatan data sensus yang dilakukan pemerintah mulai 1961 hingga yang terbaru tahun 2010 menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Jumlah penduduk Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 1971 sampai tahun 1980 sebanyak 28.282.069 jiwa (23,72%).

pengertian penduduk
bahaiteachings.org

Secara keseluruhan rata-rata kenaikan jumlah penduduk setiap 10 tahun hampir mencapai 20%.

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 tercatat sebanyak 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan sebesar 1,49%.

Jika laju pertumbuhan penduduk tersebut dianggap tetap pada angka 1,49% pertahunnya, maka bisa diperkirakan bahwa jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2045 mencapai 450 juta jiwa.

Pertumbuhan penduduk yang terjadi pada tahun tersebut jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan penduduk yang ideal untuk Indonesia yaitu sebesar 0,5%.

Berkaitan dengan keadaan jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia jika dibandingkan dengan keadaan penduduk di negara-negara lain, maka Indonesia masih masuk posisi 5 besar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Berikut ini video mengenai pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Cara Mengatasi Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa cara dalam mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia:

  • Menggalakkan program transmigrasi nasional.
  • Memberlakukan tarif tinggi bagi para imigran.
  • Menekan pertumbuhan penduduk dengan membuat program Keluarga Berencana (KB).
  • Membuat Undang-Undang yang menetapkan usia minimal menikah.
  • Menyebarluaskan pendidikan tentang kependudukan ke semua jenjang pendidikan.
  • Mempermudah serta meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan.
  • Menyadarkan dan meningkatkan wajib belajar pendidikan dasar bagi masyarakat.
  • Pemerataan dan perluasan lapangan pekerjaan.
  • Membatasi tunjangan anak bagi PNS dan ABRI hingga anak kedua.

Pertumbuhan Penduduk Dunia

Pada tanggal 26 Februari 2006 pukul 07.16 WIB, jumlah penduduk dunia mencapai 6,5 miliar jiwa, Ini berdasarkan perkiraan yang dikeluarkan oleh Biro Sensus Amerika Serikat.

Tujuh dari sepuluh negara dengan penduduk terbanyak di dunia berada di Asia. Hal ini menandakan bahwa dari sekitar 6,5 miliar penduduk dunia, maka 4 miliar diantaranya berada atau tinggal di Asia.

Baca Juga Dong  Rumah Adat Jawa Barat Beserta Penjelasan Lengkap Spesial Pakai Gambar
pengertian penduduk
ilmupengetahuanumum.com

 

BACA JUGA: Perbedaan Data dan Informasi

Berikut ini merupakan peringkat negara-negara di dunia dengan jumlah penduduk terbanyak (2005):

  1. Republik Rakyat Tiongkok dengan jumlah penduduk sebanyak 1.306.313.812 jiwa
  2. India dengan jumlah penduduk sebanyak 1.103.600.000 jiwa
  3. Amerika Serikat dengan jumlah penduduk sebanyak 298.186.698 jiwa
  4. Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 241.973.879 jiwa
  5. Brasil dengan jumlah penduduk sebanyak 186.112.794 jiwa
  6. Pakistan dengan jumlah penduduk sebanyak 162.419.946 jiwa
  7. Bangladesh dengan jumlah penduduk sebanyak 144.319.628 jiwa
  8. Rusia dengan jumlah penduduk sebanyak 143.420.309 jiwa
  9. Nigeria dengan jumlah penduduk sebanyak 128.771.988 jiwa
  10. Jepang dengan jumlah penduduk sebanyak 127.417.244 jiwa

Istilah-istilah dalam Kependudukan

Berikut ini merupakan istilah-istilah yang sering digunakan dalam kependudukan.

pengertian penduduk
fhi.no
  1. Demografi: Ilmu yg mempelajari kependudukan.
  2. Natalitas: Kelahiran.
  3. Pronatalitas: Pendukung kelahiran.
  4. Antinatalitas: Penghambat kelahiran.
  5. Mortalitas: Kematian.
  6. Promortalitas: Pendukung kematian.
  7. Antimortalitas: Penghambat kematian.
  8. Mortabitas Janin: Jumlah kematian janin.
  9. Migrasi: Proses perpindahan penduduk secara umum
  10. Imigrasi: perpindahan penduduk dari luar negeri atau dari negara lain ke dalam negeri. Orang yang melakukan imigrasi disebut imigran.
  11. Emigrasi: Perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran.
  12. Remigrasi: Perpindahan penduduk kembali ke negara asalnya.
  13. Transmigrasi: Perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang jarang penduduknya dalam satu negara.
  14. Urbanisasi: Perpindahan penduduk dari desa ke kota.
  15. Ruralisasi: Perpindahan penduduk dari kota ke desa.
  16. Kepadatan penduduk: Jumlah penduduk dalam setiap wilayah seluas satu kilometer persegi.
  17. Pertumbuhan penduduk: Bertambahnya jumlah penduduk pada suatu tempat yg disebabkan oleh kelahiran, kematian dan migrasi.
  18. Piramida penduduk: Grafik balok yang dibuat secara horizontal untuk membandingkan penduduk laki-laki dan perempuan
  19. Ledakan penduduk: Suatu keadaan yang menunjukkan jumlah penduduk terlalu banyak dan pertumbuhan terjadi sangat cepat sehingga semua kegiatan produksi tidak bisa mengimbangi jumlah penduduk.
  20. Kualitas penduduk: Tingkatan mutu kehidupan penduduk pada suatu wilayah atau daerah.
  21. Dinamika penduduk: Perubahan penduduk dari wakru ke waktu.
  22. Komuter: Seseorang yang berpergian ke suatu tempat untuk bekerja dan kembali ke daerah asalnya setiap hari.
  23. Weekend: Perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu atau bisa juga Jum’at, Sabtu , dan Minggu).
  24. Sirkuler: Perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan tujuan dan waktu tertentu atau terbatas, serta sifatnya tidak menetap. Contoh: Vatinson berpindah ke rumah ayahnya untuk bersilaturahmi selama seminggu. Hal ini berarti Vatinson telah melakukan sirkuler, dan waktu seminggu adalah batasannya dikarenakan alasan tertentu seperti libur yang berakhir atau pekerjaan.
  25. Boro: Perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain untuk menyelesaikan suatu tujuan. Contoh: Vatinson berpindah ke Zimbabwe untuk berkuliah.
  26. Total Fertility Rate (TFR)/Angka Kelahiran Total: Rata-rata banyaknya anak yang dilahirkan hidup oleh wanita sampai akhir masa.
  27. Crude Birth Rate (CBR)/Angka Kelahiran Kasar: Banyaknya kelahiran perseribu penduduk dalam suatu periode (biasanya dalam hitungan satu tahun).

Fakta Unik! Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Tinggalkan komentar