Aplikasi Edit Video Android

Ada banyak aplikasi editing video yang tersedia untuk PC atau laptop, tapi aplikasi editing video untuk hp Android juga tidak kalah banyaknya. Aplikasi-aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh secara gratis maupun berbayar di Google Play Store. Aplikasi edit video android bisa menjadi pilihan alternatif ketika tidak membawa pc atau laptop untuk mengedit. Simak lebih lengkap mengenai apa saja aplikasi edit video android terbaik.

Kegiatan editing video untuk karya atau untuk youtube saat ini banyak dilakukan di PC atau laptop. Namun ternyata selain menggunakan aplikasi edit video PC, Hp android juga merupakan alat canggih yang diciptakan untuk dapat melakukan pekerjaan apapun termasuk editing video. Editing video bisa dengan mudah dilakukan dimana saja dengan bantuan aplikasi di hp android. Lalu apa saja aplikasi edit video android yang bisa digunakan dengan mudah baik bagi pemula maupun editor profesional?

Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2020

Aplikasi-aplikasi yang akan dijelaskan ini menawarkan banyak fitur yang bisa membantu dalam hal editing video dengan mudah dan praktis. Berikut aplikasi edit video android terbaik 2019 dan 2020 untuk Android yang ada di google play store maupun yang tidak ada:

1. Aplikasi PowerDirector Video Editor

editing video di android
Power Director – apkpure.com

Aplikasi edit video android yang pertama yaitu PowerDirector Video Editor. Aplikasi dengan tampilan landscape ini tersedia secara gratis di google play store. Dikarenakan tampilannya yang landscape, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengatur urutan dan transisi video dengan efek-efeknya secara real time. PowerDirector mempunyai fitur Chroma Key yang digunakan untuk mengubah latar belakang berwarna hijau menjadi lebih menarik.

Selain bisa mengedit latar belakang green screen atau blue screen, fitur lain yang ada di aplikasi ini yaitu Video Collage yang digunakan untuk membuat kolase video, lalu ada Slow Motion atau video gerak lambat, dan fitur sharing untuk hasil pengeditan video ke sosial media. Fitur-fitur ini bisa didapatkan secara gratis. Para pengguna aplikasi ini bisa mengekspor video dengan resolusi Full HD 1080p dan 4K. Berikut kelebihan dan kelemahan PowerDirector:

Kelebihan:

  • Memiliki tampilan landscape seperti aplikasi editing video di PC atau laptop.
  • Mempunyai fitur-fitur profesional yang bisa dinikmati secara gratis.
  • Bisa melakukan editing hingga 4K.
Baca Juga Dong  Aplikasi Edit Video di PC

Kelemahan:

  • Masih terdapat watermark dan hanya bisa hilang jika menggunakan PowerDirector berbayar.

 

Baca juga:

  1. Cara memotong video
  2. Cara download video di Facebook
  3. Cara download video di Twitter

2. Aplikasi KineMaster Pro Video Editor

aplikasi edit video android
Kinemaster – kinemaster.id

Aplikasi edit video android selanjutnya yaitu KineMaster Pro Video Editor. KineMaster adalah salah satu aplikasi editing video terbaik di Android karena mengombinasikan antarmuka dengan fitur-fitur yang canggih. Aplikasi KineMaster Pro Video Editor mudah digunakan karena memiliki fitur drag-n-drop untuk mengimpor berkas yang berbeda. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan kontrol terhadap proses editing untuk menghasilkan video berkualitas.

Dengan KineMaster Pro Video Editor, maka Anda bisa mengedit video dengan banyak layer, menambahkan voiceovers, speed control, mode blending, transisi, dan spesial efek. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur basic seperti add gambar, teks, stiker, dan menambahkan tulisan tangan ke video. KineMaster juga bisa digunakan untuk membuat video gaming karena fitur chroma key untuk video green screen. Berikut kelebihan dan kelemahannya:

Kelebihan:

  • Memiliki tampilan seperti software editing profesional.
  • Memiliki opsi green screen yang bisa digunakan untuk membuat video gaming.

Kelemahan:

  • Masih ada watermark dan bisa hilang jika menggunakan KineMaster yang berbayar.

