6+ Masjid Megah Milik Klub Top Eropa yang Dijamin Bikin Kita Nyaman Berada di Dalamnya

Masjid Megah – Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia. 5 waktu dalam sehari pasti umat Islam menggunakannya untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Begitu banyak masjid megah yang ada di dunia. Terdapat masjid megah di Indonesia, dan hampir di setiap titik atau setiap sudut kota maupun desa pasti terdapat masjid.

Meskipun banyak sekali terdapat masjid, namun jika di tempat-tempat umum kita sulit untuk menemukan masjid. Misalnya saja di mall, hotel, apalagi di dalam sebuah arena olahraga.

Ada beberapa alasan kenapa di arena olahraga misalnya, tidak dibangun masjid yaitu karena orang jarang sekali mengunjungi masjid di arena olahraga, terlebih lagi saat ada pertandingan.

Di sisi lain, ada 6 klub top di Eropa yang memiliki masjid di area stadion. Meski klub tersebut tidak dihuni oleh pemain yang mayoritas beragama islam, mereka malah membangun masjid di area stadion.

Jika kita bicara tentang klub sepak bola Eropa, tentunya tidak jauh-jauh dari kekayaan klub dan juga kemegahan fasilitasnya. Misalnya saja stadion, biasanya stadion di Eropa memiliki penginapan, perpustakaan hingga museum besar yang luar biasa.

Hal ini karena memang pendanaan atau kucuran dana yang ngalir dari para milyarder sangat banyak jumlahnya. Sehingga bangunan stadion pun sudah menggunakan fasilitas bintang lima.

Dibalik kemegahan itu semua, berikut ini 6 klub top eropa yang memiliki masjid di stadionnya.

Masjid di Kazan Arena Milik Rubin Kazan

masjid megah
goal.com

Rubin Kazan adalah salah satu klub elit dunia yang berasal dari Rusia dan berlokasi di Kazan Arena.

Kazan Arena sendiri baru dibuka pada Juli 2013 lalu. Rencananya stadion ini akan menjadi tuan rumah FIFA Confederations Cup 2017 dan tuan rumah Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang.

Mayoritas penduduk di Kazan adalah muslim, sehinga hal inilah yang menjadi pihak klub memutuskan untuk membangun masjid stadion tersebut. Selain itu, pembangunan masjid di Kazan ini juga merupakan salah satu simbol toleransi.

Bisa dilihat bahwa begitu megahnya stadion beserta fasilitas yang ada di dalamnya, termasuk masjid. Para pengunjung pun mengaku sangat terbantu dalam beribadah, sehingga stadion ini membuat mereka nyaman saat ada pertandingan.

Baca Juga Dong  Kumpulan Kata Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati Kehidupan Sehari-hari

Masjid di Etihad Stadium Milik Manchester City

masjid megah
designbuild-network.com

Klub selanjutnya yang memiliki masjid megah di stadion adalah Manchester City. Etihad Stadium, yang merupakan stadion kebanggan dan juga sebagai kandang dari klub Manchaster City ini memiliki tempat ibadah yang besar untuk umat Islam.

Pembangunan masjid di dalam stadion ini telah dirancang sedemikian rupa agar umat Islam nyaman beribadah.

Bisa jadi bahwa pembangunan masjid yang besar ini adalah atas kedatangan miliarder asal Timur Tengah, yaitu Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan. Syeikh membeli Manchester City dan merombak filosofi bisnis sepakbola dengan mengedepankan unsur religinya.

Tidak hanya itu, Syeikh juga berhasil membawa klub ini menanjak ke penghuni papan atas Liga Primer Inggris. Sehingga pada musim 2011-2012 Machester City berhasil menjadi juara Liga Primer Inggris.

Masjid Allianz Arena Bayern Muenchen

masjid megah
tribunnews.com

Klub Bundesliga, Bayern Muenchen, beberapa waktu lalu melalui laman resminya mengumumkan tentang pembangunan masjid di stadion yaitu Cologne Central Mosque.

Masjid ini dibangun di kawasan Stadion Allianz Arena yang merupakan stadion kebanggan Bayen Muenchen.

