Aplikasi Edit Video di PC

Video adalah salah satu media yang bisa dikatakan sebagai bentuk karya, sebagai media promosi dan digunakan sebagai dokumentasi setiap momen. Biasanya video akan dilakukan proses editing terlebih dulu untuk memberikan warna dan memperindah video sebelum di publikasikan. Proses editing membutuhkan keahlian khusus dan peralatan pendukung seperti aplikasi edit video. Nah, artikel ini akan membahas apa saja aplikasi edit video pc dan laptop

Aplikasi edit video pc dan laptop ada yang berbayar dan gratis tergantung kepada fitur-fitur yang diberikan. Pastinya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar tampilan video semakin menarik, simak apa saja aplikasi edit video pc windows 10 terbaik berikut ini.

Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2020

Ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan pada pc dan laptop. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, artikel ini akan memberikan 8+ rekomendasi aplikasi edit video pc dan laptop terbaik yang bisa Anda coba. Berikut aplikasi edit video pc untuk pemula yang mudah dipelajari:

1. Aplikasi Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video pc premiere pro
Adobe Premiere Pro – showtimebd.com

Aplikasi edit video pc dan laptop pertama yang sangat terkenal yaitu adobe premiere pro. Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi edit video pc terbaik 2020 dengan segala fitur-fitur terbarunya. Aplikasi yang dikembangkan oleh adobe ini sering digunakan oleh profesional untuk melakukan editing video. Selain itu, Adobe Premiere Pro juga digunakan oleh rumah-rumah produksi film, stasiun televisi dan lain-lain.

Bagi pemula, Adobe Premiere Pro memang terlihat sulit dioperasikan. Ternyata aplikasi ini cukup mudah untuk dipelajari. Dengan Adobe Premiere Pro, Anda bisa menyususun video event, dokumentasi, klip, film, dan lain-lain. Aplikasi ini mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, video atau audio efek, mendukung format file, dan lain-lain. Ketahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini pada pembahasan berikut:

Kelebihan

  • Memiliki fitur edit video yang lengkap untuk kalangan profesional
  • Sudah teruji untuk membuat video youtube, filmmaker, dan penggiat video lainnya

Kelemahan

  • Biaya berlangganan per bulan yang tidak murah
  • Bagi pemula butuh waktu untuk melakukan penyesuaian

Untuk dapat menjalankan adobe premiere pro di pc atau laptop Anda, maka perlu memenuhi spesifikasi minimalnya. Misalnya Anda ingin menginstal adobe premiere pro yang gratis, maka minimal OS harus windows XP SP2, processornya minimal Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 @1.4GHz. untuk memory minimal 2GB, graphicsnya membutuhkan 1GB VRAM, DirectX 9.0c dan storage minimal 4GB.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Android

2. Aplikasi Sony Vegas Pro

aplikasi edit video sony vegas
Sony Vegas Pro – tidy.vn

Sony vegas pro dibuat oleh perusahaan sony yang berada di jepang dan bisa digunakan untuk mengedit video dengan mudah. Sony Vegas Pro memiliki fitur edit video yang mendukung untuk para editor video, dan standarnya profesional. Aplikasi ini terkenal akan musik dan videonya yang berkualitas. Berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi sony vegas pro:

Baca Juga Dong  Cara Mengetahui Password Wifi

Kelebihan

  • Fiturnya ditujukan bagi berbagai kalangan, baik pemula atau profesional dalam editing
  • Mudah untuk dioperasikan dan tampilan antarmukanya friendly

Kelemahan

  • Fiturnya belum sebanyak adobe premiere pro

Untuk dapat menjalankan sony vegas pro di pc atau laptop, maka spesifikasi minimal yang harus dipenuhi antara lain: OS harus windows 7, 8, 8.1/10 dengan 64 bit, processornya minimal @2.5GHz quad-core processor. Memory minimal 8GB, graphicsnya membutuhkan 4GB VRAM Nvidia GeForce 9XX series or AMD/ATI Radeon or Intel GPU HD Graphics 530 series, DirectX 9.0c dan storage minimal 1.5GB.