3. Aplikasi VivaVideo

aplikasi edit video android
VivaVideo Video Editor – 3nions.com

VivaVideo merupakan aplikasi editing video terbaik dengan banyak fitur yang digunakan. Fitur-fitur tersebut seperti memotong dan mengabungkan klip video, menambahkan teks, stiker, filter, musik, transisi dan subtitle serta dubbing secara langsung. Selain itu, aplikasi ini bisa mengatur kecepatan video agar mendapatkan efek slowmotion serta digunakan juga untuk mempercepat video.

Tidak hanya fitur-fiturnya yang lengkap, aplikasi yang cocok digunakan untuk Instagram ini juga memiliki berbagai macam tema yang menarik dan bisa dicoba. Tentu tampilan antarmuka yang ditampilkan dari tema-tema tersebut bisa memanjakan Anda dalam proses editing video. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan dai VivaVideo:

Kelebihan:

  • Memiliki fitur editing video yang lengkap.
  • Terdapat opsi berbayar yang bisa dibeli dengan murah.
  • Salah satu aplikasi edit video android ukuran kecil
  • Mudah digunakan bagi pemula maupun profesional.

Kelemahan:

  • Masih minimnya pilihan musik latar yang gratis

4. Aplikasi InShot Video & Photo Editor

edit video di android
Inshot – jalantikus.com

InShot Video & Photo Editor memiliki fitur-fitur unggulan yang mudah digunakan, seperti mengubah warna video dengan filter, mengubah video menjadi timelapse atau slow motion. Jika Anda ingin membagikan hasil video yang telah diedit pada instagram, aplikasi ini bisa memotong ukuran video dan disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, fitur unggulan lain dari InShot Video & Photo Editor adalah bisa menambahkan musik di video agar lebih menarik.

Baca Juga Dong  Cara Memotong Video

Jika Anda menggunakan editing video ini untuk Instagram, maka InShot Video & Photo Editor cocok digunakan karena bisa mengaburkan background. Aplikasi ini mendukung beberapa format video, mulai dari MP4, MOV, AVI, FLV, 3GP, dan lain-lain InShot Video & Photo Editor bisa diunduh secara gratis, namun menampilkan iklan dan menawarkan pembelian di dalam aplikasi. Di bawah ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kelemahannya:

Kelebihan:

  • Memiliki berbagai macam pilihan stiker dan filter.
  • Dapat membuat video dengan latar belakang yang diblur.

Kelemahan:

  • Memiliki pengaturan yang masih sulit untuk beberapa kondisi.
  • Masih ditemuinya beberapa crash dalam aplikasi.

5. Aplikasi FilmoraGo Free Video Editor

filmora go video editing for android
FilmoraGo – ensoftonic.com

FilmoraGo Free Video Editor merupakan aplikasi editing video terbaik yang cocok digunakan karena tidak memiliki batas durasi video. Jadi, dengan aplikasi ini Anda bisa membuat video panjang. Di aplikasi FilmoraGo Free Video Editor, Anda bisa menambahkan musik dan efek, serta memiliki Pratinjau klip untuk mengecek video sebelum merendernya. Video juga bisa dipercepat dan diperlambat dengan menambahkan transisi agar perpindahannya halus.

FilmoraGo Free Video Editor bisa menghasilkan video beresolusi 1:1 persegi yang biasanya digunakan oleh Instagram, dan 16:9 untuk Youtube. Hasil video yang sudah diedit bisa disimpan langsung ke galeri atau disebarkan ke media sosial. FilmoraGo Free Video Editor bisa diunduh gratis dan tidak menampilkan iklan meski memiliki beberapa pembelian di aplikasi. Berikut kelebihan dan kelemahan aplikasi editing video yang satu ini:

Kelebihan:

  • Aplikasi ini sudah teruji baik untuk PC atau laptop dan mobile.
  • Terdapat berbagai macam pilihan aspect ratio.
  • Memiliki tampilan antarmuka seperti software profesional.