Pembangunan masjid di Stadion Allianz Arena ini disebut-sebut merupakan ide dari salah satu pemainnya yaitu Franck Ribery.

Gelandang serang Bayern Muenchen ini mengaku miris ketika melihat para fans muslim kesulitan mencari tempat ibadah untuk melaksanakan shalat.

Sebagian dana pembangunan masjid tersebut bersumber dari kekayaan pribadi Ribery. Menurut sumber yang beredar, 85% dana pembangunan masjid tersebut bersumber dari manajemen. Sementara 15% lainnya merupakan sumbangan pemain dan juga para fans klub yang memeluk agama Islam.

Manajemen Allianz Arena mengungkapkan bahwa pembangunan masjid di komplek stadion ini diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan ibadah bagi suporter yang beragama Islam.

Pada awalnya pembangunan ya dilakukan hanyalah sebuah musholla, namun pada akhirnya justru membangun sebuah masjid megah yang berdiri kokoh di sana.

Masjid ini dibangun dengan arsitektur yang futuristik dan terbilang sangat lengkap karena memiliki ruang meeting, perpustakaan, penginapan, museum mini, dan memiliki lahan parkir yang cukup untuk menampung sekitar 150 mobil.

Baca Juga Dong  Cara Membungkus Kado dengan Berbagai Bahan dan Kreasi Unik

Masjid di St. James Park Milik Newcastle United

masjid megah
indosport.com

Newcastle United merupakan salah satu klub top Eropa yang berasal dari negeri “The Tree Lion”. Klub ini mendirikan sebuah masjid megah tepatnya di stadion St. James Park untuk memudahkan para penonton atau pemain yang beragama Islam dalam melakukan ibadah.

Meskipun di depan nama stadion tertulis “St.” yang mana hal ini identik dengan pendeta, namun pada kenyataannya manajemen stadion mengerti bahwa agama memiliki pengaruh terhadap mentalitas pemain bola saat di lapangan.

Pembangunan masjid megah ini pun dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah pemain yang beragama Islam di dalam klub tersebut seperti Papiss Cisse, Hatem Ben Arfa, Mapou Yanga Mbiwa, Moussa Sissoko, dan Demba Ba.

Sebagai salah satu bentuk pemberian motivasi kepada para pemain yang beragama Islam tersebut maka dibangunlah tempat ibadah berupa masjid.

Masjid di Ewood Park Milik Blackburn Rovers

masjid megah
talksport.com

Ewood Park merupakan markas kebanggaan untuk klub Blackburn Rovers, dan merupakan salah satu stadion yang memiliki masjid megah di Inggris.

Namun tidak hanya masjid saja, Ewood Park juga memiliki bangunan gereja untuk memfasilitasi para suporter dan juga pemain yang memiliki latar belakang agama yang beragam.

Masjid megah di Ewood Park ini dibangun berdampingan dengan tempat ibadah lainnya. Hal yang unik adalah masjid tersebut sengaja dibangun di tempat yang strategis dan jauh dari kebisingan suara para supporter saat mendukung timnya.

Masjid ini didirikan sejak 2008 dan setiap tahunnya ada pengembangan kualitas dari masjid yang satu ini dengan harapan bahwa para pengunjung bisa melakukan ibadah dengan nyaman dan terhindar dari kebisingan para suporter lain yang sedang mendukung timnya bermain.

Masjid di Macron Stadium Milik Bolton Wanderers

masjid megah
bwfc.co.uk

Bolton Wanderers merupakan salah satu klub Eropa yang berasal dari Inggris. Nama klub ini mungkin jarang sekali terdengar oleh kita, namun jangan salah, klub ini merupakan pelopor pertama yang membangun masjid megah di lingkungan stadion  Eropa.

Macron Stadium yang merupakan markas kebanggan klub Bolton Wanderers ini sudah ada sejak tahun 1997, namun baru terdapat sebuah masjid megah sejak tahun 2006.

Baca Juga Dong  Hewan Pengerat | Fakta Menarik Tentang Hewan Pengerat, Wajib Baca!

Hingga saat ini, area masjid dan tempat ibadah di sana masih terjaga dan terawat dengan baik. Hal ini menjadi simbol bahwa mereka menghargai toleransi antar umat beragama.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.