3. Aplikasi AVS Video Editor

aplikasi editing video pc
Aplikasi AVS Video Editor – bukalapak.com

Aplikasi AVS Video Editor bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk editing video dan memiliki keunggulan yaitu Video Cache. Dengan keunggulan ini, Anda bisa mengedit video dengan resolusi Full HD dengan cepat dan lancar. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur pendukung seperti input teks, cropping, memisahkan video, dan memasukan audio pada video. AVS Video Editor memiliki 300 efek dan transisi agar video menjadi semakin menarik.

Kelebihan

  • Cocok digunakan bagi pengguna PC atau laptop dengan spesifikasi rendah karena ukurannya yang kecil
  • Memiliki fitur video cache untuk pengeditan video yang lebih cepat dan lancar

Kelemahan

  • Tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan bukan untuk kalangan profesional

Aplikasi AVS Video Editor bisa digunakan dengan spesifikasi minimal OS harus windows XPVista 7, 8, dan 8.1/10, processornya minimal Intel Core 2 Duo or AMD @3GHz. Memory minimal 2GB, graphicsnya membutuhkan 1GB VRAM Nvidia GeForce 9XX series or AMD/ATI Radeon or Intel GPU HD Graphics 530 series, DirectX 9.0c dan storage minimal 1GB.

4. Aplikasi Pinnacle Studio

aplikasi edit video
Pinnacle Studio – bukalapak.com

Aplikasi Pinnacle Studio merupakan aplikasi editing video yang fiturnys sangat lengkap dan memudahkan penggunanya. Beberapa editor profesional yang mencoba aplikasi ini untuk menunjang pekerjaan mereka. Aplikasi Pinnacle Studio bisa didapatkan dengan sedikit membayar biaya untuk membeli fitur-fitur terbaiknya.

Aplikasi Pinnacle Studio sangat direkomendasikan untuk pemula karena memiliki banyak fitur edit video dasar yang bisa dicoba. Aplikasi ini bisa juga menjadi sarana belajar dalam editing video. Kemampuan dan kreativitas dalam penyuntingan video dapat terus di asah dalam aplikasi Pinnacle Studio dan kualitas yang dihasilkan juga cukup baik. Jika Anda memiliki Pinnacle Studio 16 maka akan menemukan kelebihan dan kelemahan berikut ini:

Baca Juga Dong  Cara Download Video di Facebook

Kelebihan

  • Memiliki fitur screen recording untuk perekaman layar dalam kualitas tinggi.
  • Terdapat berbagai pilihan template editing video secara cepat.

Kelemahan

  • Aplikasi berbayar untuk menikmati semua fitur.

Aplikasi Pinnacle Studio harus memiliki spesifikasi minimal OS windows Vista 7, dan 8 dengan 64 bit, processornya minimal Intel Core Duo/Core i3 1.8GHz or AMD Athlon 64 X2 3800+ 2.0GHz. Memory minimal 2GB, graphicsnya membutuhkan 256MB VRAM, DirectX 9.0c dan storage minimal 5GB.

5. Aplikasi HitFilm Express

editing video
HitFilm Express

Aplikasi edit video pc gratis yang satu ini memiliki fitur yang lengkap untuk sistem operasi windows dan Mac OS. Beberapa fiturnya seperti efek video, grading, hingga pemakaian VFX yang digunakan untuk efek canggih layaknya film action. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin edit video profesional tanpa harus membeli aplikasinya. Berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi HitFilm Express:

Kelebihan:

  • Aplikasi ini gratis dengan berbagai macam pilihan efek.
  • Tersedia dalam Windows dan Mac OS.

Kelemahan:

  • Harus mengeluarkan biaya untuk tambahan efek di luar efek standar.