Kelemahan:

  • Hanya bisa menggunakan semua fitur jika berbayar

6. Aplikasi Magisto

aplikasi editing android
Magisto – jalantikus.com

Aplikasi Magisto merupakan aplikasi edit video android tanpa watermark. Aplikasi ini bisa otomatis mengubah foto menjadi klip video yang siap dibagikan ke media sosial. Jika berbicara mengenai fitur-fiturnya, magisto memiliki bermacam gaya editing untuk membuat video menjadi lebih fantastic. Beberapa gaya yang bisa Anda dapatkan di aplikasi magisto antara lain: sport, slideshow, ulang tahun, dan sebagainya.

Magisto bisa digunakan dengan mudah melalui tiga langkah ini, yaitu pilih gambar atau video, lalu pilih musik, dan yang terakhir tambahkan judul. Aplikasi editing video yang satu ini sangat cocok digunakan untuk sosial media karena sangat praktis. Jika Anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya, simak beberapa poin di bawah ini:

Kelebihan:

  • Lebih hemat memori hp karena berbasis cloud.
  • Tampilannya sangat interaktif layaknya ssoftware profesional.

Kelemahan:

  • Membutuhkan kuota dan kecepatan internet karena aplikasi ini online.

7. Aplikasi Quik

aplikasi edit video
Quik – koalakontent.com

Aplikasi edit video Quik sedikit berbeda dengan aplikasi edit video yang lainnya. Cara kerja dari aplikasi ini yaitu dengan memilih gambar atau video di galeri. Setelah gambar atau video dipilih, lalu aplikasi akan menganalisis gambar atau video tersebut secara instan. Kemudian Quik akan mencari momen-momen indah untuk dijadikan video yang menarik. Aplikasi ini juga menyediakan transisi dan efek yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi lain.

Baca Juga Dong  Perbedaan Data dan Informasi Lengkap Contoh dan Pengertian Menurut Para Ahli

Penggunaan aplikasi Quik sudah dikenal praktis dan mudah, karena Anda hanya cukup memotong video dan memasukkan lagu dengan tema yang ada. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan video dari file lainnya menjadi satu frame. Tidak hanya itu, Quik akan bekerja secara otomatis juga ketika Anda ingin menggabungkan beberapa video agar jadi satu file. Kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Quik akan diringkas pada poin-poin di bawah ini:

Kelebihan:

  • Aplikasi ini bisa berjalan maksimal untuk perangkat yang terkoneksi GoPro.
  • Bisa melakukan editing video secara otomatis

Kelemahan:

  • Masih terbatas digunakan untuk video pendek

8. Aplikasi VideoShop

aplikasi android
VIdeoShop – jalantikus.com

Aplikasi Videoshop merupakan aplikasi editing video yang fiturnya cukup lengkap. Di aplikasi ini, Anda bisa memotong klip dan menambahkan lagu dari memori card ke video. Selain itu, terdapat fitur edit video secara terbalik, rekaman voice over, animasi transisi, Slowmotion dan Fastmotion yang tersedia di aplikasi VideoShop.

Jika ingin menjalankan aplikasi editing video VideoShop, maka hp android Anda harus minimal android 4.3 ke atas. Aplikasi yang dibuat oleh Jajijujejo Inc ini hanya berukuran 42MB dan bisa didapatkan dengan mudah di google play store secara gratis. Rating yang diperoleh dari beberapa penggunanya juga bagus dan mencapai 4.8. Jika ingin mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahannya, maka Anda bisa simak penjelasan pada poin-poin berikut ini:

Kelebihan:

  • Aplikasi ini sangat ringan untuk beberapa kondisi pengeditan.
  • Terdapat banyak fitur pilihan seperti stiker, filter dan input teks.
  • Tampilan antarmuka mudah dipahami dan dipelajari.

Kelemahan:

  • Masih banyak ditemukan beberapa bug dan crash dalam aplikasi.

Itu dia beberapa aplikasi edit video android terbaik yang bisa Anda coba sendiri dimanapun berada. Dengan mengandalkan beberapa aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa membuat video yang telah direkam menjadi lebih rapi dan berkualitas. Hanya menggunakan hp android, Anda bisa menghasilkan karya luar biasa dan yang terpenting adalah buatan diri sendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan rekomendasi dan bermanfaat bagi Anda.

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.