Untuk memiliki HitFilm Express di pc atau laptop, maka pc tersebut harus memiliki spesifikasi minimal OS windows XP, Vista, atau 7, processornya minimal Intel Pentium 4 or AMD Athlon 64 @1.4GHz. Memory minimal 2GB, graphicsnya membutuhkan 512MB VRAM Intel HD 3000, Nvidia GeForce 7900 GT or AMD/ATI Radeon HD 2900 GT, DirectX 9.0c dan storage minimal 1GB

6. Aplikasi Camtasia

aplikasi edit video pc gratis
Camtasia – pinterest.com

Aplikasi Camtasia memiliki cukup banyak fitur yang bisa digunakan untuk editing video. Salah satu fitur unggulannya yaitu adanya fitur perekaman di pc dan langsung bisa diedit. Aplikasi ini bisa digunakan pada windows maupun mac os. Jika Anda memiliki Camtasia 8, berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut:

Kelebihan

  • Cocok untuk pemula karena ukurannya yang kecil dan ringan.
  • Memiliki fitur screen recording untuk merekam aktivitas layar.

Kelemahan

  • Kurang sesuai untuk kebutuhan profesional dan industri film.

Aplikasi camtasia bisa dimiliki oleh pc atau laptop dengan spesifikasi minimal OS windows 7, 8.1, dan 10, processornya minimal @2.0GHz dual core pocessor. Memory minimal 4GB, graphicsnya membutuhkan 2MB VRAM, DirectX 11.0 dan storage minimal 2GB.

Baca Juga Dong  Cara Download Video di Twitter

7. Aplikasi Corel Video Studio

aplikasi edit video gratis terbaik
Corel Video Studio – originalsoftware.de

Corel selain menghadirkan aplikasi edit foto juga menyediakan aplikasi editing video. Aplikasi ini memiliki antar muka yang sederhana serta ringan dan sangat memudahkan penggunanya untuk mengedit video sehingga cocok bagi para pemula. Di Corel juga bisa digunakan memotong video, menggabungkan video dan menambah efek-efek suara dengan mudah.

Corel Video Studio merupakan software berbayar, tapi Anda bisa mencoba trialnya selama 30 hari. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kelemahan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan corel atau tidak:

Kelebihan

  • Sudah teruji handal dari developer aplikasi multimedia terkenal.
  • Software ringan untuk PC dengan spesifikasi terbatas.

Kelemahan

  • Color adjustment masih sederhana dan fitur musiknya terbatas.

Jika Anda ingin memiliki Corel Video Studio maka pc atau laptop harus minimal OS windows XP, Vista, 7, 8, dan 8.1 dengan 64 bit, processornya minimal Intel Core Duo 1.83GHz or AMD Dual Core 2.0GHz. Memory minimal 2GB, graphicsnya membutuhkan 1GB VRAM, DirectX 9.0c dan storage minimal 3GB.

8. Aplikasi Windows Movie Maker

aplikasi movie maker untuk edit video di pc
Windows Movie Maker

Aplikasi Windows Movie Maker merupakan aplikasi editing video yang mempunyai sistem edit terbatas. Aplikasi ini menyajikan fitur yang kurang memadai tetapi sangat ramah bagi yang ingin belajar editing video karena sangat mudah untuk digunakan dan tampilan antar mukanya simpel

Windows Movie Maker dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan aplikasi edit video PC yang cocok bagi pemula karena sederhana dan ringan. Dasar-dasar editing video juga tersematkan dalam fitur-fitur unggulan yang ada. Ingin tahu kelebihan dan kekurangannya? Perhatikan hal-hal tersebut di bawah ini:

Kelebihan

  • Aplikasi ini gratis dan disediakan langsung oleh Windows.
  • Fiturnya yang basic membuat fungsi-fungsinya bisa langsung digunakan oleh pemula.

Kelemahan

  • Teknologinya masih sangat terbatas untuk kebutuhan editing yang lebih profesional.
  • Tampilannya masih sangat sederhana dan kurang cocok dikalangan profesional.

Aplikasi Windows Movie Maker bisa dimiliki oleh pc atau laptop dengan spesifikasi minimal OS windows XP SP2, processornya minimal Intel Pentium 3 or AMD @600MHz. Memory minimal 256MB, graphicsnya membutuhkan 512MB VRAM, DirectX 9.0c dan storage minimal 2GB

Itulah 8 aplikasi edit video di PC atau yang bisa Anda gunakan. Dari beberapa aplikasi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing tergantung kebutuhan ketika mengedit video. Semoga artikel ini bisa memberikan referensi bagi Anda yang sedang mencari aplikasi atau software editing video untuk pc atau laptop. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.